Home » Strategi Bisnis » Memulai Bisnis Kosmetik, Apa Perlengkapannya dan Berapa Harganya?

Memulai Bisnis Kosmetik, Apa Perlengkapannya dan Berapa Harganya?

Dunia kecantikan selalu memiliki daya tarik tersendiri, dan memiliki potensi yang besar untuk menjadi sebuah peluang bisnis.

Kenapa? Karena semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya rutinitas merawat diri dan menjaga penampilan.

Langkah awal yang dapat kamu lakukan ketika berencana untuk menjalani bisnis kosmetik adalah memulainya dengan menjual produk-produk dari brand lokal maupun internasional, yang sudah populer dan dikenal luas oleh masyarakat. Atau mungkin kamu lebih suka untuk menjalankan bisnis dengan brand sendiri?

Intinya adalah jangan terlalu takut dan ragu untuk memulai.

Yok kita cari tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan saat memulai bisnis kosmetik, baik secara offline dan online, pada ulasan di bawah ini.

 

Bisnis Kosmetik Secara Offline

Jika ingin menjalankan bisnismu secara offline dalam bentuk toko atau booth, maka beberapa hal ini perlu kamu persiapkan:

Lokasi usaha

Pertama, yaitu menentukan lokasi toko atau booth di tempat yang strategis. Jika kamu punya ruang atau area kosong di rumah yang bisa dimanfaatkan, ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuat toko fisik.

Plang/Papan nama toko

Kedua, menyiapkan plang usaha brand kosmetikmu agar mudah dikenali oleh calon konsumen. Kisaran biayanya dimulai dari Rp400.000,00, tergantung dimensi plang yang dibutuhkan.

Surat izin

Ketiga, supaya bisnis kamu berjalan lancar, kamu harus memiliki surat izin usaha (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Akta Pendirian, Izin Tempat Usaha, dan Izin Gangguan, yang kurang lebih membutuhkan biaya sekitar Rp6.000.000,00 – 8.000.000,00.

Hal ini penting dilakukan agar status usaha bisnis kamu sah secara hukum.

Perlengkapan toko

Selain lokasi usaha, masih ada perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan. Contohnya sebagai berikut:

  • Etalase kaca untuk memajang produk kecantikan. Harganya sekitar  Rp400.000,00/2 meter (ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan).
  • Rak dinding atau lemari, dengan harga minimal Rp200.000,00.
  • Perlengkapan kursi dan meja, Rp500.000,00.
  • Cermin, harga dimulai dari Rp100.000,00.
  • Pendingin ruangan (AC), Rp1.500.000.00 (sesuai dengan brand yang dipilih).
  • Mesin kasir atau laptop, untuk pencatatan proses transaksi dengan pembeli.

Produk kosmetik

Kamu bisa menjalin kerjasama dengan pemasok brand kosmetik yang sudah punya nama, dengan menjual produk-produk yang sedang diminati dan dicari banyak orang. Metode ini sangat menguntungkan, karena jika membeli produk kosmetik secara grosir harganya jauh lebih murah dibandingkan membeli secara eceran.

Alokasikan dana untuk membeli produk tersebut mulai dari Rp5.000.000,00 –agar variasi, jumlah produk, dan jenis brand yang tersedia, bisa memberikan pilihan yang cukup banyak untuk calon konsumen.

Bagi kamu yang ingin menjual produk kosmetik dengan brand sendiri, kamu bisa mencoba bekerja sama dengan perusahaan kosmetik yang menawarkan jasa produksi barangdalam jumlah besar. Kamu mungkin perlu menyiapkan dana minimal Rp30.000.000,00, tergantung jumlah dan varian barang kosmetik yang diproduksi.

Biaya operasional

Biaya operasional yang perlu dipersiapkan disini mencakup biaya air & listrik, gaji karyawan, seragam operasional, dan biaya sewa tempat. Hal ini menyesuaikan dengan lokasi tempat usaha dan jumlah karyawan yang direkrut.

 

Bisnis Kosmetik Secara Online

Memilih jalan bisnis secara online meskipun tanpa toko fisik tetap membutuhkan persiapan agar usahamu dapat berjalan dengan lancar.

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan:

Logo brand yang unik dan menarik

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Canva, yang dapat membantu kamu merancang desain logo sendiri. Cara lainnya adalah kamu juga bisa meminta bantuan jasa desainer grafis profesional untuk merancang logo. Biasanya, harga jasa ini mulai dari Rp500.000,00, tergantung tingkat kesulitan desain dan pengalaman si graphic designer.

Produk kosmetik

Hal penting lainnya yaitu menyiapkan produk. Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Bekerja sama dengan pemasok kosmetik dari brand ternama, atau
  • Memasok brand kosmetikmu sendiri.

Merekrut tim/pegawai

Meskipun bisnis dijalankan secara online, namun dalam menjalankan kegiatan operasionalnya tetap membutuhkan sebuah tim. Tujuannya adalah agar bisnis bisa berjalan dengan lancar setiap hari. Misalnya, merekrut pegawai sebagai admin, untuk mengatur alur pengadaan barang, hingga distribusi pengiriman barang ke konsumen.

Maksimalkan pengunaan media sosial

Ada beragam platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan, salah satunya adalah Instagram/Facebook Ads.

Kamu perlu merogoh kocek yang dalam, biaya iklan online ini tergantung dari model iklan yang dipilih; bisa dalam format pay per clik (sekitar Rp10.000,00-30.000,00), atau pay per impression (sekitar Rp100.000,00).

Promosi produk dengan influencers

Agar produkmu semakin dikenal oleh calon konsumen, kamu juga dapat menggunakan bantuan para influencers yang berkaitan dengan produk-produk kosmetik kamu, seperti beauty bloggers atau beauty enthusiasts untuk mempromosikan produkmu.

Satu hal yang perlu diperhatikan, semakin besar audience dari influencer tersebut, biasanya akan semakin besar juga biayanya. Namun, ini akan tertutupi dengan jumlah followers, subscribers, atau engagement yang kamu dapatkan dari promosi tersebut. Jika audience tersebut merasa cocok dengan promosi yang dilakukan, tidak tertutup kemungkinan mereka yang tadinya tidak tertarik dengan produkmu, malah menjadi konsumen yang loyal.

. . .

Pada dasarnya, berbisnis kosmetik secara offline atau online masing-masing memiliki tantangannya tersendiri. Namun, jika dijalani dengan tekun, maka akan sama-sama menghasilkan.

Sudah menentukan mana metode yang paling sesuai untuk menjalani bisnis kosmetikmu? Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​