Home » Strategi Bisnis » Mendapatkan Review Positif di Bisnis Pembuatan Website

Mendapatkan Review Positif di Bisnis Pembuatan Website

Bagaimana cara yang tepat agar mendapatkan review positif untuk sebuah bisnis pembuatan website?

Mendapatkan review atau testimoni yang baik dan positif dari konsumen adalah impian dari semua pemilik bisnis.

Bagaimana tidak, selain sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja bisnis tersebut, review yang baik dan dari konsumen yang banyak, bisa membuat calon konsumen lain tertarik untuk menggunakan jasa yang sama.

Hal ini tentu akan mendatangkan pekerjaan dan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam menangani konsumen, hingga para konsumen rutin memberikan review & testimoni yang positif bagi bisnis pembuatan website milikmu?

Cara Mendapatkan Review Positif di Bisnis Pembuatan Website

Ulasan yang baik & banyak biasanya berbanding lurus dengan kualitas produk/jasa dan pelayanan sebuah bisnis.

Begitu juga sebaliknya, jika ulasan yang diberikan kurang memuaskan, besar kemungkinan bisnis tersebut melayani konsumennya dengan cara yang kurang profesional.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan agar bisnis pembuatan website milikmu banjir ulasan positif dari para konsumen setia.

Silakan disimak!


1. Melakukan pekerjaan secara baik, jujur, dan totalitas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pekerjaan yang dipesan secara baik.

Ini adalah kesan pertama yang diperhatikan dan dinilai oleh konsumen.

Misalnya, kamu mendapatkan pesanan untuk membuat sebuah website untuk keperluan berjualan online. Kamu ajak konsumen untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan mereka.

Seperti apa website yang diinginkan, bagaimana dengan layout-nya? Apa barang yang hendak dijual, dan apakah sesuai dengan tema dari website tersebut?

Tunjukkan bahwa kamu memahami betul kebutuhan konsumen, dan berusaha membantu mereka mewujudkan keinginannya secara serius.

Jika ada hal yang diutarakan oleh konsumen namun menurutmu tidak sesuai dengan konsep yang mereka inginkan, atau di luar kemampuanmu, diskusikan dan jelaskan alasannya.

Usahakan semua keputusan dijelaskan sebaik mungkin.

Hal ini termasuk mengenai perhitungan biaya pembuatan website.

Hindari dengan sengaja tidak memberi tahu konsumen mengenai biaya-biaya tersembunyi yang mereka harus bayar nantinya.


2. Menyelesaikan masalah secepatnya dan sebaik mungkin

Jika dalam proses pembuatan website ada suatu masalah yang terjadi, baik yang diakibatkan oleh dirimu atau oleh hal lain, kamu perlu secepatnya mengabari konsumen.

Hal ini untuk menghindari konsumen tahu terlebih dahulu mengenai masalah yang terjadi. Jika demikian, ada kemungkinan bisnismu dicap tidak profesional.

Sebaiknya, laporkan segala masalah yang terjadi, dan selalu siapkan alternatif maupun solusi yang bisa diambil.

Jangan biarkan masalah menumpuk dan tidak diselesaikan secepatnya.

Kecepatan dan ketepatan kamu dalam menyelesaikan masalah sudah pasti akan membuat konsumen puas.

Sebaliknya, jika kamu terlihat menyembunyikan masalah dan berusaha membela diri, konsumen sudah hampir pasti akan menilai bisnismu tidak profesional.

Jika sudah seperti itu, kemungkinan besar konsumen tidak akan mau menggunakan jasa bisnismu lagi.


3. Menjalin hubungan dan komunikasi yang baik

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ulasan positif adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dan intens dengan konsumen.

Sebagai contoh, jika konsumen mengalami kendala dan tim teknisi yang kamu miliki sulit dihubungi, tentu konsumen akan kecewa.

Sebaliknya, jika kamu memiliki tim teknis yang handal, serta responsif menjawab setiap pertanyaan konsumen di jam kerja, maka sudah pasti konsumen akan puas dengan pelayanan yang diberikan.

Komunikasi yang baik pun biasanya akan membantumu terhindari hal-hal yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Misalnya, ketika ada konsumen yang mengalami kendala dengan website miliknya, sementara teknisi yang kamu tugaskan untuk membantu ternyata membutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kalau terjadi seperti ini, ada kemungkinan konsumen jadi merasa kesal dan marah.

Namun, ketika hubunganmu dan konsumen baik dan intens, konsumen biasanya akan menjadi lebih toleran, dan lebih sabar terhadap kinerja teknisi tersebut.

Hal ini lumayan sering terjadi dan sebaiknya tidak disepelekan, lho.

Jika semua hal di atas sudah dilakukan, kamu bisa menugaskan karyawan untuk menghubungi dan meminta ulasan yang obyektif dari para konsumen.

Dengan begitu, kamu akan rutin mendapatkan ulasan yang positif, dari setiap konsumen yang pernah menggunakan jasa pembuatan website milikmu.


Pentingnya Review Positif bagi Bisnis Pembuatan Website

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan pada bisnis pembuatan website.

Mulai dari pelaksanaan pekerjaan yang baik, penyelesaian masalah yang cepat, hingga ke komunikasi yang intens dengan para konsumen.

Sebenarnya review positif tidak sulit untuk didapatkan, hanya saja ketika sebuah bisnis tidak menganggap penting kepuasan konsumen, bisnis tersebut cenderung melayani konsumen seadanya saja.

Konsumen yang lambat dilayani, tentu akan merasa tidak puas dan kesal. Bisa saja mereka malah menulis review negatif untuk bisnismu.

Hal tersebut malah akan merugikan bisnismu nantinya, jika tidak segera diatasi dan diperbaiki.

Intinya, dahulukan kepentingan serta kepuasan konsumen, ya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​