Home » Strategi Bisnis » Pentingnya Peran Customer Service di Bisnis Sepatu Anak

Pentingnya Peran Customer Service di Bisnis Sepatu Anak

Pada sebuah bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen, peran customer service adalah krusial; tidak terkecuali pada bisnis sepatu anak.

Tidak jarang kita perhatikan bahwa pelayanan terhadap konsumen yang baik, dapat membangun image positif terhadap sebuah bisnis.

Sebaliknya, pelayanan yang kurang memuaskan bisa berujung pada sepinya pelanggan yang datang. Hal ini sudah pasti merugikan bisnismu.

Lantas, apa sebenarnya peran yang dipegang oleh customer service dalam sebuah bisnis? Seberapa penting peran tersebut dalam mengembangkan bisnis sepatu anak?

Pentingnya Peran Customer Service di Bisnis Sepatu Anak

Peran customer service pada semua jenis bisnis selalu ada.

Tetapi tidak semua pemilik bisnis menganggap peran ini penting bagi kelangsungan bisnis mereka.

Faktanya, banyak juga lho bisnis yang akhirnya dijauhi konsumen dan berujung merugi karena memiliki pelayanan konsumen yang kurang baik.

Nah, berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai apa itu pekerjaan customer service, dan apa dampaknya dalam aktivitas operasional sebuah bisnis sepatu anak.

Silakan disimak!


1. Apa itu Customer Service?

Dalam bisnis sepatu anak, customer service adalah sebuah sub-unit kerja yang bertugas melayani keperluan konsumen, baik sebelum maupun sesudah melakukan transaksi.

Berbeda dengan pramuniaga yang bertugas menemani dan melayani konsumen saat berbelanja di toko fisik, customer service bertugas melayani semua keperluan konsumen dari awal sebelum konsumen datang, hingga setelah konsumen pergi.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengunjungi sebuah toko sepatu anak, kamu mungkin tidak tahu jam berapa toko tersebut beroperasi dan apakah model yang kamu cari tersedia di sana.

Nah, kamu bisa menghubungi nomor kontak layanan konsumen toko sepatu anak tersebut, dan menanyakan hal-hal yang kamu ingin ketahui.

Kemudian, jika setelah pembelian sepatu anak dan kamu menemukan kerusakan, kamu akhirnya perlu menghubungi toko kembali untuk bertanya perihal garansi.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu, itulah tugas seorang customer service.


2. Peran Customer Service dalam Bisnis Sepatu Anak

Customer service, kasir, admin toko, dan pramuniaga adalah empat jenis pekerjaan yang sebenarnya berbeda dan memiliki fungsi masing-masing.

Lalu, apa saja sebenarnya tugas dan peran seorang customer service?


Mengetahui informasi tentang toko dan bisnis sepatu anak

Seorang customer service harus mengetahui informasi tentang toko dan bisnis sepatu anak secara keseluruhan.

Sebagai contoh, seperti disebutkan sebelumnya jika ada konsumen yang menghubungi dan menanyakan alamat toko serta jam operasional, maka customer service yang harus menjawabnya dengan benar.

Jika bisnis sepatu milikmu memiliki beberapa cabang, customer service juga harus mengetahui informasi mengenai cabang-cabang tersebut.

Informasi seperti alamat, nomor telepon, nomor layanan chat, alamat e-mail, serta informasi dasar lainnya harus bisa disediakan customer service kepada konsumen yang membutuhkan.


Mengetahui informasi dasar mengenai produk dan harga

Serupa dengan peran seorang pramuniaga, customer service juga sebaiknya mengetahui beragam produk yang disediakan oleh toko sepatu anak tersebut.

Tidak lupa juga mengenai detail harga dari masing-masing produk.

Biasanya konsumen akan bertanya mengenai hal-hal tersebut melalui telepon, e-mail, dan aplikasi chat seperti WhatsApp dan Telegram.

Customer service sebaiknya memiliki daftar semua informasi produk (foto, warna, ukuran, dan jenis bahan) berikut harganya dalam sebuah aplikasi komputer seperti Excel atau Google Sheet, yang bisa diakses sewaktu-waktu & digunakan untuk menjawab pertanyaan konsumen.


Memahami program promosi dan event yang diadakan bisnis sepatu anak

Konsumen juga akan bertanya terlebih dahulu mengenai program promosi, dan event yang diadakan oleh bisnis sepatu anak.

Customer service diharapkan untuk selalu up to date mengenai semua bentuk promosi yang dijalankan oleh tim pemasaran; baik itu secara offline maupun online.


Memahami prosedur pengajuan garansi dan juga informasi after sales service

Hal terakhir dan yang cukup penting untuk disediakan oleh customer service kepada para konsumen adalah informasi mengenai masa garansi & informasi after sales.

Konsumen biasanya akan kembali menghubungi toko sepatu anak setelah mereka selesai membeli produk.

Seorang customer service yang baik biasanya sudah memiliki semua informasi tersebut, dan mengerti betul kebijakan bisnis mengenai garansi dan peraturan lainnya.

Dengan begitu, konsumen akan selalu terlayani dengan baik dan puas dengan pelayanan yang diberikan.


Apakah Bisnis Sepatu Anak Milikmu Sudah Memiliki Customer Service?

Itulah pembahasan singkat mengenai peran customer service dalam bisnis, terutama pada bisnis sepatu anak.

Customer service adalah tombak utama, dan berada di garda paling depan yang selalu harus siap & bersikap profesional dalam berhadapan dengan konsumen.

Jangan sepelekan peran mereka, ya.

Customer service yang cakap pasti bisa memikat hati konsumen, dan membuat mereka puas akan pelayanan bisnismu.

Sebaliknya, jika memilih customer service secara sembarangan, bukan tidak mungkin konsumenmu akan diperlakukan kurang dan baik. Hal ini malah akan menambah masalah pada bisnismu nantinya.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​