Home » Strategi Bisnis » Strategi Testimonial Marketing untuk Bisnis Sepatu Anak

Strategi Testimonial Marketing untuk Bisnis Sepatu Anak

Testimonial marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak diterapkan di masa kini dalam berbagai bisnis, termasuk bisnis sepatu anak. Berdasarkan pernyataan Andrew Griffith dalam The Big Book of Small Business, testimonial merupakan upaya membangun kepercayaan dalam sebuah perusahaan.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, testimoni berasal dari kata testimonium yang berarti dukungan maupun pengakuan dari customer yang puas terhadap suatu bisnis.  

Kalau kamu merupakan seorang pemula dalam bisnis sepatu anak, memanfaatkan strategi testimonial marketing bisa memberikanmu base potential customer yang cukup besar. Tentu saja hal ini  berdampak langsung pada penjualan bisnis sepatu kamu. 

Strategi Testimonial Marketing untuk Bisnis Sepatu Anak

Keputusan pembelian sepatu berada di tangan sang ibu meski sang anak yang akan menggunakan nantinya. Oleh karena itu, testimonial yang kamu sajikan harus meyakinkan para ibu bahwa produk sepatu kamu adalah produk terbaik untuk anaknya. Beberapa bentuk testimonial yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Quote Testimonial

Quote testimonial atau testimoni kutipan adalah testimonial yang diberikan oleh customer secara langsung. Testimoni ini bisa diberikan oleh customer secara langsung atau kamu bisa meminta customer untuk memberikan testimoni terhadap produk sepatu anak yang kamu jual.

Jika kamu berjualan sepatu lewat e-commerce, kamu bisa gunakan testimonial dari kolom ulasan produk yang mereka berikan di e-commerce tersebut. Kemudian, kamu bagikan melalui akun bisnis kamu dengan tag nama akun si customer bersangkutan, agar bisa dilihat oleh potential customer lain.

2. Influencer Testimonial

Strategi testimonial marketing bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan influencer. Strategi marketing dengan influencer memang seringkali efektif, karena influencer dikenal oleh banyak orang.

Kamu bisa pilih influencer yang sudah memiliki anak, seperti aktris Irish Bella yang merupakan ibu dari Air Rumi Akbar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa selebgram anak, misalnya Saufa Adzkia Rahman yang memasang tarif endorsement sekitar Rp 450.000-Rp 750.000.

Karena, biasanya influencer yang memiliki anak juga akan diikuti oleh para ibu yang memiliki anak, sekedar untuk mencari inspirasi parenting ataupun inspirasi pakaian anak. Di sinilah kamu bisa gunakan influencer testimonial agar lebih banyak ibu yang mengenal bisnis sepatu anak milikmu. 

3. Peer Testimonial

Kamu punya banyak teman yang sudah memiliki anak? Kamu bisa minta mereka untuk coba produk yang kamu jual dan minta testimoni mereka. Peer testimonial adalah bentuk testimoni yang memanfaatkan orang-orang terdekat dimana testimoninya dapat dipercaya.

Setelah mereka mencoba produkmu, kamu bisa minta mereka untuk mempromosikan produk kamu ke orang terdekatnya. Sehingga, kamu bisa memiliki jangkauan customer yang lebih luas.

4. Social Testimonial

Social testimonial adalah bentuk testimoni yang memanfaatkan berbagai testimoni di media sosial. Kamu bisa melakukan repost pada setiap konten yang diunggah customer terkait dengan produkmu. Namun, jangan lupa untuk meminta izin sebelum melakukan repost.

Strategi Mendapatkan Testimonial yang Positif pada Bisnis Sepatu Anak

Testimonial marketing bisa berhasil jika produk yang kamu pasarkan mendapat berbagai testimoni positif. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan testimonial positif tersebut:

1. Pastikan Produk Kamu Berkualitas

Testimoni yang positif bisa kamu peroleh jika kamu bisa memberikan produk yang berkualitas untuk customer. Oleh karena itu, kamu harus pastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas baik, seperti tidak mudah jebol, tidak mudah luntur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Layani Customer dengan Sepenuh Hati

Melayani customer dengan sepenuh hati sangatlah penting. Customer kamu pun akan merasa lebih spesial jika dilayani dengan baik. Kamu bisa buat konten tentang bagaimana produk yang kamu jual dikemas, dikirim, dan sampai ke tangan customer.

Lakukan semua itu dengan sepenuh hati, agar customer kamu bisa melihat bagaimana keseriusan kamu dalam melayani mereka. Kamu juga bisa tambahkan kartu ucapan terima kasih karena sudah membeli produk dari kamu.

3. Fast Response

Sebagai seorang pengusaha, khususnya toko sepatu anak, kamu perlu merespon dengan cepat. Target customer kamu, yang merupakan seorang ibu rumah tangga pastinya tidak memiliki banyak waktu karena kesehariannya yang sangat padat. Sehingga, pelayanan kamu yang cepat tanggap akan sangat membantu mereka.

4. Manfaatkan Social Media

Memang berbisnis sepatu anak melalui media sosial merupakan hal yang mudah bagi customer sekaligus pemilik bisnis. Belanja online sangat membantu customer menghemat waktu.

Selain itu, dengan memanfaatkan social media, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk mengatur bisnismu dengan lebih mudah.

5. Ingat Selalu “Pembeli Adalah Raja”

Ingatkah kamu dengan pepatah “pembeli adalah raja”? Perlakukan customer kamu sebaik mungkin meskipun terkadang para customer menjadi sedikit menyebalkan ketika mereka merasa tidak puas.

Selesaikan masalah ini dengan baik. Gunakan bahasa yang sopan agar pembeli tidak tersinggung dan memberikanmu testimoni buruk.

Manfaatkan Testimonial Marketing pada Bisnis Sepatu Kamu

Sekarang kamu sudah tahu seperti apa strategi testimonial marketing serta bagaimana memperoleh testimoni positif. Sudahkah kamu siap untuk membuat strategi testimonial marketing terbaik untuk bisnis sepatu milikmu?


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​