Home » Strategi-bisnis » Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Kosmetik

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Kosmetik

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Kosmetik

Dalam pengelolaan bisnis kosmetik pasti pernah mengalami kerugian akibat tidak lakunya produk yang dijual. Tentunya kamu harus bisa mengatasi hal tersebut terlebih lagi produk kosmetik memiliki masa kadaluarsa dan izin edar. Lantas, bagaimana strategi mengatasi penurunan penjualan produk kosmetik? Mari ikuti aritkel ini ya!

Penyebab Produk Kosmetik Kurang Diminati

Biasanya ada alasan tertentu mengapa suatu produk kosmetik tidak laku. Beberapa faktor di bawah ini dapat memberikan kamu gambaran.

Menjual Produk dengan Harga Mahal

Disinilah salah satu tantangan bagi pebisnis. Biasanya konsumen lebih tertarik dengan kosmetik yang dibandrol dengan harga murah namun berkualitas oke.

Sebelum menjualkan produk kosmetik, kamu harus melakukan riset harga pasar terlebih dahulu. Ini dikarenakan jika produk kamu dinilai terlalu menguras kantong, siap-siap konsumen kamu akan oleng ke produk lain.

Salah Dalam Melakukan Positioning

Positioning harus kamu rencanakan semaksimal mungkin agar konsumen melirik produk kosmetik kamu. Kamu harus mempromosikan produk kosmetik kamu dengan mengedepankan kelebihan dari produk yang akan kamu jual. 

Lantas, apa yang akan terjadi jika melakukannya dengan tidak tepat? Tentu konsumen tidak akan menaruh minat pada produk kamu.

Tidak Teraturnya Konsep dan Strategi Bisnis yang Dijalankan

Konsep dan strategi yang tidak terkendali dalam bisnis kosmetik dapat membuat produk kamu kurang laku. Itu sebabnya kamu harus merencanakannya dengan matang. Sebagai permulaan, kamu bisa mengusung bisnis model canvas.

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Kosmetik

Tentunya semua pebisnis di bidang kosmetik ingin produknya laku keras di pasaran. Untuk itu harus ada jalan ketika bisnis kamu mengalami kemerosotan dalam penjualan. Karenanya, kamu harus mencoba strategi menangani penjualan yang menurun untuk bisnis kosmetik di bawah ini.

Tingkatkan Kualitas Produk Kosmetik Kamu

Kamu harus cepat tanggap dalam menangani keluhan yang diberikan konsumen saat melakukan review produk kosmetik. Perhatikan dengan cermat apa kiranya kekurangan produk kamu. Kekurangan bisa dari tekstur, aroma, bahan atau efek yang diberikan. Lakukan perbaikan setelah mengetahui kekeurangan produk kamu. 

Selain itu, kamu bisa melirik-lirik kompetitor. Cari tahu sebab produk mereka laku keras sehingga kamu lebih terbantu dalam meningkatkan kualitas produk karena tahu letak kekurangan produk kosmetik kamu.

Cobalah untuk Melakukan Renovasi Toko

Untuk menarik minat kembali konsumen dapat kamu lakukan renovasi toko, baik secara offline atau online

Perbaikan toko yang kamu kelola secara online, bisa menggunakan marketplace, website atau media sosial, cara mengubah toko dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas foto dan iklan produk. Hasil yang ditampilkan harus membuat calon konsumen terkesan.

Buatlah Produk Kosmetik dengan Kemasan yang Baru

Kemasan adalah hal yang pertama kali ditangkap oleh mata konsumen sehingga bisa dikatakan sebagai penarik minat konsumen juga. Untuk membuat produk kosmetik kamu laris, kamu bisa mencoba kemasan dengan penggambaran yang sesuai atau mengikuti tren terbaru.

Strategi Bundling Produk Bisa Dilakukan

Coba lakukan strategi mengatasi penurunan penjualan ini dengan memadukan produk kosmetik terlaris dan yang kurang diminati dari bisnis kosmetik kamu. Strategi bundling product akan membantu produk kamu yang kurang laku bisa terjual dan konsumen akan merasa untung karena belanja hemat.

Buat Harga yang Kompetitif

Kamu harus melakukan riset pasar mengenai harga kosmetik yang kamu dan kompetitor jual mulai dari harga terkecil sampai harga terbesar. Dari data tersebut, kamu harus membuat produk kamu memiliki harga yang kompetitif tapi tetap mengutamakan kualitas.

Berikan Harga Khusus

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon? Potongan harga paling tidak dapat menarik perhatian konsumen. Coba untuk memberikan harga khusus kepada konsumen kamu.

Kamu bisa mulai dengan memberi diskon kepada konsumen yang baru pertama kali membeli produk kosmetik, pengikut baru di akun marketplace, atau konsumen yang cukup sering membeli produk kamu.

Optimalkan Strategi Marketing dengan Memanfaatkan Media Sosial

Sekarang ini rasanya bisnis tanpa mengadakan promosi lewat media sosial akan sulit berkembang. Kamu juga jangan mau kalah! Produk kosmetik kamu harus dipromosikan dI media sosial. Melalui perantara ini kamu bisa meraih target pasar yang lebih lebar.

Cobalah untuk menarik perhatian konsumen dengan mengadakan promo menarik yang disebar dengan menggunakan media sosial. Jangan lupa juga untuk mengisi media sosial kamu dengan konten yang satu arah dengan bisnis kosmetik. Kamu bisa mencoba untuk membuat konten tentang bahan-bahan kosmetik atau tips-tips kecantikan.

Menjual Kosmetik Secara Online

Zaman pandemi semua kegiatan berangsur-angsur dapat dilakukan secara online begitupun dengan transaksi jual beli. Karenanya, kamu tidak boleh ketinggalan untuk melakukan hal yang sama. Bisnis kosmetik kamu harus dijajakan dengan memanfaatkan website atau marketplace.

Jika kamu sudah berkomitmen untuk menjual barang secara online, kamu harus menyiapkan secara maksimal packaging untuk membungkus kosmetik. Jangan sampai konsumen tidak melakukan transaksi lagi karena produk yang dibelinya sudah tidak higenis atau rusak saat diterima.

Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Kenyamanan konsumen dalam membeli kosmetik dapat ditingkatkan dengan melayani mereka dengan ramah dan responsif. Apalagi yang kamu jual ini adalah produk kosmetik dimana para konsumen bisa saja selalu meminta saran mengenai produk apa yang cocok.

Kamu harus segera melakukan strategi mengatasi penurunan penjualan, agar bisnis kosmetik kamu bisa segera meraup keuntungan kembali. Pastikan kamu melakukan layanan konsumen secara dan pemasaran secara optimal ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​