Home » Strategi Bisnis » Karakter Karyawan yang Dicari untuk Bisnis Sepatu Anak

Karakter Karyawan yang Dicari untuk Bisnis Sepatu Anak

Karakter karyawan seperti apa yang baik dan sesuai untuk membantu menjalankan sebuah bisnis sepatu anak?

Semua bisnis yang berkembang sudah hampir pasti membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu kegiatan operasional sehari-hari.

Ini termasuk pada bisnis sepatu anak.

Setiap karyawan tentu memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda-beda.

Nah, bagaimana kamu sebagai seorang pemilik bisnis memilih karyawan yang tepat untuk bisnis sepatu anak milikmu?

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mempekerjakan para karyawan tersebut?

Karakter Karyawan yang Tepat untuk Bisnis Sepatu Anak

Tentu saja sifat jujur dan cekatan merupakan aspek utama dalam karakter karyawan yang dicari oleh para pemberi kerja.

Tetapi apakah itu saja sudah cukup? Apa lagi aspek pada karakter yang perlu kamu perhatikan saat memilih karyawan untuk bisnis sepatu anak?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, saat memilih karyawan dan saat memutuskan untuk meneruskan karyawan tersebut sebagai pegawai tetap.

Silakan disimak!


1. Memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai produk sepatu anak

Seorang karyawan yang baik tentu saja perlu mengetahui produk yang dijual, dalam hal ini adalah sepatu anak.

Dari mulai bagian kasir, pramuniaga, hingga ke customer service yang bertugas, ada baiknya karyawan tersebut memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai produk sepatu anak yang dijual bisnismu.

Paling tidak, mereka mengetahui nama-nama produk yang dijual.

Khususnya untuk posisi pramuniaga dan customer service.

Pengetahuan mengenai produk, atau product knowledge, meliputi varian sepatu anak, rentang harga jual, dan bahan pembuat sepatu anak.

Jika karyawan tersebut belum pernah bekerja pada bisnis sepatu anak, setidaknya karyawan tersebut memiliki keinginan untuk belajar.

Dengan begitu, konsumen yang datang ke toko maupun yang bertanya via online, mendapatkan pelayanan yang prima dari karyawan bisnismu.


2. Memperhatikan hal-hal penting dan detail

Seorang karyawan yang baik biasanya juga akan memperhatikan hal-hal kecil yang bisa ditingkatkan pada toko sepatu anak milikmu.

Misalnya, saat observasi stok, karyawan tersebut menemukan ada produk yang rusak, atau penempatan produk sepatu anak yang kurang tepat.

Karyawan yang baik akan berinisiatif untuk membenahi tempat penyimpanan tersebut, atau melaporkan produk yang rusak.

Begitu juga dengan karyawan di toko; jika ada posisi rak atau lemari etalase yang menyulitkan pergerakan konsumen, tentu karyawan yang baik akan berusaha membetulkan posisi rak tersebut.

Hal-hal seperti ini biasanya jarang dipantau oleh pemilik bisnis, padahal karyawan yang jeli melihat hal-hal tersebut biasanya adalah bibit-bibit karyawan yang berpotensi menjadi karyawan teladan.


3. Memahami karakter konsumen

Karyawan yang baik adalah karyawan yang juga mampu mengenali & memahami karakter konsumen, yang mana dalam bisnis ini, konsumennya adalah anak-anak dan orang tuanya.

Pekerjaan yang akan banyak menghadapi konsumen adalah pramuniaga dan customer service.

Karyawan-karyawan tersebut sebaiknya bisa mengenali karakter dan keinginan tiap konsumen yang datang berkunjung, atau yang bertanya melalui layanan konsumen.

Apakah konsumen hanya sekadar bertanya, atau bertanya karena membutuhkan informasi secepatnya?

Apa konsumen hanya ingin melihat-lihat koleksi toko, atau ternyata ingin segera membeli sepatu?

Bagaimana kondisi sang anak, apakah anak tersebut menyukai warna sepatu yang dipilihkan orang tuanya? Atau sang pramuniaga perlu memberikan opsi warna lain yang mungkin lebih disukai si anak?

Hal-hal tersebut membutuhkan kejelian serta ketulusan seorang karyawan, untuk membantu konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik; terlepas dari konsumen tersebut akhirnya jadi membeli sepatu atau tidak.

Jika karyawan bisa tetap bersikap profesional dan ramah, tentu saja karyawan tersebut memiliki karakter yang tepat untuk bisnis sepatu anak milikmu.


4. Memiliki pengetahuan tentang tren terkini

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat memilih karyawan dan memutuskan untuk menjadikan karyawan tersebut sebagai pegawai tetap, adalah kemampuan karyawan untuk memahami tren sepatu anak terkini.

Ini merupakan nilai tambah bagi seorang karyawan.

Pemilik bisnis perlu memperhatikan apabila karyawan yang kamu pilih memahami betul mengenai tren sepatu anak yang sedang banyak digemari sekarang.

Model sepatu anak seperti apa yang sedang laris? Warna apa yang sedang digemari? Jenis bahan sepatu apa yang paling banyak disukai dan dibeli oleh para orang tua?

Jika karyawan tersebut mengetahui hal-hal di atas, maka posisi yang tepat untuknya adalah sebagai pramuniaga/sales, atau customer service.


Sudah Siap Menemukan Karakter Karyawan yang Tepat untuk Bisnis Sepatu Anak?

Karyawan yang baik tentu saja memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan sebuah bisnis.

Oleh karena itu, persiapkanlah proses pencarian karyawan sebaik mungkin, dan jangan lupa masukkan faktor karakter karyawan ke dalam penilaian tersebut.

Kamu bisa gunakan aspek-aspek di atas sebagai parameter saat akan memilih, atau memutuskan status karyawan tersebut ke depannya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​