Home » Strategi Bisnis » Rekomendasi Font untuk Logo Brand Sepatu Anak

Rekomendasi Font untuk Logo Brand Sepatu Anak

Salah satu bentuk visualisasi branding yang penting adalah font. Ada banyak sekali logo, iklan, dan poster dari suatu brand yang memuat tulisan dengan font tertentu. Pemilihan font ini memiliki peran besar dalam menggambarkan brand personality yang mempengaruhi cara pandang konsumen terhadap brand kamu.

Font juga bisa berpengaruh pada kesan pertama konsumen terhadap suatu brand yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan mereka dalam menggunakan layanan atau produk dari brand tersebut.

Bagaimana Sebuah Font Dapat Mempengaruhi Brand Personality?

Setiap font punya bentuk, lekukan huruf, serta ketegasan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, bentuk huruf ‘A’ pada font ‘Times New Roman’ dengan ‘Comic Sans MS’ tentu berbeda.

Font ‘Times New Roman’ yang tegak dan rapi memberikan kesan serius dan formal, sehingga brand yang menggunakan font ini pun akan meninggalkan kesan serupa. Biasanya, font ini banyak digunakan oleh institusi pendidikan maupun perusahaan percetakan.

Sementara untuk font ‘Comic Sans MS’ memiliki kesan muda dan fleksibel, sehingga cocok untuk dijadikan font logo brand-brand yang punya target pasar remaja atau anak muda.

Font yang baik untuk branding haruslah memiliki empat syarat berikut ini:

  • Unik dan mudah diingat.
  • Mudah dibaca.
  • Cocok untuk berbagai platform, seperti media cetak, billboard, dan sosial media.
  • Menggambarkan brand personality.

 Langkah-Langkah Memilih Font untuk Logo Brand

Memilih font untuk logo brand adalah pekerjaan yang cukup sulit. Font tidak bisa sering-sering diubah, karena hal ini dapat membingungkan konsumen kamu atau bahkan membuat brand kamu meninggalkan kesan buruk pada mereka. Ada lima langkah yang bisa kamu terapkan dalam memilih font untuk brand kamu, yaitu:

1. Ketahui Brand Personality Kamu

Langkah pertama dalam memilih font untuk brand adalah mengetahui brand personality. Kepribadian apa yang ingin dibangun dengan brand tersebut. Sebagai contoh, Apple memiliki personality The Creater, dimana ia memiliki kepribadian yang inspiratif, powerful, dan mampu membuat segalanya menjadi mungkin.

Ketika membangun brand sepatu anak, kamu bisa gunakan brand personality The Caregiver dengan kepribadian yang perhatian, hangat, dan meyakinkan layaknya seorang ibu.

2. Pahami Ciri dan Kepribadian dari Setiap Font yang Ada

Jenis-jenis font ada banyak sekali, apakah mungkin mengidentifikasi mereka satu per satu? Tentu saja tidak! Faktanya, dari seluruh font yang ada, terdapat enam klasifikasi dasar dari font-font tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang masing-masing font dasar dan kepribadiannya:

  • Serif: Font ini memiliki kepribadian klasik, tradisional, dan dapat dipercaya.
  • Sans-serif: Font ini memiliki kepribadian yang modern, bersih, dan minimalis.
  • Slab Serif: Kepribadian yang tercermin dalam font ini adalah berani, unik, dan percaya diri.
  • Script: Font ini memiliki kepribadian yang elegan dan unik.
  • Handwritten: Font ini meninggalkan kesan informal dan artistik.
  • Decorative: Font ini meninggalkan kesan penuh gaya, khas, dan dramatis 

3. Pilih Font Logo Brand yang Cocok dengan Brand Personality

Setelah mengetahui enam karakter font dasar, kamu sudah bisa coba berbagai jenis font yang sesuai dengan brand personality kamu. Tetapi, kategori font di atas tidak benar-benar menceritakan keseluruhan cerita dalam hal kepribadian font.

Ada banyak variasi gaya dalam setiap kategori yang mempengaruhi getaran setiap font dan cara kamu memasangkan font juga memainkan peran besar. Pilih beberapa jenis font yang dirasa cocok dengan brand personality kamu.

4. Uji Coba Font dan Pastikan Memenuhi Persyaratan Dasar

Setelah kamu memilih satu atau dua font logo yang sesuai dengan brand personality kamu. Setidaknya, pilihlah font yang menggambarkan brand bisnis sepatu kamu dan pastikan sudah memenuhi minimal 3 persyaratan dasar sebagai font yang baik, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Rekomendasi Font Terbaik untuk Logo Brand Sepatu Anak

Setelah mengetahui langkah-langkah menentukan font logo brand yang baik, berikut ini adalah rekomendasi font terbaik untuk brand sepatu anak:

1. Mystery Quest

Mystery Quest memiliki karakter fairytale, sehingga cocok digunakan sebagai font logo brand produk anak, termasuk brand sepatu anak. Font ini menampilkan loop rumit pada huruf-huruf tertentu yang membuatnya terlihat sangat menawan dan juga unik.

2. Good Unicorn

Unicorn adalah hewan mitologi yang lucu. Unicorn identik dengan dongeng yang sering didengar oleh anak-anak. Oleh karena itu, font Good Unicorn sangat cocok digunakan sebagai font logo brand sepatu anak dengan karakter font yang lucu, muda, dan warna-warni.

3. Whale I Tried

Font ini memiliki karakter yang menyenangkan, bersahabat dan memiliki sedikit nuansa ‘Disney’ yang memang ramah terhadap anak-anak. Hal itu membuat Whale I Tried cocok dijadikan font logo brand sepatu anak.

4. Flavors

Flavors menggambarkan karakter muda dan kreatif. Hal ini terlihat dari aksen tinta yang berjatuhan dari font ini. Oleh karena itulah, ia cocok dijadikan sebagai pilihan font untuk brand sepatu anak.

5. Wonderbar

Wonderbar adalah font huruf besar yang menyenangkan dan cair, layaknya estetika candy-bar. Ada juga beberapa tambahan dan alternatif berbeda yang disertakan, yang akan membantu menciptakan desain yang tidak berulang pada brand sepatu anak.

Sudah Menentukan Font Logo Brand Bisnis Sepatu Kamu?

Memilih font untuk brand bisnis sepatu anak tidaklah mudah, namun jika sudah menemukan font yang pas, bisa dipastikan branding kamu pun akan semakin kuat. 

Sekarang kamu pun sudah bisa membuat pilihan font logo brand sendiri berdasarkan panduan informasi di atas. Sudahkah menentukan pilihan font logo brand kamu? 


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​