Home » Strategi Bisnis » 9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Pakaian Kamu

9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Pakaian Kamu

Menaikkan followers Instagram bisnis pakaian milik kamu sangat penting untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pengikut akun bisnis pakaian kamu terus bertambah. Nah, di bawah ini akan dijelaskan 9 cara tepat untuk menaikkan followers Instagram akun bisnis pakaian kamu.

10 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Pakaian Kamu

Yuk disimak!

1. Gambar berkualitas tinggi

Instagram adalah platform yang mengutamakan aspek visual. Karena itu, foto yang kamu unggah harus berkualitas baik dan mampu menarik perhatian.

Unggah gambar yang memiliki resolusi tinggi, misalnya 1920 x 1080px, dan mengandung “cerita”. Seperti foto dengan model yang mengenakan kaos produk bisnis kamu sambil tersenyum, untuk menampilkan kesan ceria.

Gunakan beberapa aplikasi editing untuk mempercantik gambar seperti Snapseed, Lightroom, atau Picsart.

2. Gunakan tagar (hashtag) yang tepat

Secara umum ada dua jenis hashtag, yaitu:

  • Tagar panjang (long-tail hashtag)
  • Tagar pendek (short-tail hashtag)

Agar followers Instagram kamu mudah bertambah maka lebih baik gunakan long-tail hashtag. Tanda pagar yang lebih panjang artinya lebih terperinci. Misalnya kamu berbisnis pakaian di Bandung, jika kamu hanya menggunakan hashtag seperti #BajuBandung atau #FashionBandung maka pesaingnya sudah banyak.

Lebih baik, gunakan tagar yang lebih spesifik; misalnya #BajuPiyamaCihampelas, atau #JualBajuKantorCiumbuleuit yang hanya memiliki sedikit pesaing.

Berawal dari hal spesifik juga lebih mudah untuk menaikkan secara perlahan skala bisnis kamu.

3. Aktif berinteraksi dengan audience di Instagram

Jika kamu sudah menentukan hashtag, maka kamu sekarang harus aktif berinteraksi.
Cara yang paling mudah adalah kamu berinteraksi bersama akun dengan hashtag yang sama.
Misalnya kamu menggunakan #ThriftShopBogor, maka jalinlah interaksi bersama akun dengan hashtag serupa. Mulai dari memberikan like, komentari unggahan mereka, atau minta izin untuk melakukan repost dari unggahan yang sejalan dengan bisnis kamu.

Kamu juga bisa memberikan tag pada unggahan kamu. Dengan begitu, nantinya akan terbangun rasa percaya audience pada brand bisnis pakaian kamu.

4. Promosikan akun bisnis Instagram kamu di berbagai platform

Jika brand bisnis pakaian kamu masih terhitung baru, maka kamu perlu membangun awareness agar lebih banyak orang yang mengetahui kehadiran kamu. Cara terbaik adalah dengan menggunakan Instagram Ads.

Saat ini setidaknya ada lebih dari 2 juta pengguna Instagram yang menggunakan fasilitas iklan ini.
Ada banyak manfaat dari beriklan di Instagram. Misalnya, post yang kamu buat bisa tetap terlihat organik, modal yang kamu keluarkan tidak harus besar, hasilnya mudah dilihat dari data analisis, dan kamu bisa menargetkan iklan tersebut ke konsumen yang relevan & lebih spesifik.

Selain beriklan, kamu juga bisa mempromosikan akun Instagram kamu di media sosial yang lain.
Kamu bisa me-repost unggahan kamu dari Instagram ke Twitter, Facebook, dan juga TikTok.

5. Maksimalkan fitur stories untuk menaikkan followers Instagram

Selain memperhatikan unggahan pada feed, kamu juga perlu memaksimalkan fitur story yang tersedia pada Instagram. Salah satu keunggulan fitur ini adalah unggahan kamu hanya berada di sana selama 24 jam.
Kamu bisa unggah berbagai hal, mulai dari kegiatan sederhana seperti informasi new arrival, event, atau kamu bisa buat pertanyaan & polling.
Story yang menarik akan memancing interaksi lebih besar dari mereka yang memiliki minat pada produk kamu.

6. Hitung engagement rate per post (ERPP)

Ada rumus matematika sederhana untuk mengukur apakah unggahan yang kamu buat mampu menjangkau target konsumen atau tidak.

Kamu bisa memanfaatkan data dari bagian insight untuk menghitung sejauh mana sebuah konten mampu menjangkau pengguna. Gunakan rumus ERPP; (Engagement / Reach per Post) x 100. Hitung hasil dari beberapa unggahan yang kamu buat, lalu bandingkan hasilnya.

Nantinya kamu bisa gunakan hasil pengukuran ini untuk menentukan strategi yang akan kamu lakukan ke depannya, agar bisa terus menaikkan followers Instagram bisnis pakaian kamu.

7. Konsisten

Salah satu kunci agar menaikkan followers Instagram bisnis pakaian kamu adalah melalui konsistensi. Semakin rutin kamu membuat post, semakin besar kredibilitas & jangkauan akun Instagram bisnis kamu.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur dari pembuat aplikasi lain untuk mengingatkan jadwal post.
Contohnya saja seperti Hubspot Social Media Calendar, yang memudahkan kamu membuat jadwal.
Kamu juga bisa gunakan fitur penjadwalan pada aplikasi Canva. Sehingga kamu bisa membuat dan menentukan tanggal post untuk seminggu, sebulan, dan bahkan lebih.

8. Lakukan personal branding

Walaupun kamu konsisten & rutin membuat post, followers kamu akan sulit membedakan antara akun kamu dengan akun bisnis kompetitor jika kurang unik. Maka kamu perlu melakukan personal branding.

Caranya, kamu bisa buat ciri khas yang hanya dengan sekali saja orang melihatnya, mereka akan langsung mengenali akun bisnis kamu. Tentukan gaya konten, bahasa, warna, jenis font, sampai jenis konten tertentu yang membedakan akun bisnis pakaian kamu dengan lainnya.

9. Unggah post pada waktu yang tepat

Penentuan waktu juga memegang peranan penting untuk menaikkan followers Instagram bisnis pakaian kamu.
Kamu bisa periksa analisis data yang ada untuk melihat unggahan mana yang paling banyak dilihat.
Lalu, lakukan eksperimen setidaknya selama satu atau dua minggu berturut-turut untuk mengunggah post pada tiga jadwal waktu. Misalnya, setiap pukul 9 pagi, 3 sore, dan 8 malam. Perhatikan waktu kapan akun bisnis kamu paling banyak diakses oleh pengguna.

Jika kamu sudah menemukan polanya, kamu bisa lebih banyak memfokuskan perhatian untuk membuat unggahan pada jam-jam yang paling “aktif” tersebut.

. . .

Ada banyak cara untuk menaikkan followers Instagram bisnis pakaian kamu. Buat post yang konsisten, buat iklan, pelajari hashtag, gunakan gambar berkualitas tinggi, sebarkan ke berbagai platform, melakukan personal branding, dan manfaatkan semaksimal mungkin fitur yang ada di Instagram.

Semoga ulasan ini membantu kamu yang ingin terus menambah followers Instagram akun bisnis pakaian milik kamu ya. Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​