Home » Strategi Bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi Bisnis Sepatu Anak, Minim Rugi!

Faktor Pemilihan Lokasi Bisnis Sepatu Anak, Minim Rugi!

Tren fesyen anak-anak saat ini nampaknya semakin modis dari hari ke hari. Salah satunya sepatu kekinian yang ciamik. Jika kamu berminat untuk merambah ke dunia usaha sepatu anak, kamu perlu pertimbangkan matang-matang lokasi cabang bisnismu ini. Simak beberapa faktor pemilihan lokasi untuk bisnis sepatu anak yang bisa kamu perhatikan untuk meminimalisir kerugian.

Faktor Pemilihan Lokasi Bisnis Sepatu Anak

Sebelum memutuskan membuka cabang baru, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor pemilihan lokasi yang tepat, seperti berikut ini:

1. Lokasi yang Strategis

Kamu tentu sudah menduga faktor yang satu ini, kan? Meskipun terdengar cliche, namun pemilihan lokasi yang strategis diyakini mampu meningkatkan jumlah konsumen.

Kamu bisa melakukan survei di berbagai lokasi yang dekat dengan keramaian. Misalnya, pinggir jalan raya utama, pasar, hingga mall. Pemilihan lokasi ini juga harus disesuaikan dengan image sepatu yang kamu jual. 

Jika sepatu tersebut tergolong mahal, kamu bisa memilih mall. Pasalnya, pengunjung mall mungkin tidak heran jika menemukan sepatu dengan harga selangit, karena sadar biaya sewa tempat di mall yang tinggi.

Lain halnya jika kamu memproduksi sepatu anak dengan label sendiri. Kamu mungkin lebih cocok membuka kios di pinggir jalan raya utama. Karena kamu bisa leluasa mendekor kios tersebut sesuai brand image, tanpa khawatir dengan aturan-aturan khusus seperti di mall.

Sementara itu, harga sewa ruko di mall juga berbeda-beda, tergantung kelas mall yang kamu pilih.

Melansir Bisnis.com, harga sewa ruko di mall kelas atas berkisar Rp 630.000/m²/bulan pada kuartal IV/2019. Angka ini diprediksi naik hingga Rp 780.000/m²/bulan pada tahun 2023.

Sedangkan mall kelas menengah mematok harga Rp 300.000/m²/bulan pada tahun 2019-2023. Disusul dengan mall kelas menengah kebawah yang lebih terjangkau yakni Rp 240.000-Rp 250.000/m²/bulan pada tahun 2019-2023.

Sementara itu, harga sewa ruko dengan akses mudah seperti di pinggir jalan raya juga beragam. Sebagai gambaran, ruko 1 lantai di dekat Mall Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, seluas 36 m² dibanderol hingga Rp 25.000.000/tahun.

Harga sewa ruko tentu berbeda-beda tergantung letak demografinya. Semakin ramai suatu daerah, semakin tinggi pula harga sewanya. Kamu bisa melakukan riset harga sewa ruko di berbagai platform, seperti Facebook, Olx, Lamudi, dan sebagainya.

2. Akses Jalan dan Parkir

Akses jalan dan parkir jadi faktor pemilihan lokasi yang tidak bisa kamu anggap enteng. Jika kamu membuka cabang di mall atau pasar, kamu boleh mengabaikan hal ini. Namun, jika kamu menyewa ruko, kamu perlu mengecek secara langsung akses jalan sampai ke ruko tersebut.

Apakah akses jalannya melalui gang kecil? Apakah jalan tersebut bisa dilalui dua kendaraan seperti mobil atau truk?

Pasalnya, hal ini akan berimbas pada saat supplier memasok barang. Jangan sampai karena akses jalan yang sulit, justru menimbulkan permasalahan baru.

Selanjutnya, yaitu lahan parkir. Pastikan ruko tersebut memiliki lahan parkir yang memadai. Jika lahan parkirnya luas, konsumen bisa parkir dengan nyaman. Sebaliknya, lahan parkir tidak luas berpotensi menurunkan minat konsumen berkunjung ke ruko lantaran bingung hendak parkir dimana.

Akses jalan dan parkir ini setidaknya mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen, karyawan, dan supplier, seperti dilansir dari Entrepreneur.

3. Lokasi Tidak Banyak Kompetitor

Faktor pemilihan lokasi selanjutnya, yaitu berkaitan dengan kompetitor. Jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang tidak banyak kompetitor dengan bisnis yang sama.

Kamu pasti tidak ingin konsumenmu lari ke toko sebelah karena merasa harganya lebih terjangkau atau modelnya lebih hits, kan?

Di sisi lain, kamu bisa mencari peluang dengan memilih lokasi yang dekat dengan bisnis yang menunjang kebutuhan sepatu anak ini. Misalnya, toko sepatumu berdekatan dengan toko baju anak, mainan anak, dan peralatan sekolah.

Bukan tidak mungkin apabila konsumen toko tersebut juga berpotensi menjadi konsumenmu. Terutama saat tahun ajaran baru, biasanya anak-anak akan membeli sederet perlengkapan sekolah. Nah, mereka mungkin perlu membeli sepatu baru sehingga mampir ke tokomu.

4. Sejarah Lokasi atau Bangunan

Apakah kamu mengincar lokasi atau bangunan yang sebelumnya pernah dijadikan tempat usaha? Kamu bisa mencari tahu bagaimana perkembangan bisnis di lokasi tersebut kepada pemilik sebelumnya.

Apakah bisnis tersebut gagal? Mengapa bisa demikian? Apakah jenis bisnis ini kurang disukai oleh masyarakat?

Cari tahu sebanyak mungkin informasi terkait lokasi tersebut sehingga kamu bisa menyimpulkan apakah lokasi tersebut yang kurang potensial atau bisnis yang kurang diminati masyarakat.

Jika masalahnya ada pada jenis bisnis yang beroperasi, kamu perlu mempersiapkan strategi-strategi untuk menarik konsumen.

Sudah Siap untuk Membuka Cabang Dengan Lokasi Toko Sepatu Anak Terbaik?

Itu beberapa faktor pemilihan lokasi yang perlu kamu perhatikan apabila hendak memperluas bisnis sepatu anak. Pemilihan lokasi memang sangat krusial dalam bisnis, terutama jika kamu masih membayar sewa tempat.

Kamu tentu tidak ingin salah pilih lokasi sehingga bisnis sepi konsumen. Apalagi sampai rugi. Persiapkan waktumu untuk survey lokasi, karena memang proses ini cukup memakan waktu.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​