Home » Strategi Bisnis » Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Parcel

Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Parcel

Dengan begitu banyaknya variasi jenis barang dalam sebuah parcel, tentu kamu memiliki tantangan tersendiri untuk mengatur keseluruhan stok bahan baku dalam bisnis parcel.

Parcel biasanya terdiri dari makanan dan minuman dalam kemasan yang sudah pasti memiliki masa kedaluwarsa, dan belakangan ini juga marak tren peralatan rumah tangga yang ikut masuk ke daftar produk-produk untuk bingkisan parcel.

Bagaimana sebaiknya kamu mengatur barang-barang tersebut di gudang penyimpananmu?

Nah, berikut adalah pembahasan bagaimana sebaiknya kamu mengatur semua barang tersebut agar bisnis parcel milikmu tetap berjalan lancar, dan tidak merugi.

9 Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Parcel

Simak cara-cara mengaturnya di bawah ini:

Ruang penyimpanan yang cukup

Pastikan kapasitas ruang penyimpanan kamu cukup untuk menyimpan semua stok bahan baku bisnis parcel.

Sediakan rak-rak kecil untuk barang-barang yang berukuran kecil dan mudah rusak, sementara untuk yang berukuran besar, bisa diletakan di rak atau lemari yang agak besar.

Tidak perlu menyewa atau membuat gudang yang besar, hanya saja kamu perlu menyediakan tempat kosong di rumah atau di toko untuk menyimpan semua barang tersebut.

Perhatikan juga area tempat penyimpanan, apakah ada binatang yang bisa masuk atau apakah terkena sinar matahari langsung. Makanan dan minuman kemasan paling rentan terhadap risiko-risiko seperti ini.

Jika bahan baku untuk parcel meliputi peralatan rumah tangga seperti perkakas dapur, kamu juga perlu memikirkan penempatan barang-barang tersebut agar tidak tertumpuk dan terlalu berdesakan.

Berikan kode atau nomor pada setiap barang

Seringkali, yang sering diabaikan oleh pedagang adalah tidak memberikan kode atau nomor pada setiap produk.

Jika kamu memiliki banyak produk dan variannya, tanpa kode atau nomor unik pada tiap barang, kamu akan sulit untuk mencarinya dan membedakannya nanti.

Biasanya, kode yang diberikan untuk setiap barang datang dalam bentuk nomor batch atau nomor seri, sehingga kodenya pasti berbeda.

Buat pencatatan secara rutin

Cara mengatur stok bahan baku untuk bisnis parcel berikutnya adalah pencatatan rutin.

Pencatatan stok bahan baku perlu dilakukan, baik untuk barang yang masuk ke gudang, maupun barang yang keluar.

Kamu dapat menugaskan pegawai untuk mencatat di buku besar gudang, sehingga kamu dapat mengetahui kapan barang masuk, atau keluar dari gudang.

Gunakan aplikasi untuk mengawasi stok barang

Serupa dengan apa yang digunakan banyak pebisnis ritel, kamu juga sebaiknya menggunakan aplikasi untuk memonitor aktivitas barang-barang di gudang.

Aplikasi ini nantinya dapat memberitahu kamu, barang-barang apa saja yang habis dan yang masih ada, serta berapa jumlahnya.

Jadi kamu tidak perlu tiap kali pergi ke gudang untuk mengetahui kondisi dan jumlah barang tertentu.

Awasi jumlah barang yang cepat habis

Agar terhindar dari kehabisan barang, kamu perlu selalu memonitor jumlah barang, terutama untuk yang barang-barang kecil yang cepat habis.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti yang telah disebutkan di atas.

Pasang pengaturan di mana aplikasi tersebut dapat memberitahu kamu atau pegawaimu jika ada barang yang jumlahnya mulai menipis.

Memperkirakan barang yang akan habis

Dari aplikasi tersebut juga, kamu dapat mengetahui jumlah barang di gudang, dan memperkirakan berapa banyak yang perlu kamu beli untuk produksi parcel di bulan depan.

Secara tidak langsung, aplikasi ini telah menyediakan fitur forecasting yang sangat membantu kamu memperkirakan kebutuhan barang di waktu yang akan datang, berdasarkan riwayat aktivitas gudang dari periode sebelumnya.

Persiapkan stok bahan baku cadangan

Untuk barang yang cepat habis, pastikan kamu selalu membeli stok cadangan untuk menghindari kehabisan barang.

Hal ini untuk mengantisipasi momen-momen di mana permintaan parcel membludak secara tiba-tiba, di luar waktu yang kamu perkirakan.

Lakukan stock opname barang

Tidak seketat bisnis ritel, namun penting juga untuk bisnis parcel milikmu rutin melakukan stock opname atau stock recording.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah barang yang saat ini tersedia di gudangmu.

Apakah jumlah fisiknya sesuai dengan apa yang tertulis di catatan atau di aplikasi?

Berinvestasi pada hardware dan software sesuai keperluan

Jika bisnis parcel milikmu memang sudah stabil dan ramai, serta harus memenuhi permintaan yang banyak, tidak ada salahnya kamu membeli perangkat komputer dan aplikasi yang mumpuni.

Perlengkapan ini nantinya bisa mendukung dan memudahkan operasional bisnismu, sehingga kamu dapat dengan cepat memenuhi permintaan konsumen.

Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan kesempatan meraih cuan.

. . .

Pentingnya Mengatur Stok Bahan Baku untuk Bisnis Parcel

Itulah beberapa cara yang efektif untuk membantu kamu mengatur stok barang pada bisnis parcel.

Ingat, barang-barang tersebut merupakan isi dari produk utama bisnismu, yaitu parcel. Maka dari itu, kualitasnya harus tetap terjaga.

Kualitasnya bisa tetap terjaga jika barang-barang tersebut tersimpan dengan baik sebelum dikemas dalam sebuah parcel.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​