Home » Strategi Bisnis » Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Thai Tea

Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Thai Tea

Inovasi dan kreatifitas yang perlu dilakukan dalam bisnis Thai Tea menjadi salah satu hal penting yang harus dipikirkan. Dengan melakukan inovasi pada bisnis minumanmu, maka usahamu bisa semakin berkembang. 

Sayangnya, karena sudah terpaku dengan ciri dan jenis minuman Thai Tea yang itu-itu saja, tidak sedikit pebisnis yang enggan melakukan inovasi dan memilih menjalankan bisnis dengan apa adanya. Padahal, melakukan inovasi dalam bisnis ini tidak sesulit seperti yang dibayangkan. 

Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melakukan inovasi menjadi hal penting dalam bisnis. Dengan inovasi, kamu bisa menciptakan sejumlah hal baru serta mencegah kebosanan pelanggan. 

Bukan hanya itu, inovasi yang kamu terapkan di produk juga dapat menciptakan perbedaan antara bisnis dan pesaingmu. Berikut sejumlah inovasi yang bisa kamu lakukan dalam bisnis Thai Tea, antara lain:

Adaptasi Tren Saat Ini

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan inovasi bisnis Thai Tea adalah melihat tren yang sedang ramai sekarang ini. Dengan melihat tren yang terjadi saat ini, bisnis yang kamu miliki bisa terlihat lebih update serta mengikuti perkembangan zaman. 

Hal yang paling penting ialah, kamu juga dapat mengadaptasi tren tersebut. Namun, hindari memasukkan semua tren yang sedang berkembang ke dalam bisnis Thai Tea kamu. Hal ini malah membuat bisnismu tidak memiliki konsep yang jelas. 

Contohnya sekarang ini banyak minuman yang menggunakan topping boba, jika topping tersebut masih cocok untuk minuman Thai Tea yang kamu racik dan tidak mengubah rasa asli minuman Thai Tea-mu, tentu ini bukan menjadi masalah. 

Selain tren boba, ada pula tren minuman coklat. Tentu kamu tidak bisa menambahkan cokelat ke dalam minumanmu karena dapat mengubah rasa asli racikan Thai Tea. 

Upgrade Desain Interior Cafemu

Sekarang ini memang sudah banyak bisnis minuman yang bergabung dalam jasa pesan antar online. tetapi, dalam bisnis minuman, interior café masih memegang peranan penting.

Inilah alasan mengapa kamu harus memikirkan inovasi dalam bisnis minuman, termasuk dari segi desain interior. Contohnya, saat ini tidak sedikit café yang nyaman tetapi juga memiliki desain unik. 

Tujuannya agar menciptakan tempat yang terlihat instagramable, selain itu pengunjung yang datang bukan hanya sekedar membeli Thai Tea, tetapi juga foto-foto. Meskipun terlihat sederhana, tetapi ini menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat pengunjung. 

Kamu bisa memberikan tema tertentu pada outlet Thai Tea kamu. Contohnya seperti cafemu di desain ala pantai. Selain menyediakan Thai Tea, kamu juga bisa menyediakan menu camilan lain.

Berikan Promo

Inovasi dan kreatifitas yang perlu dilakukan dalam bisnis Thai Tea lainnya adalah memberikan promo. Ada berbagai macam promo yang bisa kamu buat. Contohnya, kamu bisa memberikan promo setiap tanggal cantik. Kamu memberi promo di setiap tanggal 1 bulan Januari, atau tanggal 2 bulan Februari.

Cara untuk memberi promo ada berbagai macam, bukan hanya dengan memberi potongan harga. Kamu bisa memberi promo dengan membeli 3 minuman gratis 1 Thai Tea. Atau misalnya, saat ini layanan pesan antar minuman sedang ramai, kamu bisa memberikan promo dengan membeli Thai Tea hingga Rp 50 ribu gratis ongkos kirim. 

Promo ini bisa menarik minat konsumen. Tetapi, sebelum menerapkan promo ini, pastikan kamu melakukan perhitungan keuntunganmu kembali. Selain itu, pilih promo yang memang dicari oleh banyak konsumen. 

Daftarkan Bisnis Thai Tea ke Aplikasi

Inovasi dan kreatifitas yang perlu dilakukan dalam bisnis selanjutnya adalah mendaftarkannya ke aplikasi. Banyak aplikasi pesan antar makanan dan minuman yang akan memudahkan promosi bisnis Thai Tea kamu. 

Selain memudahkan pelanggan memesan Thai Tea, dengan mendaftarkan bisnis Thai Tea ke aplikasi online, kamu juga bisa mendapatkan review minuman. Nantinya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba seperti apa rasa minuman Thai Tea yang kamu buat. 

Manfaatkan Media Sosial dengan Baik

Apapun bisnis yang dijalankan sekarang ini, peran media sosial tentunya akan sangat penting,  termasuk ketika menjalankan bisnis Thai Tea. Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa menjangkau pasar dengan lebih luas serta memperoleh calon konsumen baru. 

Lebih-lebih jika outlet Thai Tea yang kamu miliki memang sengaja di desain untuk nongkrong atau untuk kumpul-kumpul. Calon pelanggan pasti akan langsung mengecek seperti apa bentuk café atau outlet Thai Tea yang kamu miliki, harga yang dibanderol hingga suasana di dalam café.

Dari media sosial ini, mereka sekilas akan menilai seberapa cozy cafemu ini. Tentu, ketika ingin menggunakan media sosial, kamu juga harus menciptakan konten yang kreatif serta unik, karena konten ini yang nantinya bisa menarik minat calon konsumen. 

Selain itu, kamu juga bisa bekerjasama dengan akun-akun kuliner di kotamu untuk membuat media sosial beserta dengan bisnismu diketahui oleh banyak orang. 

Sekilas, inovasi dan kreativitas yang perlu dilakukan dalam bisnis bukan menjadi hal yang sulit. Namun, kamu juga harus melakukan hal ini secara terus-menerus hingga mendapatkan hasil yang positif.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​