Home » Strategi-bisnis » Cara Jitu Mendapatkan Bahan Baku Produk Madu Berkualitas

Cara Jitu Mendapatkan Bahan Baku Produk Madu Berkualitas

bahan baku madu berkualitas

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk makanan, madu juga merupakan bahan yang baik untuk kesehatan.

Semakin baik kualitas madunya maka semakin baik manfaatnya. Lalu bagaimana strategi mendapatkan bahan baku madu berkualitas?

Mulai dari menangkal radikal bebas sampai menjaga imunitas dan berbagai macam manfaat madu lainnya.

Tidak heran jika madu juga merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, olahan madu juga banyak memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya.

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Madu Berkualitas

Jika dilihat dari segi bisnis, kebutuhan madu di Indonesia adalah sekitar 15 ribu sampai 150  ribu per tahun.

Dari angka ini, baru 50 persen yang terpenuhi oleh madu lokal. Artinya, kamu punya peluang cukup lebar untuk berbisnis madu.

Berikut adalah strategi mendapatkan bahan baku madu berkualitas yang perlu kamu perhatikan.

1. Tidak Lengket

Meskipun manis, tapi madu asli tidak akan lengket. Karena rasa manisnya alami. Jika madu yang kamu gunakan lengket, maka besar kemungkinan madu tersebut sudah dicampur dengan banyak bahan pemanis.

Salah satu cara untuk membuktikan hal ini adalah dengan mengoleskannya atau menggosokannya langsung ke kulit. Madu asli akan langsung menyerap ke dalam kulit. Sementara madu dengan kualitas kurang baik, akan meninggalkan butiran kasar di atas kulit.

2. Perhatikan Kekentalannya

Strategi mendapatkan madu berkualitas ini biasanya dilakukan untuk melihat apakah madu tersebut masih murni atau sudah bercampur dengan air. Cara paling mudah adalah dengan melihat seberapa kental madu tersebut.

Caranya, masukan madu tersebut ke dalam botol, lalu gerakan. Jika gerakan madu sangat lambat, maka madu tersebut masih murni. Sementara jika gerakannya sangat cepat dan ringan, maka madu tersebut sudah tercampur dengan air yang cukup banyak.

3. Aliran Madu

Masih berkaitan dengan kandungan madu dan air. Dalam hal ini madu dengan kualitas baik memiliki tingkat kandungan air di bawah 18 persen. Sementara madu dengan kualitas buruk biasanya tingkat kandungan airnya di atas 20 persen.

Cara untuk melihat hal ini bisa kamu lakukan dengan menuangkan madu tersebut ke permukaan wadah yang datar. Jika madu tersebut mengalir tanpa putus dan menggumpal, maka madu tersebut memiliki kualitas yang baik.

Madu dengan kualitas kurang baik akan mengalir dengan putus-putus. Selain itu, madu dengan kualitas kurang baik juga biasanya memiliki cukup banyak gelembung udara ketika dituangkan.

4. Tidak Mudah Larut

Sebenarnya, ini merupakan cara paling mudah untuk melihat madu asli atau campuran. Ingat, jika madu dan air adalah dua zat yang berbeda. Maka, cara paling mudah untuk melihat kualitas madu tersebut adalah dengan larutkan saja dalam air.

Jika madu tersebut asli dan berkualitas baik, maka tidak akan mudah larut dalam air, bahkan cenderung mengendap di bawah permukaan. Hal ini jelas akan berbeda dengan madu yang sudah dicampur, madu ini biasanya akan dengan mudah larut.

5. Tidak Berbuih

Strategi lainnya untuk mendapatkan bahan madu berkualitas, yakni dengan memanaskan madu tersebut. Selain melihat kualitas, hal ini juga bisa kamu lakukan untuk melihat kadar air dalam madu.

Madu dengan kualitas baik, biasanya akan langsung terkaramelisasi dengan cepat dan tentunya tidak akan menimbulkan buih. Hal ini jelas berbeda dengan madu dengan kualitas kurang baik yang akan menimbulkan buih.

Buih itu sendiri biasanya muncul karena madu sudah dicampur dengan air atau diberi gula tambahan. Proses karamelisasi pada madu seperti ini juga biasanya berlangsung sangat lama.

6. Tes Roti

Strategi lainnya yang bisa membuktikan produk madu tersebut asli atau tidak adalah dengan menggunakan roti. Caranya? Tentu saja sangat mudah. Kamu hanya tinggal mengoleskan madu tersebut ke sepotong roti.

Jika madu tersebut mengeras dalam beberapa menit, maka madu tersebut asli dan berkualitas baik. Jika roti tersebut menjadi basah, maka madu tersebut sudah tercampur dengan banyaknya air.

7. Daya Serap

Cara lain yang juga bisa kamu gunakan untuk melihat apakah madu tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan melihat kemampuan daya serapnya. Sebetulnya, hal ini akan berkaitan dengan kekentalan dari madu tersebut.

Madu asli dengan kualitas yang baik bisa dibuktikan dengan memiliki tingkat kekentalan yang sangat tinggi. Hal itu membuat madu dengan kualitas yang baik tidak akan mudah menyerap. Bahkan, jika dituangkan ke kain putih, maka madu juga biasanya tidak akan meninggalkan jejak noda.

Hal ini tentu akan berbeda dengan madu yang sudah dicampur atau yang memiliki kualitas buruk. Madu dengan kandungan air cukup tinggi akan sangat mudah terserap ke dalam kain. Selain itu, biasanya madu yang sudah memiliki banyak campuran juga biasanya akan meninggalkan bekas noda di kain.

8. Kejernihan

Sebenarnya, ini juga merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat kualitas madu. Dalam hal ini, madu dengan kualitas baik biasanya akan terlihat keruh. Karena madu tersebut mengandung pollen atau serbuk sari.

Masalahnya, tidak semua madu jernih merupakan madu dengan kualitas buruk. Dalam banyak kasus, madu asli yang dipanaskan berkali-kali pun akan menghasilkan warna yang jernih.

Hal Ini biasanya dilakukan untuk membuat madu menjadi lebih awet. Jadi, cara melihat kualitas madu dengan mengecek kejernihannya menjadi agak sulit untuk dibedakan.

Yuk, Temukan Bahan Baku Madu yang Berkualitas!

Dalam banyak kasus, madu dengan campuran, biasanya bisa menimbulkan masalah lain.

Contohnya adalah madu dengan campuran gula yang terlalu tinggi, biasanya akan bermasalah bagi orang yang mengidap diabetes.

Jadi, ketika memilih bahan baku madu yang berkualitas memang cukup penting.

Hal ini juga untuk memastikan jika madu yang kamu ambil akan memiliki banyak manfaat.

Sama halnya dengan bisnismu, jika ingin memastikan terus berkembang dengan kualitas yang baik, KoinWorks siap mendukung segala kebutuhan finansial bisnismu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman.

Semua dapat kamu temukan dalam satu genggaman melalui KoinWorks NEO.

Selamat mencoba!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Jitu Mendapatkan Bahan Baku Produk Madu Berkualitas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​