Home » Strategi Bisnis » Kunci Sukses Bisnis Kosmetik, Kamu Harus Tahu!

Kunci Sukses Bisnis Kosmetik, Kamu Harus Tahu!

Berbicara tentang kecantikan, maka bisa dikatakan bahwa bisnis kosmetik adalah salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat hingga sekarang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, pertumbuhan industri kosmetik mencapai 5,59% dan terus bertumbuh setiap tahunnya. Bisnis kosmetik memiliki peluang kesuksesan yang sangat besar. Namun, sebuah kesuksesan tentu membutuhkan strategi yang matang. Ingin tahu lebih lanjut tentang kunci sukses bisnis kosmetik? Simak ulasan berikut ini!

Kunci Sukses Bisnis Kosmetik

Persaingan antar bisnis kosmetik pasti akan selalu ada. Namun, selalu ada cara agar bisnis kosmetik milikmu tidak tenggelam dan dilupakan. Berikut adalah tips sukses dalam bisnis kosmetik yang perlu kamu ketahui.

1. Menentukan Brand Image

Kunci pertama untuk membuat bisnis kosmetik menjadi sukses dengan menentukan image yang kamu inginkan lekatkan pada brand. Kamu bisa coba untuk memikirkan kesan seperti apa yang kamu harapkan ada di benak konsumen ketika mendengar nama brand.

Ketika kamu sudah memiliki nama, kamu bisa mulai untuk membangun image tersebut dengan maksimal. Umumnya, konsumen jauh lebih tertarik pada brand yang peduli dengan isu-isu tertentu.

Contohnya isu lingkungan. Kamu bisa coba membangun image sebagai brand yang ramah lingkungan. Caranya dengan menerapkan produk yang zero waste. Contoh lainnya adalah brand image yang halal, jadi produk kamu akan sangat cocok untuk wanita muslim. 

Lalu, contoh isu lain yang juga bisa menjadi brand image adalah pemberdayaan perempuan. Beberapa brand seperti The body Shop, Bobbi Brown, dan L’Oréal sudah menerapkannya dan kamu bisa mencontohnya. 

2. Mengikuti Tren dan Kebutuhan 

Bisnis yang tidak mengikuti tren akan sangat sulit untuk berkembang. Dengan mengikuti tren, kamu bisa memahami apa keinginan dan kebutuhan konsumen. 

Kamu bisa melakukan analisa pada produk-produk kompetitor. Tujuannya agar kamu bisa selangkah lebih maju dari mereka. Melalui analisa tersebut, kamu bisa mencoba untuk mengembangkan ide mengenai produk seperti apa yang cocok dan sesuai untuk konsumen yang menjadi target pasar.

Cara lain yang efektif agar kamu bisa memahami kebutuhan konsumen adalah dengan melakukan survei. Misalnya, kamu ingin meluncurkan sebuah produk foundation. Kamu bisa membuat survei mengenai foundation seperti apa yang dicari konsumen dan foundation seperti apa yang belum mereka temukan dari brand lainnya.

3. Mudahkan Pengalaman Belanja

Salah satu cara untuk menyenangkan konsumen adalah dengan memberikan kemudahan saat mereka melakukan pembelian. Kamu bisa memanfaatkan teknologi yang sekarang sudah canggih, apalagi jika target pasar kamu adalah generasi milenial atau generasi z. 

Kamu bisa menggunakan berbagai marketplace digital yang mudah sekali untuk diakses, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi. Menggunakan marketplace juga akan memudahkan konsumen untuk bisa menemukan brand atau produk yang kamu jual.

Jika kamu ingin melayani pembelian melalui website bisnis, jangan lupa untuk memberikan pilihan pembayaran digital yang beragam. Semakin mudah dan baik pengalaman belanja yang konsumen rasakan, maka semakin besar peluang mereka untuk menjadi konsumen yang loyal.

4. Tunjukan Bahan-bahan Utama Produk

Sekarang mencari informasi dapat dilakukan dengan sangat mudah. Karena itu, konsumen juga semakin cerdas dan tanggap ketika mencari sebuah produk.

Berdasarkan The Hut Group (THG), pencarian tentang bahan-bahan produk kecantikan meningkat hingga lebih dari 229% setiap tahun. Data tersebut menunjukkan konsumen memiliki prioritas baru ketika mencari sebuah produk.

Konsumen cenderung memahami tentang pentingnya pengetahuan tentang bahan-bahan kosmetik yang aman untuk kulit mereka. Karena itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan prioritas konsumen tersebut dengan memperlihatkan bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk yang kamu jual.

Pastikan bahwa produk memiliki kandungan bahan yang aman dan sudah mendapatkan izin BPOM. Transparansi seperti ini akan memuaskan konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand.

5. Berikan Solusi

Ketika membeli sebuah produk, konsumen pasti memiliki masalah dan membutuhkan solusi untuk menyelesaikannya. Karena itu, kamu harus bisa menjawab pertanyaan seperti: Solusi apa yang bisa kamu berikan untuk konsumen? Apakah kehadiran produk dapat menyelesaikan masalah?

Sebuah brand harus mampu menawarkan solusi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen. Karena itu, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan riset terlebih dahulu sebelum mengembangkan sebuah produk. Kamu bisa melakukan riset mengenai masalah apa yang paling banyak dirasakan oleh konsumen. 

Misalnya, seorang konsumen memiliki masalah kulit yang berjerawat. Kamu harus bisa mengembangkan sebuah produk yang mampu mengatasi masalah kulit berjerawat tersebut. Pastikan bahwa produk yang kamu jual memiliki kualitas yang dapat memuaskan konsumen. 

Sudah Tahu Apa saja Kunci Sukses Bisnis Kosmetik?

Itulah kunci sukses dalam bisnis kosmetik yang bisa kamu terapkan di bisnis milikmu sendiri. Membangun sebuah bisnis kosmetik bukan perkara yang mudah, apalagi dengan banyaknya kompetitor di luar sana. Karena itu, strategi yang matang akan sangat membantu kamu untuk bisa meraih sukses. 

Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu kamu untuk dapat memajukan bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​