Home » Strategi Bisnis » Mengenal Mitigasi Risiko dalam Bisnis Sepatu Anak dan Cara Menerapkannya

Mengenal Mitigasi Risiko dalam Bisnis Sepatu Anak dan Cara Menerapkannya

Pernahkah kamu mendengar istilah mitigasi risiko? Setiap bisnis pasti akan menemui berbagai ancaman dan risiko, termasuk juga bisnis sepatu anak. Risiko dan ancaman ini dapat diatasi dengan sebuah strategi yang dikenal dengan mitigasi risiko (risk mitigation) bisnis.

Apa itu mitigasi risiko dan bagaimana cara menerapkannya? Kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengupas tuntas cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menerapkannya.

Apa itu Mitigasi risiko?

Mitigasi risiko adalah strategi yang digunakan untuk meminimalisir dampak yang dihasilkan dari ancaman dalam suatu bisnis. Maksudnya, langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi dampak negatif dari risiko ancaman yang diterima dalam suatu bisnis. 

Contoh Mitigasi risiko

Beberapa contoh ancaman dalam bisnis, yaitu cyber attack pada perusahaan teknologi, cuaca, serta penyebab kerusakan fisik maupun digital lainnya.

Mitigasi risiko sendiri adalah salah satu elemen manajemen risiko dan penerapannya pun bisa berbeda-beda di masing-masing perusahaan ataupun organisasi.

Tujuan Mitigasi risiko

Rencana mitigasi risiko yang tepat akan mempertimbangkan dampak dari setiap risiko dan memprioritaskan perencanaan di sekitar dampak tersebut.

Mitigasi risiko berfokus pada beberapa bencana dan digunakan untuk situasi dimana ancaman tidak dapat dihindari sepenuhnya.

Daripada merencanakan untuk menghindari risiko, mitigasi lebih berfokus pada manajemen dampak dari bencana. Kemudian, melakukan langkah-langkah yang dapat diambil sebelum peristiwa terjadi untuk mengurangi dampak yang merugikan dan punya potensi jangka panjang.

Idealnya, sebuah bisnis termasuk bisnis sepatu anak akan menghadapi semua risiko dan ancaman. Jika risiko dan ancaman tersebut tak dapat dihindari sepenuhnya, maka mitigasi risiko adalah solusinya.

5 Langkah Penerapan Mitigasi risiko

Ketika kamu berencana untuk membuat mitigasi risiko dalam bisnis sepatu anak, ada lima langkah yang bisa kamu lakukan.   

1. Identifikasi Semua Kemungkinan risiko yang Akan Terjadi.

Strategi mitigasi risiko tidak hanya memperhitungkan prioritas dan perlindungan data-data penting sebagai misi dari setiap bisnis, tetapi memperhitungkan setiap risiko yang mungkin timbul karena sifat lapangan atau lokasi geografis. Strategi mitigasi risiko  juga harus mempertimbangkan karyawan organisasi dan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, bisnis sepatu anak milikmu berada di wilayah dengan curah hujan tinggi, maka usahakan menyimpan stok sepatu di tempat yang aman dari jamur. Jika muncul jamur, tindakan apa yang kamu ambil untuk mengatasinya? Misalnya, membersihkannya dari jamur atau melakukan penjualan dengan harga lebih murah.

2. Lakukan Penilaian risiko

Penilaian risiko biasanya melibatkan kuantifikasi tingkat risiko dalam peristiwa yang diidentifikasi. Penilaian risiko juga melibatkan tindakan, proses, dan kontrol untuk mengurangi dampak risiko.

Sebagai contoh dalam bisnis sepatu anak di Indonesia, kamu bisa pertimbangkan dampak yang diakibatkan dari risiko jamur dan bagaimana penyelesaiannya, tindakan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

3. Prioritaskan risiko

Hal ini melibatkan peringkat risiko yang terukur dalam hal tingkat keparahannya. Salah satu aspek mitigasi risiko adalah penentuan prioritas untuk menerima sejumlah risiko di satu bagian bisnis atau perusahaan, untuk melindungi bagian lain dengan lebih baik.

Ketika menetapkan tingkat risiko yang dapat diterima untuk area yang berbeda. Sebuah bisnis dapat mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan dengan lebih baik, sambil menempatkan lebih sedikit fungsi misi perusahaan di bagian belakang.

Buat skala prioritas untuk masing-masing risiko yang mungkin akan kamu hadapi. Misalnya, skala prioritas level satu adalah menurunnya pelanggan, level dua adalah risiko sepatu yang ditumbuhi jamur, dan level tiga atau level tertinggi adalah bencana alam.

Prioritas ini akan membantu kamu untuk menentukan risiko mana yang harus diselesaikan lebih dahulu jika ada dua risiko yang hadir secara bersamaan.  

4. Melacak risiko

Melacak risiko ini melibatkan pemantauan risiko saat risiko tersebut berubah dalam tingkat keparahan atau relevansinya dengan organisasi. Penting untuk memiliki metrik yang kuat untuk melacak risiko seiring perkembangannya dan untuk melacak kemampuan rencana untuk memenuhi persyaratan kepatuhan.

Pada bisnis sepatu anak, kamu bisa melacak risiko-risiko apa yang sekiranya akan terjadi, bagaimana dampaknya terhadap bisnismu, serta bagaimana cara menyelesaikan dampak yang diakibatkan dari risiko tersebut.

Misalnya, angka penjualan sepatu anak jenis A tiba-tiba menurun, maka kamu harus melacak risiko yang akan terjadi jika keadaan ini terus berlanjut. Mulai dari kesulitan bayar listrik, air, sewa toko, gaji pegawai, hingga kebangkrutan.

Maka, untuk mengatasi dan menyelesaikan dampak tersebut, kamu harus memberikan diskon untuk produk sepatu A. Meskipun keuntungan tipis, namun setidaknya stok sepatu tidak akan menumpuk di gudang yang berpeluang rusak.

5. Menerapkan dan Memantau Kemajuan

Lakukan evaluasi ulang terhadap efektivitas rencana dalam mengidentifikasi risiko dan tingkatkan sesuai kebutuhan. Pada perencanaan kesinambungan bisnis, pengujian rencana sangat penting. 

Begitu juga perencaaan untuk mitigasi risiko. Pengujian dan analisis rutin harus dilakukan untuk memastikan rencana tersebut mutakhir dan berfungsi dengan baik. Risiko yang dihadapi pusat data terus berkembang sehingga rencana mitigasi risiko harus mencerminkan setiap perubahan risiko atau pergeseran prioritas risiko.

Sudah Siap Menerapkan Mitigasi risiko dengan Benar?

Mitigasi risiko tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar, tetapi juga dibutuhkan dalam bisnis kecil maupun UMKM karena hal ini menyangkut keberlangsungan dari bisnis itu sendiri.

Identifikasi risiko dan ancaman dalam bisnis kamu, lalu sesuaikan mitigasi risiko seperti apa yang akan kamu terapkan.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​