Home » Strategi Bisnis » Bagaimana Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Thai Tea

Bagaimana Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Thai Tea

Thai Tea, seperti namanya dibuat pertama kali di Thailand sekitar 10 tahun yang lalu. Namun belakangan ini, Thai Tea kembali marak di mana-mana, khususnya di Indonesia. Banyak sekali konten tentang bisnis Thai Tea, berapa modal yang dibutuhkan, cara mengatasi banyaknya kompetitor dan lain sebagainya.

Menurut Google Trends, pencarian untuk “ชานม” (bahasa Inggris; pearl milk tea) telah meningkat secara signifikan sejak April 2018 dan masih terus bertambah.

Dengan menjamurnya usaha minuman asal Thailand ini tentunya semakin banyak pula kompetitor yang akan kamu hadapi. Untuk membantu kamu mengembangkan cabang dan menjangkau sebagian besar pelanggan, kami mengumpulkan kiat-kiat hebat ini tentang cara memasarkan Thai Tea kamu hingga dapat bersaing dengan kompetitor yang ada.

Bagaimana Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Pada Bisnis Thai Tea?

Terdapat 4 pokok cara yang bisa kamu terapkan pada bisnis Thai Tea kamu. Simak apa saja dibawah ini:

Produk Berkualitas Tinggi

Produk yang baik adalah syarat utama untuk sukses dalam bisnis apa pun! Produk berkualitas tinggi membantu kamu mendatangkan lebih banyak pelanggan tetap. Menjaga stabilitas kualitas produk adalah tantangan jangka panjang untuk tetap kompetitif di pasar untuk bisnis Thai Tea. 

Maka dari itu, kamu harus memulai dengan mencari supplier yang tepat. Supplier ini nanti akan menjadi mitra bisnis dan gerbang produk Thai Tea kamu yang berkualitas. Pilihlah supplier yang jujur dan dapat diandalkan!

Tim Profesional

Di era ketika keahlian dan layanan menjadi prioritas, kamu membutuhkan tim yang memiliki pengetahuan tinggi tentang industri Thai Tea untuk diajak bekerja sama. Sebuah tim yang sukses harus terdiri dari para profesional dalam manajemen bisnis, pemasaran, produksi dan pengembangan produk.

Jika kamu memiliki tim profesional yang dipikirkan dengan matang ini, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kompetitor.

Strategi Pemasaran yang Kreatif

Strategi pemasaran setiap bisnis tentu saja berbeda-beda, itulah sebabnya untuk mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis Thai Tea adalah dengan menganalisa beberapa strategi marketing dan mana yang cocok untuk usahamu. 

Salah satu strategi pemasaran yang cukup marak adalah konten, kemasan yang aesthetic, dan branding. Peran merek pada bisnis Thai Tea tidak main-main, keberhasilan sebuah merek menentukan angka keberhasilan pasar dan peluang besar untuk sukses.

Dana yang Cukup

Syarat utama untuk memulai bisnis Thai Tea adalah dana! Semakin bagus lokasinya, semakin tinggi harga sewanya. Menggaji karyawan profesional juga harus di pertimbangkan. 

Banyak hal yang juga perlu dipertimbangkan sebagai rencana anggaran kamu sendiri untuk memulai bisnis Thai Tea, termasuk desain toko masa, gaji karyawan, pembelian peralatan, biaya pemasaran dan promosi, biaya manajemen bisnis, dll. 

Jika kamu sudah siap dengan dana, lakukan riset mendalam pada bisnis Thai Tea lainnya dan cari tahu apa yang membuat mereka sukses. Dengan begitu, kamu juga bisa menghitung berapa biaya yang dapat membuat toko Thai Tea mu sukses.

Bagaimana Perusahaan Menerapkan Teknik Pemasaran Kontemporer Berdasarkan Wawasan Pelanggan?

Kekuatan Pengaruh Sosial pada Platform Media Sosial

Penggunaan platform media sosial adalah salah satu cara paling penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Merek dapat memperoleh banyak exposure dan keterlibatan dari audiens target mereka jika mereka melakukannya dengan cukup baik dan benar. 

Mari kita lihat “Brown Cafe” sebagai contoh. Toko teh terkenal ini terletak di Chiang Mai, wilayah utara Thailand, mereka kemudian menggunakan online platform untuk terhubung dengan orang-orang dan menyebarkan berita tentang pembukaan cabang baru di Bangkok.

Brown Cafe juga menggunakan influencer media sosial seperti kritikus makanan, pengulas atau mungkin hanya seseorang dengan jumlah pengikut yang signifikan untuk mempromosikan merek tersebut. 

Hasilnya adalah antrian panjang yang tak terduga sejak hari pertama. Orang-orang kemudian mengambil foto gelas teh mereka dan mempostingnya secara online. 

Nilai Tambah dengan Kustomisasi Produk dan Keterlibatan Pelanggan dengan Produk

Cara mengatasi banyaknya kompetitor pada beberapa toko Thai Tea di Thailand adalah dengan memberikan pilihan kepada pelanggan untuk membuat minuman mereka sesuai selera mereka seperti tingkat kemanisan, topping, pilihan susu atau menambahkan bubble ke dalam minuman. 

Pelanggan tidak dapat menemukan apa yang mereka inginkan, kamu harus memberi mereka pilihan alternatif. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menjawab kebutuhan berbagai segmen sasaran. 

Variasi dan Kreativitas Menu

Popularitas produk membawa bisnis Thai Tea kamu bersaing ke pasar. Jadi, kamu harus mengembangkan daftar menu baru untuk menarik perhatian pelanggan dan mempertahankan mereka sebagai penggemar tehmu selama mungkin.

Pengembangan produk membantu merek memperpanjang siklus hidup sebuah produk. Banyak merek teh melakukannya dengan baik. Contohnya adalah dari toko “Cafe Cococano”. Ia menambahkan makanan penutup khas Thailand yang disebut “Bua Loy” sebagai pengganti bubble tapioka ke dalam minuman. 

Inovasi ini dapat menarik perhatian orang yang belum pernah mencoba makanan ini. Jadi, kamu harus selalu mengembangkan ide dan tidak hanya memikirkan teh dicampur susu tetapi juga menciptakan pengalaman baru pada pelanggan.

Siap Mengembangkan Bisnis Teh Kamu?

Ada tiga poin kunci sukses dalam bisnis Thai Tea di era digital. Pertama, menggunakan platform media sosial dan membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian orang. 

Kedua, kustomisasi produk dan mendapatkan customer engagement sangat penting, pelanggan tidak tahu apa yang mereka inginkan, sehingga kamu harus melayani mereka dengan berbagai pilihan dan membiarkan mereka menjadi bagian dari produkmu untuk membuat mereka bangga dengan menciptakan nilai produk yang sempurna di benak pelanggan. 

Terakhir, jangan berhenti berkreasi!

Kami harap panduan cara mengatasi banyaknya kompetitor pada bisnis Thai tea ini memberimu gambaran tentang bagaimana memulai mengembangkan bisnis Thai tea dengan pesaing yang menjamur ini.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​