Home » Strategi Bisnis » Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Usaha Thai Tea

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Usaha Thai Tea

Rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam berbisnis Thai Tea merupakan suatu hal yang sudah pasti kamu butuhkan. Sebab, kamu sangat berpotensi kehabisan ide saat menyusun rencana bisnis tersebut.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas rekomendasi-rekomendasi tersebut supaya kamu bisa memeroleh inspirasi atau gambaran saat merencanakan bisnis Thai Tea. Namun sebelum membahas hal itu, ketahui terlebih dahulu pentingnya rencana usaha!

Alasan Pentingnya Membuat Rencana Bisnis

Perencanaan bisnis merupakan hal yang sangat krusial bagi kamu yang baru memulainya. Sebab, suatu rencana baik itu jangka pendek maupun panjang dapat menentukan kesuksesan bisnismu. Terdapat sejumlah alasan pula mengapa kamu harus merencanakan bisnis.

Sebelum mengetahui seputar rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk bisnis Thai Tea, ketahui alasan-alasan mengapa harus membuatnya:

Tren yang Mudah Berubah

Bergantinya zaman tentu saja turut merubah suatu tren yang tengah terjadi. Contohnya tahun 2000 sampai 2010, tren musik yang diminati masyarakat adalah emo. Berbeda dengan sekarang, dimana mayoritas mereka berganti pada musik indie.

Begitu juga bisnis minuman. Terdapat era dimana matcha menjadi idola, hingga Thai Tea, dan boba. Nah, supaya bisnis Thai Tea bisa berinovasi secara berkelanjutan, kamu perlu membuat rencana bisnis yang terus menyesuaikan kebutuhan orang-orang.

Mencegah Kesalahan Fatal

Sudah wajar jika bisnis Thai Tea mendapati kesalahan. Namun tidak dengan kesalahan yang fatal. Maka dari itu, sebelum menyesal, kamu sebaiknya membuat rencana bisnis jangka pendek dan panjang secara detail dengan pertimbangan jelas.

Meningkatkan Modal

Rencana bisnis jangka pendek dan panjang sangat dibutuhkan ketika kamu ingin menggaet investor. Tentu, investor cerdas enggan berinvestasi pada bisnis Thai Tea tanpa rencana bisnis yang jelas, sebab bisa berujung pada penyelewengan modal.

Oleh sebab itu, kamu wajib membuat rencana bisnis yang jelas, kreatif, serta menarik. Jika investor tertarik dengan rencana tersebut, maka mereka akan bersenang hati memberikan modal untuk bisnismu.

Mengontrol dan Menentukan Prioritas Bisnis

Rencana bisnis dapat membantumu dalam menentukan apa yang mustahil dan apa yang bisa dieksekusi, sehingga kamu bisa menentukan prioritas bisnis Thai Tea. Melalui rencana bisnis, kamu bisa mengontrol alur bisnis sesuai tujuan.

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Thai Tea

Rencana jangka pendek memiliki durasi waktu segera, dimana kurang dari satu tahun. Nah, tujuannya sendiri mengarah pada harapan pada waktu terdekat. Selain itu, eksekusinya pun bisa mudah dilakukan.

Sedangkan, rencana jangka panjang sendiri berfokus pada capaian ketetapan tujuan untuk masa mendatang yang diproyeksikan. Tidak sama seperti jangka pendek, rencana ini memerlukan waktu tahunan.

Nah, untuk memudahkan gambaranmu tentang rencana jangka pendek maupun panjang, maka ikuti saja rekomendasi keduanya di bawah ini!

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek Bisnis Thai Tea

Karena rencana jangka pendek ditujukan untuk target yang harus dipenuhi kurang dari satu tahun. Maka rekomendasinya adalah seperti ini:

Mengikuti Event X, Y, dan Z dalam 1 Bulan

Event lokal sangatlah banyak dan tidak pernah surut. Mulai dari konser, pameran seni, bazar, dan pasar malam. Maka dari itu, cantumkan pada rencana jangka pendek untuk mendaftarkan bisnis Thai Tea-mu dalam event itu.

Namun, sebelum berpartisipasi mendirikan stand Thai Tea dalam suatu event, sebaiknya pastikan dulu awareness masyarakat terhadap produk minumanmu. Jika tinggi, maka beranikan saja mendaftar pada 3 event sekaligus.

Mengadakan Giveaway untuk Konsumen

Giveaway merupakan hal yang digemari masyarakat baik itu pelanggan setia Thai Tea-mu maupun calon pelanggan. Maka dari itu, cantumkan pengadaan giveaway pada rencana jangka pendek bisnismu.

Merilis Varian Rasa Thai Tea Baru pada Bulan X

Bisnis Thai Tea wajib melakukan inovasi rasa. Dengan begitu, pelanggan tidak akan bosan. Masukkan rencana rilis varian rasa baru pada bulan tertentu untuk menarik minat pelanggan.

Menjual Thai Tea Varian Baru Sebanyak X dalam 1 Bulan

Varian rasa baru dari Thai Tea yang kamu jual sebaiknya mengandung keunikan dan cita rasa yang enak serta ‘ngangenin’. Dengan begitu, kamu bisa merealisasikan penjualannya sebanyak X gelas pada bulan tertentu.

Rekomendasi Rencana Jangka Panjang Bisnis Thai Tea

Sedangkan, rencana jangka panjang ditujukan untuk target yang harus dipenuhi dalam jangka waktu tahunan. Oleh karena itu, berikut adalah rekomendasinya:

Membuka Cabang Outlet di 20 Kota

Meresmikan cabang baru di 20 kota seluruh Indonesia merupakan hal yang tidak mustahil selama kamu bisa mengelola bisnis Thai Tea secara maksimal. Maka dari itu, jangan pesimis untuk mencantumkan ini pada rencanamu!

Memiliki 100 Pegawai

Berapa jumlah pegawai Thai Tea-mu secara keseluruhan saat ini? Apakah mengalami peningkatan? Jika dalam tahun-tahun terakhir semakin banyak pegawai, maka tidak perlu ragu untuk rencana jangka panjang satu ini.

Menjadikan Bintang K-Pop Sebagai Brand Ambassador

Dewasa ini, hallyu wave semakin melanda tanah air. Maka dari itu, manfaatkan momen ini dalam bisnismu. Jika tidak bisa sekarang, kamu bisa mencantumkannya dalam rencana jangka panjang.

Jangan Takut untuk Berencana!

Jadi itulah pembahasan seputar rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang usaha Thai Tea. Semoga bisa membuatmu terinspirasi dan semakin optimis dengan rencana bisnis Thai Tea-mu sendiri!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​