Home » Strategi Bisnis » Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Thai Tea Dijamin Efektif!

Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Thai Tea Dijamin Efektif!

Franchise minuman bisa menjadi salah satu cara berbisnis yang kamu pilih ketika tidak memiliki modal besar dan masih kurang berpengalaman dalam hal bisnis. Namun, selain memilih model bisnis dan produk yang ditawarkan. Hal lain yang harus menjadi pertimbangan kamu adalah cara menentukan gaji karyawan

Thai Tea menjadi salah satu jenis minuman popular di dunia. Berkat rasanya yang enak, minuman asal negara Thailand ini berhasil melalang-buana ke seluruh penjuru dunia, salah satunya Indonesia. 

Jaman sekarang, nampaknya sangat mudah bagi kita menemukan pedagang minuman Thai Tea. Baik yang berjualan di pinggir jalan, di mall atau foodcourt serta yang berjualan secara offline. 

Karena bisnis Thai Tea bergerak di bidang Food and Beverage (FnB), kamu mungkin akan menemukan perbedaan ketika akan menggaji karyawan dibandingkan dengan bidang lainnya. 

Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Bisnis Thai Tea

Tapi tidak perlu khawatir, terdapat cara efektif serta efisien untuk menentukan gaji karyawan yang bisa kamu ikuti dan tentunya tetap bisa menguntungkan kedua belah pihak, yaitu kamu sebagai pengusaha dan pegawai sebagai pekerja. 

Apa saja langkah dan cara-caranya? Kamu bisa simak ulasan lengkapnya di sini:

Melakukan Riset Tentang Standar Gaji untuk Posisi Tersebut

Ini adalah hal penting yang harus kamu lakukan jika kamu menjadi bos Thai Tea. Hal terpentingnya, karyawan yang menjaga stand atau booth Thai Tea harus memahami dan memiliki kemampuan untuk membuat minuman asal negara Pagoda itu. 

Nah, dengan keahlian mereka, kamu bisa mulai riset berapa gaji yang biasanya diberikan. Untuk riset, kamu bisa bertanya langsung kepada orang yang memang sudah lebih dulu terjun ke dalam dunia FnB. 

Lebih mudahnya, kamu bisa melakukan riset gaji rata-rata di beberapa aplikasi Lowongan Kerja. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan antara besaran gaji dengan keahlian yang diberikan. Benefit apa yang dijanjikan dan berapa lama waktu (periode) kerja karyawan. Sehingga riset ini akan lebih jelas dan detail. 

Tentukan Besaran Gaji Pokok

Kalau sudah, kamu bisa menentukan batas atas dan batas bawah gaji pokok untuk karyawan Thai Tea kamu. Kalau kamu melihat secara sekilas mengenai loker yang ada di internet atau aplikasi untuk jabatan crew outlet atau pramuniaga.

Biasanya, perbulan gaji yang ditawarkan sekitar Rp 900 ribu hingga Rp 1.5 juta per bulan. 

Dengan waktu kerja mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam (ini bisa berbeda di beberapa tempat pula) dan untuk penentuan jam kerja biasanya akan tergantung bagaimana kamu memutuskan. Tapi, kebanyakan antara 10-12 jam kerja per hari. 

Nah, gaji pokok ini adalah gaji yang tidak bisa diganggu gugat, artinya ada atau tidaknya pelanggan, laku atau tidak lakunya produk, kamu harus tetap membayar karyawanmu.

Selain menentukan batas atas dan batas bawah gaji, kamu juga harus memiliki kemampuan sebagai Pemilik dalam mengeluarkan pengeluaran untuk biaya gaji pokok dan sesuai kesepakatan awal saat perekrutan.

Beri Insentif (Bonus Penjualan)

Meskipun tidak termasuk ke dalam gaji pokok, memberi intensif bisa menjadi salah satu trik yang bisa menaikan penjualan dan memotivasi karyawan kamu agar terus meningkatkan omset. 

Perhitungan intensif bisa kamu lakukan dalam bentuk persentase atau nominal yang dibagi dari omset penjualan per-bulan.Misalnya, karyawan kamu akan mendapatkan fee sebesar 5% dari omset perbulan. 

Jadi kalau perbulan, omset penjualan Thai Tea kamu Rp 10 juta maka 5% nya adalah Rp 500 ribu. Jika gaji pokok karyawanmu Rp 1.5 juta, maka total gaji dan intensif yang bisa dia dapatkan adalah Rp 2 juta. 

Nah, strategi ini sebenarnya tidak hanya menguntungkan karyawan, tapi juga akan menguntungkan kamu sebagai pebisnis. 

Beri Uang Makan

Dibandingkan industri lainnya FnB adalah industri yang bekerja dengan kurun waktu yang cukup lama dan pembagian waktu yang berbeda. Misalnya, orang-orang akan ramai pergi ke mall atau mencari makanan dan minuman saat sedang hari libur. Ini artinya, hari libur atau tanggal merah adalah hari yang ramai pengunjung. 

Nah, sebagai bos, kamu dapat memberikan tambahan uang makan bagi para pekerja yang bekerja di hari libur atau tanggal merah, bisa juga sebagai intensif tambahan saat lembur (bekerja di luar jadwal).

Sesuaikan Kemampuan dengan Biaya Hidup Tempat Bisnis Kamu Didirikan 

Cara menentukan gaji karyawan untuk bisnis Thai Tea selanjutnya adalah melihat kemampuanmu dengan biaya hidup di daerahmu. Misalnya, harga barang-barang di Jakarta atau kota-kota besar lainnya pastilah lebih mahal dari daerah kabupaten. 

Karena kebutuhan pokok yang lebih tinggi inilah, kamu harus mempertimbangkan besaran gaji yang harus kamu berikan kepada karyawan. Kamu juga harus melihat kemampuanmu, apalagi jika kamu masih termasuk newbie di dalam menjalankan usaha franchise. 

Kamu tidak bisa 100% mengandalkan sumber gaji karyawan dari keuntungan penjualan produk. Setidaknya, kamu punya cadangan untuk menggaji karyawan jika ternyata di bulan-bulan awal, omset yang kamu dapatkan masih sedikit.

Lebih Terbuka dengan Karyawan

Menjalankan usaha apapun pastilah tidak selalu mulus, ada masanya omset menurun dan ada masanya omset penjualan naik.

Semua lika-liku dalam berbisnis, termasuk mengenai uang yang memiliki hubungan langsung dengan kemampuanmu membayar karyawan sebaiknya bisa kamu komunikasikan secara baik-baik. 

Sebagai bos, kamu harus bisa bersikap adil, jujur dan terbuka dengan keadaan bisnis yang misalnya sedang kurang baik. Bukan terlihat tidak bertanggung jawab, menentukan gaji karyawan dengan cara yang satu ini kadang-kadang memang diperlukan. 

Kamu tentu bisa mencicil atau mengganti gaji karyawan di bulan selanjutnya, namun yang paling utama adalah memberikan pengertian pada karyawanmu. 

Sudah Siap Menentukan Gaji Karyawan dengan Baik dan Benar?

Kini kamu sudah tidak bingung lagi kan setelah mengetahui cara menentukan gaji karyawan. Kesejahteraan karyawan adalah salah satu faktor yang harus senantiasa kamu jaga agar usaha atau bisnis tetap berjalan dengan baik.

Apalagi jika bisnis ini bergerak di bidang F&B, khususnya minuman kekinian seperti Thai Tea. Dengan sejahteranya karyawan, kinerja akan meningkat dan produktivitas bisnis juga akan semakin lebih baik.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​