Home » Strategi Bisnis » 7 Ide Desain Toko Sepatu Anak yang Banyak Disukai

7 Ide Desain Toko Sepatu Anak yang Banyak Disukai

Penampilan toko sepatu anak adalah daya tarik tersendiri bagi calon konsumen anak maupun orang dewasa. Selain itu, desain toko sepatu anak juga akan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan dalam pengalaman berbelanja.

Oleh karenanya, konsep desain toko sepatu anak menjadi hal yang strategis untuk direncanakan dengan matang. Penggunaan desain yang unik tentu akan menciptakan kenangan berbelanja yang berkesan.

7 Ide Desain Toko Sepatu Anak dan Perkiraan Biayanya

Berikut ini beberapa ide desain toko sepatu anak yang dapat menjadi inspirasimu:

1. Lukisan Dinding jadi inspirasi desain kekinian

Belakangan ini masyarakat sangat menyukai tempat wisata yang melibatkan lukisan dinding tiga dimensi atau mural. Menerapkan hal ini di toko sepatu anak tentu akan membuat pengalaman berbelanja menjadi semakin menarik.

Lukisan karakter animasi yang sesuai dengan tema toko dapat menjadi pilihan tepat. Misalnya, kamu menerapkan tema kebun binatang, kamu dapat membuat lukisan pepohonan dan singa di dinding.

Penyedia jasa lukis mural umumnya mematok harga dengan 2 cara, yaitu per meter persegi atau per bidang gambar. Kisaran biayanya adalah Rp 200.000 hingga Rp 500.000 tergantung kerumitan dan pengalaman pelukis.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat mencari jasa pelukis mural di kotamu melalui tokopedia atau e commerce lainnya.

2. Cermin untuk Mendukung Display Toko Sepatu 

Cermin adalah properti toko sepatu anak yang tak boleh terlewatkan. Selain berfungsi untuk mengecek penampilan, cermin juga dapat menciptakan efek ruangan yang luas.

Berkaitan dengan penempatan cermin, ada hal yang perlu menjadi pertimbangan penting, yaitu keamanan anak-anak.

Alih-alih menggunakan standing cermin yang umum ditempatkan di ujung rak sepatu, gunakanlah cermin yang menyatu dengan dinding atau kursi. Cara ini akan memastikan cermin tidak akan bergeser dan membahayakan anak-anak.

Harga cermin biasanya dihitung per lembar dengan ketebalan tertentu. Sebagai gambaran, harga selembar cermin seukuran tinggi orang dewasa adalah Rp 100.000.

Namun, apabila kamu ingin membuat cermin menjadi bagian dari dekorasi, misalnya seukuran dinding, tentu kamu perlu merogoh kocek lebih dalam.

3. Kursi dan Sofa Stool jadi Faktor Kenyamanan

Kursi di toko sepatu memiliki peran yang strategis. Orang-orang biasanya tak hanya duduk untuk mencoba sepatu, tetapi juga menikmati kursi yang empuk sembari menyisir deretan sepatu di rak dengan mata.

Oleh karena itu, setidaknya ada dua hal yang perlu kamu perhatikan dalam penentuan desain kursi. Pertama, pilihlah bahan yang nyaman seperti bahan sofa dengan desain yang menyatu dengan tema toko sepatu anak.

Kedua, pastikan kursi berada pada posisi yang tepat agar konsumen mudah memandang seluruh isi toko ketika sedang duduk, misalnya di tengah toko. Hal ini tentu akan membuat konsumen merasa lebih leluasa dan puas.

Kamu bisa menempatkan deretan sofa kecil atau stool di tengah toko. Harga stool minimalis adalah sekitar Rp 275.000,00 hingga Rp 815.000,00 per buah.

4.   Custom Design Rak Sepatu

Kembali pada contoh tema kebun binatang, kamu dapat membuat rak dengan tema batang-batang pohon atau kereta. Anak-anak akan mengingat tokomu sebagai tempat yang seru.

Rak dengan tema khusus seperti ini dapat kamu pesan secara custom bersamaan dengan jasa desain interior, apabila kamu menggunakan paket design and build.

Namun, kamu juga bisa memesannya melalui penyedia jasa pembuatan perabotan. Harga perabot pesanan khusus umumnya menyesuaikan dengan dimensi. Sekarang ini, harga pembuatan rak per meter adalah sekitar Rp1.700.000.

5. Desain Toko Sepatu dengan Bahan Lantai Ramah Anak

Alih-alih membiarkan lantai tetap polos, kamu dapat lebih bervariasi dengan menggunakan stiker lantai atau vinyl. Bahan ini juga memiliki kelebihan, yaitu tidak akan licin apabila ada tumpahan air, sehingga aman untuk anak-anak.

Harga vinyl cukup bervariasi tergantung merek, ukuran, dan ketebalan. Sebagai gambaran, vinyl dengan ukuran lebar 15,24 cm dengan panjang 91,44 cm dan ketebalan 1,8 mm dibanderol dengan harga Rp 284.000 per box.

6. Toko Sepatu dengan Tema Playground

Desain toko sepatu anak tentu haruslah ramah anak. Jadi, setelah menyusun semua properti utama, kamu perlu menambahkan properti pendukung, yaitu playground.

Kamu dapat menempatkan beberapa mainan besar di sudut toko yang sesuai dengan tema toko. Misalnya, terowongan mainan berbentuk karakter ulat atau jungkat-jungkit berbentuk kupu-kupu.

Jangan lupa juga untuk meletakkan kursi di dekat playground agar orang tua dapat mengawasi anak-anak dengan nyaman ketika bermain setelah berbelanja.

Harga berbagai mainan yang masuk kategori big toys indoor ini adalah sekitar Rp 1.000.000,00 hingga Rp 8.000.000,00

7. Patung Karakter

Terakhir, masih dari properti pendukung untuk desain toko sepatu anak, yaitu patung karakter yang sesuai dengan tema toko. 

Kamu pasti pernah melihat girangnya anak-anak ketika bertemu karakter favorit mereka ketika sedang jalan-jalan di mall. Kamu juga bisa hadirkan karakter tersebut demi menambah keceriaan anak-anak ketika berbelanja.

Sebagai saran, kamu bisa tempatkan patung karakter di pintu masuk toko untuk menyambut kedatangan para konsumen. Selain itu, kamu juga bisa menempatkannya di dekat kasir untuk menambah kenangan ketika bertransaksi.

Harga patung dari bahan styrofoam bervariasi tergantung ukuran dan kompleksitas bentuknya. Kisaran harganya adalah sekitar Rp 3.000.000 untuk patung berukuran 150 cm.

Yuk, Terapkan Ide Desain Toko Sepatu yang Unik!

Semoga beberapa ide desain di atas dapat menjadi sumber inspirasi bagi toko sepatu anak yang sedang kamu kembangkan. Jangan lupa untuk terus berimprovisasi agar pengalaman berbelanja para konsumen menjadi semakin berkesan!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​