Home » Strategi-bisnis » Cara Brand Dikenal Konsumen Dalam Bisnis Sepatu Anak

Cara Brand Dikenal Konsumen Dalam Bisnis Sepatu Anak

Cara Brand Dikenal Konsumen Dalam Bisnis Sepatu Anak

Brand adalah identitas sebuah produk dan berfungsi untuk membedakan produk milik kamu dari produk kompetitor. Karena itu, banyak pelaku bisnis berusaha dan berlomba-lomba untuk melakukan branding. Tujuannya adalah untuk membuat brand bisnis memiliki keunikan dan bisa dikenal konsumen dan lebih unggul dari kompetitor.

Sebagai seorang pelaku usaha sepatu anak, tentu kamu juga harus memahami bahwa kegiatan branding menjadi salah satu dari kunci kesuksesan bisnis yang sedang kamu jalankan. Namun, bagaimana agar brand mudah dikenal oleh konsumen? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Agar Brand Mudah Dikenal Konsumen

Brand yang sukses adalah brand yang mampu diingat dan dikenal oleh konsumen. Berikut adalah cara agar brand mudah dikenal yang bisa kamu coba terapkan dalam bisnis sepatu anak.

1. Tentukan Keunikan Produk dan Value dari Brand

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menentukan keunikan atau keistimewaan dari produk yang kamu jual. Sepatu memang memiliki fungsi umum sebagai alas dan pelindung kaki. Namun, kamu bisa memberikan sentuhan berbeda yang unik dan mampu membuat produk berbeda dari produk kompetitor. 

Misalnya, selain menawarkan sepatu yang siap pakai, kamu juga melayani pembuatan sepatu anak yang dapat dipesan secara custom oleh konsumen. Kamu memberikan kesempatan untuk orang tua atau bahkan anaknya berkreasi untuk membuat desain sepatu yang sesuai dengan keinginan mereka. 

Hal ini akan memberikan kesan yang istimewa dan eksklusif untuk setiap produk. Kamu juga bisa menonjolkan kualitas dan bahan yang kamu gunakan untuk produk sepatu yang kamu jual. Misalnya, kamu menggunakan produk dengan bahan ramah lingkungan yang saat ini tengah menjadi tren.

Kamu juga bisa menonjolkan value dari brand. Misalnya, bisnis yang kamu jalankan memiliki komitmen untuk setiap produk sepatu anak yang terjual, maka 10% dari hasil penjualan akan disumbangkan kepada anak-anak tidak mampu.

Hal ini akan membuat konsumen memiliki kesan yang baik pada brand. Selain itu, konsumen yang umumnya merupakan orang tua pasti akan merasa tertarik. Karena selain dapat memberikan hadiah untuk si buah hati, mereka juga merasa ikut andil untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung.

2. Pilih Nama Brand yang Mudah Disebut

Cara agar brand mudah dikenal selanjutnya adalah dengan memilih nama yang paling tepat. Nama adalah touchpoint paling pertama yang akan terlihat oleh konsumen. Karena itu, pemilihan nama tidak bisa sembarangan.

Kebanyakan brand sepatu terkenal memiliki nama yang singkat, contohnya adalah Toms dan Nike. Karena nama yang singkat cenderung lebih mudah diingat oleh konsumen. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih nama yang tidak terlalu panjang dan mudah untuk disebutkan. 

Kamu juga bisa memilih kata-kata yang berhubungan dengan anak-anak. Misalnya, kamu ingin membuat nama brand dengan penggabungan dua bahasa asing yaitu “Bebe Shoe”. Dua kata tersebut berasal dari bahasa asing, yaitu Portugis dan Inggris, namun sudah tidak asing di telinga masyarakat lokal dan mudah dilafalkan.

Nama tersebut juga mudah dipahami maksudnya. Konsumen pasti langsung mengerti bahwa produk yang dijual oleh brand kamu adalah sepatu untuk bayi atau anak-anak. Jangan lupa untuk memastikan belum ada brand lain yang menggunakan nama yang kamu pilih, ya!

3. Buat Logo yang Mampu Mencerminkan Produk

Logo adalah cerminan atau simbol dari sebuah brand. Adanya logo juga akan membuat konsumen lebih mudah mengingat sebuah merek. Desain sebuah logo tentu saja harus kamu pikirkan secara matang-matang, karena terdapat banyak elemen yang harus kamu pertimbangkan. 

Umumnya bentuk logo brand sepatu terkenal cenderung sederhana, namun tetap mampu menggambarkan karakteristik merek. Misalnya, logo Adidas yang menyerupai gunung, melambangkan sebuah rintangan. Artinya, Adidas ada untuk membantu konsumennya untuk mengatasi rintangan tersebut.

Logo yang kamu buat juga harus mampu menggambarkan karakteristik brand. Karena produk yang kamu jual ditujukan untuk anak-anak, kamu bisa memilih desain yang terkesan ceria. 

Kamu bisa menggunakan warna terang atau pastel. Contoh warna yang cocok untuk anak-anak adalah hijau. Warna ini cenderung netral dan menjadi lambang dari sifat balita yang manja, ingin disayang, ceria, dan penuh harapan.

Jika mengandung tulisan, kamu bisa menggunakan font dengan bentuk yang menarik, namun mudah dibaca. Contoh font yang bisa kamu jadikan referensi adalah font dalam logo Baskin Robbins. 

Karakter hewan seperti kuda yang menggunakan sepatu juga bisa kamu tambahkan dalam logo. Karena kuda adalah hewan yang memakai sepatu untuk melindungi kakinya, hingga dapat menjadi filosofi dari logo yang kamu buat.

Sudah Tahu Cara Agar Brand Mudah Dikenal Konsumen?

Demikian ulasan mengenai cara agar brand mudah dikenal dan mudah diingat oleh konsumen. Kesimpulannya, branding sangat penting untuk menarik minat konsumen pada produk yang kamu tawarkan. Ingat, sebagus apapun produk yang kamu jual akan percuma jika produk dan brand tidak memiliki nama dan tidak dikenal konsumen.

Karena itu, kamu bisa mengikuti cara-cara di atas jika saat ini kamu sedang menjalan bisnis terutama bisnis sepatu anak. Jangan sampai, karena tidak menerapkan strategi branding yang tepat, kamu justru merugi. Jadi, selamat mencoba dan semoga sukses!


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Brand Dikenal Konsumen Dalam Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​