Home » Strategi-bisnis » Tips Sukses Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Pakaian Anak

Tips Sukses Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Pakaian Anak

Tips Sukses Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Pakaian Anak

Ketika kamu membuka cabang bisnis pakaian anak, pasti tidak mudah. Begitu juga saat mempertahankannya, karena harus bersaing secara ketat dengan para kompetitor. Oleh karena itu, diperlukan langkah yang tepat agar cabang baru dapat berkembang dan sukses. 

Tips Mengembangkan Cabang Bisnis Pakaian Anak

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengembangkan cabang dalam bisnis pakaian anak, yaitu:

Pilih Lokasi yang Tepat

Ketika kamu ingin membuka cabang, perhatikan pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi yang strategis untuk membuka cabang bisnis pakaian anak, yaitu tidak terlalu dekat dengan cabang lama.

Pastikan minimal jarak antar cabang adalah 3 km. Selain itu, jumlah minimal pesaing di sekitar lokasi yang akan dipilih adalah 5 kompetitor.

Selanjutnya, kamu dapat memilih lokasi yang dekat dengan keramaian, terutama anak kecil seperti dekat pasar, taman hiburan, area bermain anak, sekolah, dan dekat rumah sakit persalinan. Umumnya, biaya sewa toko di dekat sekolah sekitar Rp 55 juta per tahun di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di samping itu, pilih lokasi yang mudah diakses dengan jalan yang tidak rusak. Pastikan lokasi tersebut memiliki tempat parkir yang memadai untuk para pelanggan sehingga mereka merasa nyaman saat mendatangi toko pakaianmu. 

Manfaatkan Reseller

Reseller yaitu orang membeli barang dari supplier atau pemasok untuk dijual kembali. Jika kamu ingin mengembangkan cabang, manfaatkan reseller agar produk dapat terjual lebih banyak.

Namun, kamu perlu membina para reseller agar menjadi penjual yang handal. Cara yang dapat kamu lakukan, yaitu membuka pendaftaran reseller dengan cuma-cuma atau gratis. Para reseller biasanya merupakan orang yang memiliki modal terbatas sehingga dengan kamu open member gratis mereka akan tertarik.

Setelah kamu memiliki tim reseller, berikan fasilitas materi pendukung seperti katalog produk dan media promosi dengan gambar berkualitas jernih. Selain itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk memberikan edukasi dan reward. Adanya reward akan memicu semangat mereka untuk meningkatkan penjualan.

Jika kamu dapat membina reseller dengan baik, produk pakaian anak yang kamu miliki akan semakin banyak yang terjual. Di samping itu, tentu dapat membuat brand semakin dikenal.

Tingkatkan Promosi

Memanfaatkan reseller dengan maksimal merupakan bagian dari promosi, namun kamu juga harus lebih kreatif saat melakukan promosi. 

Kamu bisa menggunakan marketplace sebagai media promosi dengan menawarkan beberapa promo seperti buy 1 plus 1, paket kaos anak, bonus gift dengan minimal pembelian tertentu, dan sebagainya.

Selain itu, brand kamu dapat mengikuti event tertentu seperti 11.11 atau lainnya yang biasanya diadakan oleh marketplace. Kamu dapat memberikan penawaran gratis ongkir atau memberikan harga murah pada produk tertentu. 

Selain menggunakan marketplace, kamu bisa juga memanfaatkan media sosial. Misalnya, membuat konten tentang macam-macam tingkah anak saat datang ke rumah eyang. Biasanya, eyang akan memberikan uang kepada cucunya. Kamu dapat memanfaatkan kenyataan tersebut sebagai media promosi produk. 

Konten tersebut dapat memperlihatkan anak memakai baju yang memiliki dua saku di depan, pakaian yang include dengan tas kecil, atau bawahan yang memiliki saku di samping kanan dan kiri. Nah, buatlah konten kreatif untuk menarik minat beli pelanggan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk membuat anggaran khusus untuk promosi setiap bulan sekitar 5%-10% dari total pendapatan.

Perluas Relasi

Memiliki relasi yang luas merupakan sebuah keuntungan dalam bisnis. Semakin luas relasi yang kamu miliki, semakin besar peluang untuk produk kamu terjual.

Kamu dapat memperluas relasi melalui kerja sama dengan beberapa brand serupa. Bisa juga dengan menjadi sponsor acara yang berkaitan dengan anak-anak seperti kelulusan TK, sponsor pakaian pentas menari anak, dan lainnya. Dengan begitu, orang akan semakin mengenal produk kamu.

Di samping itu, kamu dapat mengenalkan cabang baru yang sedang kamu kembangkan kepada mereka agar semakin banyak yang datang dan membeli produk.

Ikuti Tren

Ketika menjalankan bisnis pakaian anak, kamu wajib mengikuti tren yang sedang berkembang. Jika mengikuti tren yang sedang ramai, kamu dapat menarik perhatian pelanggan. 

Cara mengetahui tren pakaian anak, kamu perlu mengetahui kondisi yang ada. Misalnya, saat mendekati perayaan Idul Fitri pastilah baju muslim yang ramai dicari, termasuk di kalangan anak-anak.

Kamu juga bisa memperhatikan pakaian dan aksesoris yang digunakan oleh anak artis atau artis cilik melalui media sosial untuk mengetahui tren.

Selain itu, carilah informasi di tabloid terkait tren fashion anak. Bisa juga dengan menganalisis di marketplace baju anak yang paling laris sehingga cabang yang sedang kamu kembangkan tidak hanya menjual pakaian lama, tetapi juga pakaian yang sedang banyak diminati. Jika kamu menjual pakaian anak yang sedang ramai dibicarakan, tentu pelanggan akan beramai-ramai mengunjungi cabang milikmu.

Siap Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Pakaian Anak?

Lima tips sukses mengembangkan cabang dalam bisnis pakaian anak di atas bisa segera kamu terapkan pada bisnis milikmu agar semakin cepat meraih kesuksesan. Meskipun mengembangkan cabang bukan perkara instan dan mudah. Kamu jangan cepat berputus asa, harus terus belajar, menambah skills, dan berhati-hati.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pakaian anak kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Sukses Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Pakaian Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​