Home » Strategi Bisnis » Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Pet Shop untuk Pemula

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Pet Shop untuk Pemula

Banyaknya jumlah pet shop yang sering ditemui di jalan mungkin membuat sebagian dari kita bertanya-tanya; apa rahasia & kunci sukses menjalankan sebuah bisnis pet shop?

Dengan semakin banyaknya pet lovers yang memiliki hewan peliharaan untuk menemani mereka di rumah, tentu saja kebutuhan akan barang-barang & makanan hewan peliharaan pun meningkat.

Kesempatan inilah yang berhasil diambil oleh para pemilik pet shop, baik yang masih amatir maupun yang sudah tumbuh menjadi sebuah perusahaan.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis pet shop sendiri, ada baiknya kamu intip kunci sukses untuk menjalankan bisnis pet shop yang akan diulas secara singkat di artikel ini.

9 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Pet Shop

Sebelum benar-benar terjun untuk membuka bisnis, simak dulu apa saja hal-hal yang bisa memengaruhi kesuksesan sebuah bisnis pet shop.

Berikut cara-caranya:

Menyesuaikan produk yang dijual dengan yang dibutuhkan konsumen

Terdapat banyak ragam produk yang bisa ditawarkan dalam sebuah pet shop.

Mulai dari makanan atau pakan hewan, kemudian diikuti dengan kandang, aksesori, peralatan makan, peralatan mandi, perawatan, obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Sebagai pemula di bisnis ini, kamu sebaiknya menentukan dulu apa konsep bisnis dan produk utama yang akan diusung oleh bisnis pet shop milikmu.

Apakah kamu akan fokus menjual pakan hewan? Atau lebih banyak menjual aksesoris mereka?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang sedang dicari oleh para pemilik hewan peliharaan:

  • Komunitas & forum pencinta hewan. Biasanya akan ada banyak diskusi dan tukar pikiran serta pengalaman dalam kelompok-kelompok ini. Kamu pun bisa ikut berpartisipasi dan mencoba menangkap hal-hal apa yang menjadi kebutuhan mereka.
  • Akun media sosial dari pet enthusiasts atau para dokter hewan. Mereka biasanya jauh lebih paham tentang kebutuhan para hewan dibanding orang biasa. Informasi dari mereka bisa kamu gunakan untuk mempelajari produk-produk yang dijual di tokomu.
  • Bisnis-bisnis para kompetitor. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dari aktivitas bisnis para kompetitormu. Kalau bisa, berpartisipasilah dalam kegiatan networking yang diselenggarakan para pebisnis pet shop di area lokasi bisnismu berada.

Produk umum yang disediakan oleh sebuah bisnis pet shop adalah pakan hewan peliharaan.

Kebanyakan toko akan menyediakan pakan untuk anjing, kucing, hamster, ikan, dan burung. Beberapa toko besar juga bisa menyediakan lebih banyak ragam pakan untuk hewan-hewan peliharaan lain.

Produk selanjutnya yang juga lazim dijual adalah aksesoris hewan peliharaan, seperti contohnya kostum, alat grooming, bantal, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Obat-obatan dan aksesoris perawatan juga sebenarnya cukup penting, namun tidak semua pet shop mampu menyediakannya.

Memberikan pelayanan dengan konsep one-stop service

Sebuah pet shop yang hanya menjual pakan dan aksesoris mungkin sudah banyak di kota-kota besar.

Jika kamu ingin menarik perhatian lebih banyak konsumen, kamu bisa memberikan pelayanan ekstra berupa jasa penitipan hewan seperti pet hotel, serta layanan grooming.

Untuk penitipan hewan, kamu akan membutuhkan ruangan khusus yang disertai dengan kandang-kangan sebagai tempat tidur hewan yang dititipkan.

Kamu juga perlu bekerja sama dengan dokter hewan untuk memastikan hewan yang dititipkan dalam kondisi sehat, dan tidak menularkan penyakit ke hewan lain.

Selanjutnya, layanan lain yang bisa anda tawarkan yaitu layanan grooming.

Grooming (biasanya untuk anjing dan kucing) meliputi aktivitas memandikan hewan, merawat bulu hewan, serta memotong kuku mereka.

Untuk menyediakan layanan ini, tentu kamu juga menyiapkan peralatan tambahan, dan memberi pelatihan khusus untuk para pegawai yang nantinya akan merawat hewan-hewan peliharaan tersebut.

Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap hewan

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki kepedulian terhadap kondisi hewan, sebaiknya kamu juga mempekerjakan pegawai dengan minat yang sama.

Hal ini akan memudahkan kamu dan bisnis kamu nantinya untuk berkembang.

Hindari mempekerjakan orang yang tidak mengerti hal-hal dasar tentang hewan, dan enggan belajar bagaimana cara merawat yang baik.

Memiliki kerja sama dengan klinik hewan

Saat bisnis pet shop milikmu mulai stabil, ada baiknya kamu menjalin kerja sama dengan klinik atau rumah sakit khusus hewan.

Ini merupakan bagian dari one-stop service tadi.

Jika ada konsumen yang datang dan ternyata membutuhkan bantuan medis untuk peliharaan mereka, kamu bisa segera bertindak untuk merujuk mereka ke tempat perawatan yang sesuai.

Lebih baik lagi jika bisnis pet shop berada di lokasi yang berdekatan dengan sebuah klinik hewan, dengan seorang dokter hewan yang selalu standby.

Secara rutin berpartisipasi dengan komunitas hewan

Mengikuti kegiatan-kegiatan publik seperti ini bisa dijadikan sebagai bagian “humas” dalam bisnismu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kesempatan networking, sekaligus memperkenalkan nama bisnismu langsung kepada target konsumen.

Jika bisnis sudah stabil, kamu pun bisa menjadi salah satu sponsor di acara-acara tersebut.

Mengelola stok barang dengan baik

Pengaturan stok barang pada tokomu juga tidak boleh terlewatkan.

Lakukanlah pemeriksaan dan stock opname secara rutin. Kamu juga bisa menerapkan metode FIFO (first in, first out) atau FEFO (first expired, first out) untuk mengatur pergerakan barang di tokomu.

Pastikan selalu ketersediaan barang, dan hindari stok barang yang sering kosong jika dibutuhkan konsumen.

Menggunakan layanan online untuk berjualan

Selain mengandalkan toko fisik, kamu juga bisa memanfaatkan penjualan secara online melalui marketplaces (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan sebagainya) atau menggunakan sebuah website sederhana.

Pastikan jumlah stok yang tertera pada marketplaces atau website sama dengan stok yang ada di tokomu, ya.

Memiliki lebih dari satu pemasok (supplier)

Karena bisnismu berfokus pada penyediaan barang-barang kebutuhan hewan peliharaan, maka peran pemasok sangatlah penting.

Para pemasok inilah yang menjadi komponen utama dalam rantai pasokan bisnis milikmu.

Selain memastikan pasokan barang dari pemasok memiliki kualitas yang baik dan dengan harga yang kompetitif, kamu juga harus memiliki pemasok cadangan.

Hal ini untuk menghindari ketergantungan terhadap satu pemasok saja.

Jika pemasok utama kamu sedang berhalangan dan tidak dapat memenuhi kebutuhanmu, sementara permintaan barang-barang sedang naik dan kamu tidak memiliki pemasok cadangan, maka kemungkinan besar para konsumen akan beralih ke pet shop lain.

Melakukan evaluasi kinerja dan kondisi bisnis secara berkala

Lakukanlah evaluasi berkala terhadap kondisi & kinerja bisnis pet shop milikmu.

Hasil evaluasi yang kamu dapat, bisa kamu gunakan untuk memperkirakan kebutuhan dan tantangan bisnis di periode berikutnya.

Hal-hal seperti jumlah penjualan, masalah logistik, pemilihan pemasok, strategi pemasaran, dan lain sebagainya bisa ditentukan berdasarkan hasil evaluasi ini.

Dengan begitu, bisnis pet shop milikmu akan selalu berada di arah yang tepat untuk terus berkembang.

. . .

Sudah Berapa Kunci Sukses yang Kamu Terapkan pada Bisnis Pet Shop Milikmu?

Itulah beberapa rahasia & kunci sukses yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis pet shop.

Mulai dari menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen, menyediakan one-stop service, mengikuti kegiatan-kegiatan komunitas pencinta hewan, mengadakan kerja sama dengan klinik hewan, dan masih banyak lagi.

Tidak ada aturan baku bagaimana mengembangkan sebuah bisnis pet shop yang benar.

Kembangkan bisnis pet shop milikmu sesuai dengan kreativitas dan kemampuan finansial bisnismu, ya.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​