Home » Strategi Bisnis » Kupas Tuntas Ide Packaging Produk yang Menarik Untuk Bisnis Thai Tea

Kupas Tuntas Ide Packaging Produk yang Menarik Untuk Bisnis Thai Tea

Butuh ide packaging produk yang menarik? Dalam panduan informatif ini, kami menguraikan semua yang kamu butuhkan di perusahaan jasa minuman seperti Thai Tea untuk mengemas teh yang banyak penggemarnya ini dengan benar.

Dapatkan inspirasi dan mulailah merencanakan desain packaging Thai Tea yang sempurna.

Apa Itu Thai Tea?

Thai Tea adalah teh khas Thailand yang merupakan perpaduan antara teh khas dengan susu. Thai Tea terbuat dari teh hitam yang diseduh dengan kuat, sering dibumbui dengan bahan-bahan seperti, asam yang dihancurkan, kapulaga, dan kadang-kadang juga (sering membuat minuman ini menjadi favorit di antara penggemar teh masala chai).

Panduan Packaging Thai Tea

Packaging merupakan faktor yang paling penting dalam bisnis Thai Tea. Menggunakan produk packaging yang tepat dapat mempengaruhi presentasi minuman kamu. Ini juga dapat membuat pelanggan merasa bahwa mereka bisa mendapatkan minuman yang sepadan dengan apa yang mereka bayar dari Thai Tea milikmu.

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa pengusaha Thai Tea di Indonesia sendiri sudah ada di setiap sudut. Selain memikirkan kualitas produk, kamu juga harus menyediakan kemasan yang bagus pula. Packaging inilah yang nantinya akan membawa produk tehmu ke kesuksesan.

Sebelum kamu memikirkan ide packaging produk yang menarik pikirkan dulu beberapa hal seperti bahan yang akan kamu gunakan sebagai kemasan nantinya. Apakah bisnis Thai Tea-mu ini akan menjadi bisnis ramah lingkungan? Jika iya, mulailah mencari supplier untuk kemasan yang eco-friendly.

Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan 

Gunakan Cup Ramah Lingkungan

Cup eco-friendly sudah banyak digunakan pada bisnis Thai Tea. Mulai dari cup yang terbuat dari plastik kompos hingga daur ulang yang melalui tahap sterilisasi profesional. Cup ini dapat dengan mudah dikomposkan dan tidak akan memenuhi tempat pembuangan sampah selama ratusan tahun.

Gunakan Sedotan Kertas

Alih-alih menggunakan sedotan plastik, gunakan sedotan kertas. Pada beberapa jenis menu Thai Tea yang biasanya menggunakan topping bubble, sedotan ini mungkin tidak akan ergonomis karena dapat terurai selama kurang dari 12 jam dan ukurannya cukup kecil. 

Namun sedotan kertas ini sudah cukup marak pula penggunaannya pada bisnis Thai Tea yang besar di Indonesia. Mereka menggunakan alternatif yang lebih aman dari pada sedotan plastik yang dipercaya mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Gunakan Kantong Kertas Untuk Pembelian Take away

Kantong plastik sangat berbahaya bagi lingkungan karena terurai menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang jauh berbahaya bagi kehidupan laut. Saat ini, sekitar 30 persen penyu dan 71 persen burung laut akhirnya memakan mikroplastik ini. Dengan itu, kamu harus mulai menggunakan kantong kertas kraft daripada kantong plastik untuk pesanan take-away.

Ide Packaging Produk yang Menarik Untuk Bisnis Thai Tea

Cup Bening/Transparan

Cup atau gelas yang biasa digunakan pada bisnis Thai Tea ini mungkin kamu akan menganggapnya mainstream. Tapi bagi pemula, jenis packaging seperti ini sudah cukup untuk mengemas minuman. Cup ini juga beragam jenisnya, ada yang dapat digunakan kembali, ada yang dari plastik. 

Cup inilah yang nantinya akan diperhatikan pelangganmu. Saat mereka memesan teh dengan kemasan cup bening yang dapat melihatkan seluruh isi minuman, pelanggan akan semakin penasaran dengan produk apa saja yang kamu jual lainnya.

Tutup Cup Datar

Selain pada cup, packaging produk yang menarik juga terletak pada tutupnya. Kamu bisa menambahkan beberapa ornamen hiasan pada tutup cup yang datar. Karena bentuknya yang datar, tutup ini juga dapat menyegel minuman dengan sempurna (biasanya dengan bantuan mesin). 

Beberapa bisnis Thai Tea besar biasanya menggunakan tutup datar ini untuk memberikan kata-kata atau kutipan menarik yang akan membuat pelanggan kembali membeli lagi.

Tutup Kubah

Tutup jenis ini juga cukup populer di kalangan bisnis Thai Tea karena bentuknya yang unik. Beberapa jenis minuman ada yang toppingnya harus diletakkan diatas seperti whip cream, sehingga tutup cup jenis ini bisa menjadi ide kemasan yang menarik untuk bisnis Thai Tea milikmu. 

Selain itu pemilik usaha Thai Tea sering kali merasa bahwa tutup jenis kubah ini meningkatkan tampilan produk sehingga konsumen dapat menikmati keduanya, rasa dan kemasan yang menarik.

Zip Lock Bag

Ubah Thai Tea mu menjadi anti-mainstream dengan menggunakan zip lock bag atau kantong es yang memiliki resleting plastik kompos. Kantong ini selain mudah (karena kamu tidak perlu membeli mesin segel) juga cukup ramah lingkungan karena bisa digunakan kembali.

Dengan desainnya yang unik, kantong ini dapat menarik perhatian pecinta Thai Tea dengan bubble sehingga tampilannya menggemaskan. Kantong ini biasanya terbuat dari plastik kompos transparan dengan resleting yang dapat kamu gunakan berkali-kali.

Colossal Straw

Berbicara mengenai ide packaging produk yang menarik, sedotan juga memiliki bagian penting didalamnya. Colossal Straw atau biasa disebut dengan sedotan boba ini memiliki diameter yang cukup besar untuk memudahkan pelanggan yang membeli Thai Tea dengan topping bubble. 

Sedotan ini memiliki warna yang beragam sehingga kamu harus bisa memadu padankan warna sedotan dengan kemasan yang kamu gunakan. Sedotan ini memberikan kesan khas Thai Tea dengan topping bubble-nya sehingga pelanggan pun juga tidak akan segan mengambil foto dan menyebarkannya ke media sosial. Free marketing, bukan?

Sesuaikan Packaging Thai Tea Kamu!

Sebelum memulai bisnis Thai Tea, ada baiknya kamu memikirkan tentang ide packaging produk yang menarik. Menambahkan nama perusahaan kamu di cup, logo di kantong minuman, atau slogan di tas packaging produk kamu akan membantu meningkatkan penjualan. Branding pada kemasan Thai tea kamu akan memberikan eksposur bisnis yang sempurna.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis Thai Tea kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​