Cara Menaikkan Follower Instagram untuk Bisnis Petshop

Berbagai lini bisnis menggunakan media sosial untuk menjangkau calon konsumen dan mempertahankan konsumen lama. Sebagai pemilik bisnis petshop, kamu juga perlu melakukannya dengan cara menaikkan jumlah follower Instagram bisnis petshop untuk menunjukkan kredibilitas dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Cara Meningkatkan Followers Instagram

Berikut ini 7 cara untuk menaikkan jumlah follower akun Instagram bisnis petshop:

Unggah Konten Secara Teratur

Mengunggah konten secara teratur adalah aturan wajib dalam digital marketing. Penyebabnya adalah karena konsumen senantiasa memastikan eksistensi sebuah bisnis dari konten yang diunggah.

Usahakan kamu mengunggah konten baru setiap hari atau setidaknya dua hari sekali. Jika melakukan cara ini, kamu memberi isyarat pada konsumen bahwa bisnis petshop mu selalu available untuk dihubungi melalui Instagram.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan waktu unggah. Terdapat jam tertentu dimana konten akan mendapat lebih banyak engagement.

Menurut survei, kebanyakan orang membuka aplikasi Instagram ketika melepas penat dari kepadatan aktivitas. Kisarannya adalah pada waktu istirahat makan siang, yaitu pukul 11.00-13.00. Waktu lain adalah selepas bekerja, yaitu pukul 19.00-21.00.

Keterlihatan konten yang kamu unggah oleh para pengguna Instagram tentu akan menambah potensi naiknya follower Instagram bisnis petshop milikmu.

Konten Informatif

Setelah tentang keteraturan waktu unggah, kualitas konten juga tak kalah pentingnya. Kamu perlu mengunggah konten berisi informasi yang dibutuhkan oleh para konsumen atau pengguna Instagram.

Contoh konten yang sesuai, misalnya cara mengusir kutu pada kucing dan anjing, mengatasi kerontokan bulu kucing, pantangan makanan untuk anjing ras tertentu, trik melatih toilet training, dan sebagainya.

Salah satu petshop yang sudah menerapkan strategi ini adalah @/risepet yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Di laman akun Instagramnya, kamu akan melihat berbagai konten yang tidak hanya tentang produk dan layanan, tetapi juga informasi tentang pemeliharaan.

Model yang Menggemaskan

Kamu sebaiknya menggunakan model yang menggemaskan ketika mengunggah konten tentang produk atau layanan yang kamu jual. Model yang dimaksud adalah jenis hewan peliharaan sebagai end user produk atau layanan.

Misalnya, ketika mengunggah konten tentang mangkuk makanan anjing. Tidak hanya foto atau video mangkuk, tetapi ada ada anjing menggemaskan sebagai model. Jika konten tentang layanan grooming, kamu dapat mengunggah betapa menggemaskannya anjing sebelum dan sesudah grooming.

Contoh petshop yang telah menerapkan strategi ini adalah @/petworld.id. Laman profil @petworld.id penuh dengan foto-foto anjing yang melelehkan hati. Sehingga, para pencinta anjing pasti dengan senang hati menjadi follower.

Gunakan Boost Ads

Langkah selanjutnya untuk menambah follower adalah memanfaatkan fitur boost ads yang disediakan oleh Instagram. Ketika kamu mengunggah konten pada Instagram bisnis, kamu akan mendapat penawaran boost.

Ketika kamu menyetujui tawaran tersebut, konten yang kamu unggah dapat muncul di timeline pengguna Instagram yang tidak mengikutimu. Apabila melakukan cara ini, kamu dapat menarik minat mereka untuk menjadi follower.

Pada saat kamu melakukan boost, kamu perlu mengatur beberapa hal agar iklanmu ini optimal. Mulai dari konten terbaik yang akan di boosting, target audiens, hingga durasi dan budget iklan.

Misalnya, kamu menganggarkan Rp 10.000 per hari. Instagram akan menginformasikan berapa kisaran audiens yang dapat kamu jangkau dengan anggaran tersebut.

Program Giveaway

Melakukan giveaway juga menjadi cara untuk menambah follower Instagram. Misalnya, kamu membagikan beberapa produk makanan kucing secara gratis dengan syarat menjadi follower dan membagikan konten tertentu terkait petshop di feed atau story.

Tidak hanya menambah follower, pengguna Instagram yang mengikuti program juga turut mempromosikan petshop ketika membagikan konten tentang petshop milikmu melalui akun Instagram mereka.

Akun Instagram @petshop.id pernah melakukan strategi ini. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menambah follower sekaligus brand awareness dengan cara ini.

Adakan IG Live dengan Ahli

Salah satu strategi menaikkan follower Instagram berikutnya adalah dengan mengadakan Instagram Live. Demi menarik minat konsumen, kamu dapat mengajak ahli untuk melakukan kolaborasi. Misalnya, dengan dokter hewan atau praktisi lainnya.

Namun, ada tips khusus juga ketika kamu menyelenggarakan Instagram Live. Pertama, adakan pada waktu yang tepat, yaitu pada jam traffic Instagram tinggi, misalnya pukul 19.00.

Kedua, buat live yang interaktif, karena tiap pet lover tentu berhadapan dengan kondisi dan masalah yang berbeda, sehingga mereka ingin mendapatkan informasi yang sesuai.

Tentang strategi ini, kamu dapat mencontoh @rvet_animalclinic, sebuah pet shop, pet hotel, sekaligus klinik yang dikelola oleh dokter hewan. Belum lama ini @rvet_animalclinic mengadakan live dengan tema kesehatan anjing dan kucing.

Kampanye Membantu Shelter

Ada banyak binatang yang tidak cukup beruntung dirawat oleh pemilik yang penuh kasih sayang. Para pet lover umumnya suka berdonasi untuk para binatang malang ini.

Sebagai pemilik bisnis petshop, kamu dapat mengajak para konsumen setiamu untuk terlibat bersama memberi bantuan ke shelter. Karena banyak shelter binatang yang dikelola pribadi, sehingga membutuhkan dukungan para pet lover untuk biaya konsumsi dan pengobatan binatang.

Sebagai contoh, akun Instagram @kitten_petshop beberapa kali membuka donasi untuk pengobatan kucing liar yang sakit. Selain itu, @pawzone_petshop juga mendonasikan 10% dari setiap ongkos grooming kepada shelter.

Yuk, Tingkatkan Follower Instagram untuk Akun Petshop Kamu!

Demikianlah 7 cara jitu untuk menaikkan follower Instagram bisnis petshop. Yuk, terapkan cara-cara di atas, agar petshop milikmu menjangkau pasar yang semakin luas!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​