Home » Strategi Bisnis » Cara Mudah Menentukan Jam Operasional Bisnis Laundry

Cara Mudah Menentukan Jam Operasional Bisnis Laundry

Kehidupan masyarakat yang semakin sibuk telah membuka berbagai peluang bisnis baru. Salah satunya adalah bisnis laundry. Jika kamu ingin terjun ke dalam bisnis laundry, penting untuk memahami bagaimana cara menentukan jam operasional yang tepat. Agar mendapatkan keuntungan yang optimal.

4 Tahapan Menentukan Jam Operasional Bisnis Laundry

Salah satu cara mengoptimalkan keuntungan bisnis laundry adalah menetapkan waktu operasional yang tepat. Berikut ini tahapan yang perlu kamu lakukan:

Mempertimbangkan Target Pasar

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan menentukan waktu operasional bisnis laundry adalah target pasar. Karena, rutinitas waktu target pasar dalam beraktivitas akan berpengaruh besar terhadap waktu operasional bisnis laundry kamu.

Misalnya, jika lokasi laundry berada di dekat kampus atau perkantoran, dimana banyak rumah kos. Target pasar kamu pastinya adalah mahasiswa atau pekerja yang tinggal di rumah kos. Maka, sebaiknya waktu operasional dimulai sebelum mereka beraktivitas.

Contohnya, para pekerja kantoran rata-rata berangkat bekerja pukul 08.00. Maka, sebaiknya bisnis laundry kamu dibuka pukul 07.00 atau 07.30. Pertimbangannya adalah kemungkinan besar, target pasar akan mampir ke laundry sebelum berangkat kerja.

Cek Waktu Operasional Kompetitor

Hal kedua adalah mengecek waktu operasional kompetitor bisnis laundry. Ini penting untuk membantumu membuat pertimbangan.

Misalnya, jika kompetitor buka hingga pukul 22.00, sedangkan bisnis laundry mu berencana buka hingga pukul 20.00. Kamu perlu mencari tahu, apakah memang lebih optimal jika jam operasional hingga pukul 22.00.

Kamu dapat melakukan pengamatan aktivitas warga di sekitar lokasi bisnis. Apabila masih banyak warga yang beraktivitas bahkan baru pulang kerja pada pukul 22.00, maka kamu perlu pertimbangkan untuk beroperasi hingga jam tersebut.

Karena bisnis laundry makin kompetitif belakangan ini. Oleh sebab itu, bisnismu harus bersaing sebaik mungkin.

Jenis Layanan yang Disediakan

Bisnis laundry umumnya membuka beberapa jenis layanan, seperti:

  • Regular: Cuci setrika 2 – 3 hari
  • Kilat: Cuci setrika 6 jam – 24 jam 
  • Cuci kering 
  • Setrika

Layanan yang kamu sediakan, pastinya akan berpengaruh pada waktu operasional. Misalnya, untuk layanan kilat hanya diterima hingga pukul 15.00 untuk diambil pada hari yang sama. Sedangkan layanan lainnya diterima hingga tutup waktu operasional.

Ketentuan semacam ini, tentunya berkaitan dengan waktu layanan dan operasional laundry. Sehingga, harus jelas di awal, agar bisnismu tidak menerima komplain pelanggan di kemudian hari.

Menentukan Jadwal Waktu Operasional

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, kamu dapat menentukan waktu operasional yang paling sesuai. Jika kamu memiliki bisnis laundry di beberapa tempat, setiap lokasi mungkin memiliki waktu operasional yang berbeda.

Kemudian, sebagai pemilik bisnis laundry, kamu juga perlu menjaga komitmen waktu operasional ini. Jangan sampai, konsumenmu sudah sampai di depan toko dengan barang bawaan berat, tetapi justru bisnis laundry kamu belum buka. Padahal sudah memasuki waktu operasional.

Tips Mengoptimalkan Keuntungan dengan Jam Operasional

Masih berkaitan dengan waktu operasional, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis laundry, yaitu:

Buka di Hari Libur

Orang-orang yang menjadi target pasarmu mungkin sangat sibuk di hari kerja. Mereka mungkin saja baru punya waktu untuk mengemas pakaian kotor di hari libur. Mengingat juga, hari libur biasanya digunakan sebagai hari bersih-bersih.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk tetap buka pada hari libur. Baik itu akhir pekan maupun hari besar nasional. Ini akan menjadi kelebihan bisnis laundry kamu, apalagi jika kompetitor di sekitar tidak beroperasi pada hari libur.

Meski demikian, ada konsekuensi apabila kamu memutuskan beroperasi pada hari libur. Pertama, kamu perlu membuat shift karyawan, karena tidak mungkin karyawan tidak pernah libur. Kedua, kamu harus membayar upah lembur.

Informasikan Jadwal ke Pelanggan

Kamu perlu menginformasikan jadwal operasional ke pelanggan. Cara pertama adalah menuliskannya di depan toko, misalnya dengan spanduk. Kedua, melalui foto profil dan update status WhatsApp.

Informasi yang jelas ini akan membuat konsumen tertarik jika waktu operasional sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, konsumen yakin laundry masih buka ketika ia akan terlambat pulang kantor, tetapi perlu mengambil barang di laundry.

Pada informasi ini kamu perlu menekankan tentang kelebihan bisnis laundrymu. Misalnya, menggunakan font yang lebih besar untuk tulisan “Buka di Hari Libur”, “Kilat 6 Jam Jadi”, atau “Terima Antar-Jemput”.

Analisa Kelebihan Kelemahan  

Sebagai pemilik bisnis laundry, kamu harus terus melakukan evaluasi dan perbaikan, jika ingin bisnismu terus berkelanjutan. Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah dengan analisa kelebihan dan kelemahan, baik bisnismu sendiri maupun kompetitor.

Misalnya, kamu menyadari bahwa waktu operasional adalah kelebihanmu. Sedangkan kelemahanmu adalah tempat parkir yang sempit serta dekorasi toko yang kurang menarik dibanding kompetitor.

Hasil analisa berkala ini dapat kamu jadikan acuan untuk terus melakukan perbaikan, sehingga keuntungan bisnis laundry kamu dapat semakin optimal.

Yuk, Bijak Menentukan Jam Operasional Bisnis!

Menentukan waktu operasional yang tepat adalah persoalan penting bagi bisnis laundry. Karena, waktu operasional adalah semacam jaring untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk membuat keputusan dengan bijak.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​