Home » Strategi-bisnis » Apa Saja Kunci Sukses dalam Bisnis Perlengkapan Bayi?

Apa Saja Kunci Sukses dalam Bisnis Perlengkapan Bayi?

Apa Saja Kunci Sukses dalam Bisnis Perlengkapan Bayi?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pasti ada trik khusus dan kunci sukses yang bisa dijalankan untuk mengembangkan bisnis tersebut dengan pesat.

Tidak terkecuali dengan bisnis perlengkapan bayi.

Momen kelahiran seorang bayi adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu, dan jumlah kelahiran pun tidak banyak berkurang dari tahun ke tahun.

Kebutuhan akan perlengkapan dan perawatan bayi sudah tentu perlu dipenuhi, dan bisnis perlengkapan bayi harus selalu siap memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis perlengkapan dan perawatan bayi memiliki prospek yang baik di Indonesia;

  1. Permintaan yang selalu ada dan konsisten, seiring dengan jumlah kelahiran bayi tiap tahun.
  2. Berbeda dengan kebutuhan untuk orang dewasa, kebutuhan untuk bayi tidak bisa ditawar. Para orang tua cenderung akan selalu memberikan perlengkapan bayi dengan kualitas terbaik untuk anak mereka.
  3. Tidak hanya bagi orang tua sang bayi, perlengkapan bayi pun sering dibutuhkan oleh keluarga dan kerabat untuk dijadikan hadiah.
  4. Pada 2 tahun pertama, bayi-bayi akan cepat tumbuh dan berkembang, ini menyebabkan keperluan mereka pun akan cepat habis dan cepat berubah, seiring dengan bertambahnya umur.

 

Nah, jika kamu berencana untuk memulai bisnis perlengkapan bayi, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membantu kelancaran bisnis kamu.

Jika diterapkan secara serius, bukan tidak mungkin kunci sukses ini akan membantu bisnis perlengkapan bayi milik kamu semakin berkembang.

4 Kunci Sukses dalam Menjalani Bisnis Perlengkapan Bayi

Lalu apa saja yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis perlengkapan bayi?

1. Kreativitas yang tinggi

Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan bayi adalah mainan.

Bayi akan terus membutuhkan mainan untuk melatih kemampuan motorik dan sensoriknya.

Kamu bisa mengimpor, atau membuat sendiri produk mainan yang dibutuhkan pasar.

Tawarkan mainan-mainan, atau hiasan yang unik tersebut, pada produk yang kamu jual agar para orang tua tertarik, dan membelinya untuk bayi mereka.

Perhatikan juga tren yang beredar dan yang digemari saat ini.

Warna dan konsep mainan apa yang sedang digemari para orang tua untuk anak-anak mereka.

Di sini, kreativitas kamu sebagai pemilik bisnis perlengkapan bayi betul-betul dibutuhkan.

Jenis barang atau mainan apa yang kamu perlu buat dan jual?

Apakah lebih ekonomis untuk membeli mainan, atau membuatnya sendiri?

Bagaimana dengan kinerja para pemasok (supplier) yang kamu pilih?

Bagaimana dengan kualitas barang-barang yang mereka sediakan?

Jangan lupa, pastikan barang-barang yang kamu tawarkan ke para orang tua sudah sesuai standar nasional, dan terbukti aman, ya.

2. Pemilihan lokasi yang tepat

Menjual perlengkapan bayi secara offline, seperti di sebuah toko misalnya, maka hal penting yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan lokasi yang tepat, atau strategis.

Agar bisnis perlengkapan bayi kamu dapat dijangkau oleh banyak orang, maka sebaiknya kamu memilih lokasi di tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, seperti misalnya di pusat perbelanjaan.

3. Harga dan kualitas

Kunci sukses dalam bisnis perlengkapan bayi berikutnya adalah memberikan harga terbaik bagi para konsumen.

Kamu harus teliti menghitung biaya operasional dan produksi, dan menentukan harga jual untuk produk kamu secara kompetitif.

Jangan mematok keuntungan terlalu tinggi, dan cobalah sebisa mungkin melihat rentang harga yang ditawarkan oleh para kompetitor.

Sesuaikan juga harga yang kamu pasang dengan kualitas barang yang kamu jual.

Rajinlah memberikan promosi potongan harga, dan juga berikan kesempatan membership kepada para konsumenmu.

Cara-cara seperti ini terbilang lumayan berhasil untuk mendapatkan konsumen baru, serta mempertahankan konsumen lama.

4. Memanfaatkan teknologi atau Internet

Kunci sukses menjalankan bisnis perlengkapan bayi yang terakhir adalah bagaimana kamu bisa mengoptimalkan penggunaan digital marketing dan media sosial, dalam mempromosikan bisnismu.

Gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube untuk berpromosi, beriklan, dan juga berinteraksi dengan para konsumen.

Berikan kesempatan pada mereka untuk menyuarakan pendapat, serta keluhan & komentar kepada bisnismu.

Dengan menjalin komunikasi dan interaksi yang intens dengan para konsumen, kamu sudah pasti akan selalu menjadi pilihan mereka saat mereka membutuhkan perlengkapan bayi nantinya.

Selain itu, kamu juga perlu mendaftarkan bisnismu di Google Business dan juga marketplaces, serta sediakan layanan online delivery.

Hal-hal ini dapat membantu bisnismu cepat dikenal, cepat berkembang, dan selalu update dengan tren yang ada.

. . .

Sudah Siap Menerapkan Kunci Sukses dalam Bisnis Perlengkapan Bayi Milikmu?

Itulah beberapa kunci sukses yang bisa langsung kamu terapkan pada bisnis perlengkapan bayi yang kamu miliki.

Kamu bisa mulai berkreasi dan berinovasi dengan produk-produk baru, baik itu produk yang datang dari vendor, atau produk baru yang kamu buat sendiri.

Kemudian kamu juga bisa mengoptimalkan potensi penjualan berdasarkan lokasi yang kamu pilih. Usahakan lokasi bisnis kamu berada di sekitar keramaian, ya.

Berikutnya adalah menyesuaikan harga dengan kualitas dari produk-produk yang kamu jual. Hati-hati dalam menentukan harga, jangan sampai kamu merugi.

Dan yang terakhir adalah aktif menggunakan media sosial serta marketplaces untuk berpromosi, beriklan, dan berinteraksi dengan para konsumen.

Lakukanlah cara-cara tersebut dengan konsisten, dan sebagian besar konsumen pasti akan setia dengan brand bisnis perlengkapan bayi milikmu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Apa Saja Kunci Sukses dalam Bisnis Perlengkapan Bayi?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​