Home » Strategi Bisnis » 5 Strategi Mendapatkan Bahan Berkualitas untuk Bisnis Boba

5 Strategi Mendapatkan Bahan Berkualitas untuk Bisnis Boba

Bisnis boba merupakan bisnis minuman yang kini sedang populer.

Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis boba adalah pemilihan bahan baku yang berkualitas. Bahan baku yang berkualitas akan menentukan rasa dan kualitas dari minuman boba itu sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan bahan baku untuk bisnis boba yang berkualitas?

Bahan Baku dalam Bisnis Minuman Boba

Sebelum mengetahui bagaimana cara mendapatkan bahan baku minuman boba yang berkualitas, ada baiknya kamu mengerti apa saja bahan untuk membuat minuman hits yang satu ini.

Bahan baku utama dari minuman boba terbagi menjadi dua macam; yaitu bahan untuk membuat boba, dan bahan untuk membuat cairan bobanya. Ketika membuat bagian boba-nya, kamu membutuhkan bahan baku utama tepung tapioka dan gula aren.

Sedangkan untuk membuat cairannya, kamu membutuhkan susu & teh sebagai bahan baku utamanya.

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Bisnis Boba yang Berkualitas

Jika kamu memiliki bisnis minuman boba, kamu bisa mendapatkan bahan baku untuk bisnis boba kamu dari berbagai supplier.

Namun, jika bisnismu masih berskala kecil, kamu bisa mendapatkan bahan baku untuk bisnis boba kamu dari toko bahan kue, atau makanan.

Berikut adalah strategi untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas untuk bisnis boba:

1. Pilih supplier yang terpercaya

Salah satu kunci kelancaran pasokan bahan baku dalam bisnis minuman boba adalah supplier, atau pemasok, yang terpercaya.

Jika bisnis boba kamu memiliki skala yang besar dengan outlet yang tersebar di berbagai daerah, ada baiknya kamu memiliki supplier bahan baku lebih dari satu.

Kamu bisa memiliki beberapa supplier, seperti supplier khusus tepung tapioka, supplier khusus gula aren, supplier khusus susu, dan supplier khusus teh. Memiliki beberapa supplier juga akan menjamin ketersediaan bahan baku untuk mendukung kelancaran bisnis boba kamu.

Demi memilih supplier yang terpercaya, kamu bisa mencari terlebih dahulu tentang track record dari supplier tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut berbagai forum komunitas, jual beli, maupun marketplace seperti Kaskus, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

2. Minta sampel bahan baku

Cara untuk mendapatkan bahan baku boba yang berkualitas selanjutnya, yaitu minta sampel bahan baku.

Meminta sampel bahan baku sangat penting untuk menilai kualitas bahan baku yang akan kamu gunakan dalam bisnis boba kamu.

Sebagai contoh, kamu bisa meminta 100 gr tepung tapioka dan tepung tapioka dan 50 gr gula aren dari para supplier. Setelah itu, kamu bisa mencoba menggunakan sampel tersebut untuk membuat boba dan menilai hasilnya.

Jika hasil boba tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, maka kamu bisa menggunakan supplier tersebut untuk memasok kebutuhan bahan baku bisnis boba kamu.

3. Jangan tergiur dengan harga yang murah

Banyak supplier yang menawarkan bahan baku dengan berbagai tingkat kualitas serta aneka varian harga.

Jika kamu menemui supplier yang seperti itu, jangan tergiur dengan harga yang murah.

Sebagai contoh, harga kisaran tepung tapioka 500 gr di Tokopedia adalah Rp 6.000. Jika kamu menemui supplier yang menawarkan harga tepung tapioka jauh di bawah harga tersebut, maka kamu sebaiknya berhati-hati sebelum membelinya.

Pastikan tepung tapioka tersebut memiliki masa expired yang masih lama. Selain itu, pastikan juga kualitas dan keasliannya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Meskipun supplier biasanya akan memberikan harga yang lebih murah, namun kualitas bahan baku harus tetap diutamakan.

4. Perhatikan konsistensi pengiriman dari supplier

Konsistensi pengiriman bahan baku oleh supplier juga merupakan poin penting dari bahan baku yang berkualitas.

Jangan pilih supplier yang tidak konsisten, dan sering terlambat untuk mengirimkan pasokan bahan baku untuk bisnis boba kamu.

Sebagai contoh, jika pada awal perjanjian supplier harus mengirimkan bahan baku 2 kali dalam sebulan, maka kamu harus menandai jadwal pengiriman yang dilakukan oleh supplier. Jika supplier sering terlambat 1 minggu untuk mengirimkan pasokan, maka kamu sebaiknya memberikan peringatan kepada supplier tersebut.

Jika setelah diberi peringatan supplier tersebut kembali konsisten dalam mengirimkan pasokan, maka kamu bisa mempertahankannya.

Namun, jika setelah diberi peringatan supplier tersebut tetap tidak konsisten, maka sebaiknya kamu segera mencari supplier pengganti. Karena keterlambatan seperti ini dapat berdampak pada kelangsungan bisnis boba kamu.

Jangan sampai kamu kehabisan bahan saat akan menjalankan operasional outlet!

5. Selalu cek barang yang diterima dari supplier

Setelah kamu menentukan supplier bahan baku untuk bisnis boba kamu, pastikan untuk selalu mengecek bahan baku yang dikirimkan sebelum menggunakannya.

Pengecekan ini penting untuk menilai apakah supplier telah konsisten untuk mengirimkan bahan baku yang berkualitas.

Meskipun kamu telah mengetahui kualitas barang dari sampel bahan baku sebelumnya, namun selalu ada potensi kesalahan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pengecekan bahan baku minuman boba ini, sebelum kamu mulai menggunakannya.

Pastikan tepung tapioka bersih dari benda asing maupun kotoran, seperti batu, kutu, ataupun yang lainnya. Kemudian, cek juga kemasannya, apakah sobek atau kotor.

Jika, ciri-ciri tersebut kamu temukan pada bahan baku boba, sebaiknya kamu kembalikan kepada supplier.

Apakah Kamu Sudah Memiliki Supplier Bahan Boba yang Berkualitas?

Di tengah persaingan brand bisnis boba, kehadiran produk dengan rasa & layanan yang berkualitas merupakan kunci sustainability dari bisnis boba.

Strategi tersebut tidak hanya bisa kamu terapkan untuk memilih supplier dalam bisnis minuman boba, tapi juga bisa kamu gunakan untuk memilih supplier dalam bidang bisnis yang lain.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​