Hal yang Harus Dipelajari oleh Pemilik Bisnis Pembuatan Website

Beberapa tahun belakangan, bisnis pembuatan website memang memiliki peluang yang sangat besar karena banyak instansi dan organisasi yang membutuhkan website untuk berbagai keperluan. Nah, lantas apa hal apa saja yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis pembuatan website

8 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Pembuatan Website

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis pembuatan website yang wajib kamu ketahui:

Menciptakan Brand

Brand dalam sebuah bisnis adalah hal penting yang wajib kamu miliki. Agar bisnis pembuatan website milikmu bisa dikenal oleh target pasar, maka wajib menciptakan brand untuk membedakan bisnismu dengan kompetitor.

Berkat adanya branding, bisnis pembuatan website milikmu bisa lebih dikenal, karena calon pelanggan lebih mudah mengenali identitasmu.

Tidak hanya itu, sebuah bisnis yang memiliki brand juga tampak lebih profesional bagi pelanggan dan pihak yang bekerja sama denganmu. Artinya, brand dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

Demi mengamankan brand bisnis milikmu, kamu perlu mematenkannya agar tidak ada pihak lain yang menggunakan nama brand sama dengan bisnis kamu melalui website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Tarif pendaftaran brand ini mulai dari Rp 500 ribu.

Membuat Website Profil Perusahaan

Sebagai pemilik bisnis pembuatan website, kamu wajib memiliki website sendiri yang isinya berkaitan dengan profil bisnis dan perusahaan. Hal ini sangat diperlukan, karena website profil perusahaan menjadi faktor penting bagi kesuksesan bisnismu.

Berkaitan dengan website profil perusahaan, kamu harus mencantumkan halaman utama yang berisi informasi singkat tentang perusahaan dan portofolio hasil kerja. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi dan siapa saja yang tergabung dalam tim bisnismu.

Kamu harus menampilkan semua informasi tersebut secara singkat, namun lengkap. Lalu, untuk di bagian portofolio, pastikan kamu menampilkan karya terbaik yang pernah dibuat, ya. Tujuannya agar calon pelanggan lebih tertarik dengan bisnis pembuatan website milikmu.

Memaksimalkan Strategi SEO

Seorang pemilik bisnis pembuatan website perlu memahami strategi Search Engine Optimization atau SEO. Sebab, SEO ini nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas sebuah website.

Singkatnya, SEO adalah suatu metode untuk memaksimalkan ranking bisnis di halaman pencarian. Semakin tinggi rating sebuah website, maka akan semakin besar traffic yang diperoleh.

Kamu bisa belajar tentang strategi SEO ini lewat ebook, YouTube, ataupun kursus SEO secara gratis di Udemy.

Menguasai Marketing Media Sosial

Kini, media sosial memang peranan penting dalam sebuah bisnis. Karena media sosial menjadi platform dalam komponen digital marketing yang penting untuk mengembangkan bisnis pembuatan website kamu. Maka dari itu, kamu wajib menguasai strategi marketing media sosial agar bisa menguasai pangsa pasar. 

Sekarang sudah banyak kursus online tentang marketing media sosial yang tersedia secara gratis maupun berbayar, seperti Udemy, Ruangguru dan lainnya. Jadi, kamu tidak perlu kebingungan lagi kemana harus belajar marketing media sosial.

Memahami Google Analytics

Seorang pemilik bisnis pembuatan website juga wajib belajar tentang Google Analytics. Sebab, Google Analytics merupakan perangkat yang digunakan dalam dunia digital marketing dan berguna bagi strategi bisnis marketing kamu.

Selain itu, memahami Google Analytics juga membantu kamu untuk membuat strategi pemasaran yang sesuai pada setiap website yang dibuat. Bahkan akan lebih mudah bagimu untuk menyajikan data dalam bentuk angka maupun grafis.

Memiliki Skill Visual Design

Visual design adalah salah satu skill yang wajib kamu miliki sebagai pebisnis pembuatan website. Adapun elemen visual design yang harus dipahami, antara lain efek ilustrasi, tipografi, layout, warna, hingga usability.

Skill visual design menjadi bagian penting dalam pembuatan website, karena berkaitan dengan User Interface (UI) dan Graphic Design yang berpengaruh terhadap tampilan website.

Pemahaman tentang HTML dan CSS

Seorang pemilik bisnis pembuatan website wajib memiliki pemahaman tentang HTML dan CSS. Adapun HTML merupakan istilah yang digunakan untuk membuat struktur halaman website yang terdiri dari berbagai elemen. 

Umumnya, elemen HTML yang digunakan adalah <head>, <title>, <image>, <video>, <audio>, dna lainnya.

Sedangkan CSS merupakan bahasa pemrograman yang fungsinya adalah untuk mengatur seluruh tampilan website agar lebih menarik. Jika menggunakan CSS, maka kamu bisa mengatur warna teks, ukuran kolom, hingga background yang diinginkan dalam sebuah website.

Manajemen Waktu yang Baik

Sebenarnya bisnis pembuatan website ini cenderung memiliki waktu yang fleksibel dan tidak terikat. Meski begitu, kamu harus bisa mengatur prioritas serta manajemen waktu yang baik. Tujuannya agar pembuatan website milik pelanggan bisa diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang terbaik.

Bagi kamu yang masih kesulitan mengatur waktu dengan baik, bisa coba manfaatkan beberapa aplikasi yang biasa digunakan oleh para pembuat website. Misalnya, Trello, JIRA, Google Task, Quire dan lainnya.

Siap Menjadi Pemilik Bisnis Pembuatan Website Sukses?

Itulah 8 hal yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis pembuatan website yang kini sedang mencoba mengembangkan bisnisnya agar semakin besar. Jika kamu menerapkan delapan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin bisnis pembuatan website milikmu bisa sukses dan menjangkau target pasar yang lebih luas.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​