9 Kiat Sukses dalam Bisnis Sepatu Anak

Sukses berbisnis tidak bisa diraih dengan instan. Kita semua sepakat bahwa bisnis yang sukses membutuhkan proses yang panjang. Lihat saja brand-brand besar seperti Apple, Windows, atau startup Unicorn seperti Gojek dan Tokopedia. Semuanya memiliki proses yang panjang sebelum bisa menjadi brand besar. Begitupun dalam bisnis sepatu anak. Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan.Ada beberapa kiat yang wajib kamu lakukan agar sukses bisnis sepatu anak.

9 Kiat Sukses Bisnis Sepatu Anak

Ada 9 kiat sukses yang bisa kamu lakukan untuk bisnis sepatu anak. Apa saja kiat suksesnya? Berikut ulasannya:

1.  Tetapkan Tujuan Bisnis Sepatu Anak

Kiat pertama yang harus kamu lakukan untuk sukses bisnis sepatu anak adalah menetapkan tujuan kamu. Banyak orang mengira tujuan utama bisnis adalah membuat profit sebanyak-banyaknya.

Namun, tujuan utama bisnis adalah menghasilkan dan menjaga pelanggan untuk terus menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Di dalam bisnis sepatu anak, kamu bisa tetapkan tujuan, yaitu mencapai target customer.

Bisa dimulai dari target customer di lingkungan sekitarmu, kemudian merambah ke jangkauan customer yang lebih luas. Hal ini juga berlaku jika kamu berjualan secara online. Pastikan target customer bisa mencapai produk kamu dengan mudah.

2. Memastikan Kepuasan Customer Bisnis

Tujuan dari bisnismu adalah menciptakan dan menjaga customer. Hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai ini adalah membuat customer kamu puas dengan produk atau jasa serta pelayanan yang kamu berikan.

Pada bisnis sepatu anak, pastikan kamu memberikan mereka produk dengan kualitas terbaik. Pengemasan produk dengan cantik juga bisa menjadi salah satu cara memuaskan pelanggan.

Kamu juga bisa menambahkan kartu ucapan terima kasih, karena sudah membeli produkmu. Ini membuat customer merasa lebih diistimewakan. 

3. Analisa Kompetitor Bisnis Sepatu Anak

Jangan pernah takut berhadapan dengan kompetitor! Apapun bidang bisnis yang kamu geluti, kompetitor pasti akan selalu ada. Sebaliknya, kompetitor hadir untuk membuat bisnis kamu semakin baik. 

Cobalah membuat analisa kompetitor, apa kekurangan serta kelebihan mereka, strategi apa yang mereka gunakan. Hindari kesalahan yang dibuat oleh kompetitor dan terapkan strategi baik milik mereka untuk membuat bisnis kamu semakin baik di mata customer

4. Pahami Risiko Bisnis

Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah memahami resiko. Perhitungkan berbagai resiko dan skenario sebelum bertindak atau mengambil keputusan dalam bisnis. 

Cara ini pun akan sangat membantu kamu untuk membuat manajemen krisis ketika terjadi masalah dalam bisnis kamu di masa depan. Memahami resiko juga membantu kamu untuk lebih jeli melihat peluang. 

5. Terapkan Strategi Bisnis yang Tepat

Di dalam dunia yang cepat berubah dan persaingan agresif, kamu harus menerapkan strategi yang tepat serta mempraktikkan peningkatan berkelanjutan di bisnis sepatu kamu.

Pada bisnis, kamu pasti mengenal pepatah “kalau kamu tidak semakin baik, artinya kamu semakin buruk.” Oleh karena itu, peningkatan di berbagai aspek bisnis sangat penting untuk dilakukan. Beberapa contoh aspek yang bisa ditingkatkan dalam bisnis sepatu anak, yaitu kualitas layanan atau kecepatan pengiriman barang. 

6. Kreasi Bisnis Sepatu Anak Kamu

Kamu harus selalu mencari cara untuk meningkatkan bisnis dan membuat bisnis kamu lebih menonjol dari kompetitor. Ada banyak sekali perusahaan yang membuat inovasi untuk memperoleh lebih banyak pendapatan.

Sebagai contoh, yakni Amazon. Perusahaan ini dimulai sebagai penjual buku dan tumbuh menjadi raksasa e-commerce. Salah satu cara utama Amazon menghasilkan uang adalah membuat bisnis di bidang marketplace. Di dalam bisnis sepatu anak kamu juga bisa merambah bisnis ke produk pakaian khusus anak. 

7. Tetap Fokus

Ketika memulai bisnis, kamu pasti akan menemui banyak rintangan, seperti penjualan yang rendah atau bahkan tidak ada penjualan sama sekali. Banyak pengusaha kecil yang bahkan belum mendapatkan keuntungan selama bertahun-tahun bisnis. 

Kebanyakan dari mereka menggunakan uang yang diperoleh untuk menutupi biaya bisnis di awal. Bisnis memang tidak serta merta bisa langsung menghasilkan uang. Butuh banyak waktu agar customer mengenal brand kamu. Oleh karena itu, tetaplah fokus untuk mencapai tujuan bisnis kamu meski pemasukan masih minim.

8. Siap-siap Berkorban 

Memulai sebuah bisnis berarti kamu sudah siap untuk bersedia bekerja keras, karena faktanya membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah. Butuh banyak sekali waktu, tenaga, dan uang yang dihabiskan untuk memulai sebuah bisnis. 

Bisnis bisa membuatmu kehilangan waktu dan momen penting bersama keluarga dan teman. Kamu harus bisa siap dengan konsekuensi ini. Banyak perusahaan besar dimulai dengan para pemiliknya yang mengorbankan banyak waktu, tenaga, dan uang dalam mengembangkan bisnis. 

Sebagai contoh, startup terkenal akan pekerjaannya yang gila-gilaan, namun hasil yang mereka dapat bisa sangat menguntungkan. Terbukti saat ini banyak perusahaan yang bermula dari startup akhirnya mampu memegang posisi strategis dalam industri serta menghasilkan omset triliunan rupiah.

9. Jadilah Konsisten

Konsistensi adalah kunci penting dalam bisnis. Bisnis yang baik adalah buah dari konsistensi sang pemilik yang terus menerus bekerja untuk mengembangkan bisnis mereka agar lebih bertumbuh. 

Jika perlu, kamu melakukan promosi produk sepatu anak di sosial media setiap hari. Ini akan menciptakan kebiasaan positif jangka panjang yang akan membantu kamu menghasilkan profit jangka panjang.

Terapkan Kiat Sukses Untuk Bisnis Kamu dari Sekarang!

Kiat sukses dalam bisnis sejatinya adalah hal-hal dasar yang harus dilakukan oleh pengusaha atau pebisnis. Namun, banyak dari mereka yang tidak tahu dasar-dasarnya sehingga seringkali berbuat kesalahan. Oleh karena itu, terapkan kiat sukses bisnis ini sedini mungkin.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​