Home » Strategi-bisnis » Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Boba

Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Boba

Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Boba

Berencana untuk menjalankan bisnis boba dan ingin tahu cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor? Di sini, kami akan coba paparkan cara-caranya secara lengkap. Jadi silakan simak penjelasannya hingga selesai.

Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor Bisnis Boba

Berbeda dan unik akan menjadi nilai tambah untuk para customer. Selain itu, dua aspek tersebut akan membentuk identitas brand yang kuat untuk bisnis kamu.

Ada beberapa tips agar bisnis kamu lebih unik dari kompetitor, khususnya untuk bisnis boba. Berikut adalah beberapa cara yang bisa coba kamu implementasikan.

  • Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM)

Cara yang pertama ini sudah sering digunakan oleh para pelaku bisnis yang baru pertama mengembangkan usahanya. Mengamati, meniru, lalu memodifikasi adalah cara yang tepat untuk membuat sebuah produk unik dan berbeda.

Cari referensi produk minuman boba yang sedang hits saat ini. Kemudian kamu bisa langsung menerapkan metode ATM. Amati resep dan cara pengolahannya, lalu lakukan modifikasi.

Namun sebelum kamu memodifikasi, pastikan kamu sudah tahu tentang resep dasar pembuatan minuman boba. Karena tanpa mengetahui resepnya, maka akan sulit bagi kamu untuk memodifikasi dan mengembangkan produk boba yang berbeda.

  • Memastikan Rasanya Khas dan Nikmat

Carilah lebih banyak referensi tentang resep-resep minuman boba. Dari referensi tersebut maka kamu bisa bereksperimen untuk menemukan bahan-bahan yang tepat dan juga rasa yang khas.

Selain itu, lakukan juga inovasi terhadap resep yang ingin kamu kembangkan. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk menggunakan topping yang banyak disukai oleh customer, atau penggemar minuman boba saat ini.

Untuk mendapatkan rasa yang khas dan lezat, kamu harus melakukan banyak perubahan pada beberapa resep. Akan tetapi, pastikan kamu tetap mempertahankan beberapa rasa yang sudah familiar di lidah customer dan sediakan juga rasa yang original sebagai opsi lain.

  • Pemilihan Bahan Baku yang Berkualitas

Unik dan berbeda belumlah cukup untuk mendongkrak popularitas produk milikmu agar banyak disukai. Selain itu kamu juga harus memilih bahan yang berkualitas untuk membuat suatu minuman boba yang lezat dan disukai banyak orang.

Pastikan kamu tidak memilih bahan-bahan yang tidak berkualitas hanya demi meningkatkan keuntungan semata. Karena bahan-bahan minuman boba yang kurang baik akan menurunkan kualitas rasanya.

  • Membuat Desain Kemasan yang Unik dan Menarik

Cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor adalah dengan memperhatikan kualitas rasa dari produk yang membuat customer ketagihan. Namun selain dari segi rasa, kamu juga harus memperhatikan aspek kemasan agar produk yang kamu tawarkan berbeda. 

Pikirkan desain kemasan yang original dan menarik. Jika kamu merasa kurang mampu membuatnya, kamu bisa meminta bantuan profesional. Kini sudah banyak jasa desain grafis yang membuat desain packaging unik. 

Kemasan dengan desain yang unik akan membuat produk milikmu dilirik oleh para customer. Cara membuat kemasan yang original dan menarik sama seperti cara membuat resep yang khas dan lezat. Silahkan amati, tiru kemudian modifikasi.

  • Mempelajari Kompetitor

Belajarlah dari kompetitor. Namun jangan sampai kamu menirunya. Lakukan riset secara mendalam terkait resep, cara mereka berpromosi, dan bagaimana cara mereka mengemas produk minuman boba yang dijual.

Riset sangat penting agar kamu bisa memetakan semua informasi para kompetitor secara menyeluruh. Dari data inilah kamu bisa mengetahui bagaimana cara membuat sebuah produk yang unik dan berbeda dari para kompetitor.

Tanpa adanya riset, kamu akan kesulitan dalam menentukan produk yang benar-benar original atau unik dibandingkan yang lain. Kamu juga bisa mengetahui kelemahan kompetitor dari data hasil riset tersebut.

  • Menggunakan Gaya Berpromosi yang Menarik

Tidak dapat kita pungkiri, bahwa promosi memiliki peran yang sangat penting dalam memasarkan produk. Keunikan dalam berpromosi juga menjadi salah satu kunci sukses agar produk minuman boba milikmu disukai oleh calon pembeli.

Promosikan produk kamu secara online, baik melalui media sosial hingga website official brand milikmu sendiri. Gunakan kata-kata dalam bentuk copywriting yang menarik dan menghipnotis. Gunakan juga desain yang unik pada setiap promosi yang kamu lakukan.

  • Selalu Mengikuti Perkembangan Tren Bisnis

Perlu kamu ketahui, saat ini perkembangan tren bisnis mudah berubah setiap tahunnya. Maka dari itu, teruslah mengikuti update terkini tentang perkembangan bisnis boba. Jangan sampai kamu ketinggalan update terbaru.

Tertinggal perkembangan bisnis akan membuat bisnis kamu terancam. Perkembangan yang kami maksud yaitu dari berbagai aspek mulai dari cara berpromosi, pemasaran produk, hingga kualitas rasa maupun kemasan.

  • Membangun Brand yang Kuat

Jangan hanya fokus pada produk yang mengakibatkan kamu abai terhadap aspek-aspek penting lain di dalam membangun sebuah bisnis. 

Di sisi lain, kamu juga harus membangun brand yang kuat, karena branding bisa membantu produk kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Salah satu contoh branding yang kuat yaitu seperti Starbucks. Ketika orang mendengar  nama maupun melihat logonya, maka sudah langsung kita ketahui bahwa brand tersebut adalah sebuah brand kedai kopi.

Bangun Brand dan Produk yang Unik

Untuk memiliki sebuah produk yang berbeda dan unik diperlukan effort yang cukup besar. Namun dengan usaha dan kegigihan yang kamu lakukan secara rutin, maka tidak sulit untuk mewujudkannya. Pastikan juga kamu rajin melakukan riset kompetitor untuk membangun brand dan produk yang unik.

Beberapa cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor yang sudah kami jelaskan ini, sedikit banyaknya bisa membantu kamu untuk membangunnya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​