Home » Strategi Bisnis » Menerapkan Strategi Upsell dalam Bisnis Thai Tea

Menerapkan Strategi Upsell dalam Bisnis Thai Tea

Menjalankan sebuah bisnis tentu kamu ingin keuntungan yang bisa terus meningkat. Untuk itu, kamu harus memahami berbagai macam strategi bisnis. Strategi yang paling banyak digunakan oleh usahawan bisnis minuman dan makanan adalah strategi upsell. 

Kamu sebagai usahawan yang membuka bisnis Thai Tea pun bisa menggunakan strategi ini. Apa itu strategi upsell? Bagaimana menerapkan strategi upsell dalam bisnis Thai Tea? Simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Upsell

Sebelum menuju penjelasan tentang strategi upsell, apakah kamu tahu apa arti dari upsell dalam bisnis? Upsell dalam bisnis adalah sebuah strategi marketing yang bisa membuat konsumen membeli produk yang harganya lebih mahal dari produk awal yang diinginkan.

Contoh yang paling mudah adalah, ketika kamu memesan kopi pada sebuah kafe, kamu akan ditanya oleh penjual “mau tambah toping kak?” Nah, itu adalah contoh dari upselling.

Sebagai contoh lain yang banyak ditemui adalah ketika kamu berbelanja di minimarket dekat rumah kamu. Saat membayar, petugas kasir biasanya akan bertanya, “ingin tambah pulsa kak?”, “ingin tebus murah kak? Dengan menambah 5000 kakak bisa mendapatkan wafer ini.”

Untuk pebisnis, menerapkan strategi upsell dalam bisnis ini sangat menguntungkan. Sebab pendapatan keuntungan per produk mereka akan bertambah.

Manfaat Strategi Upsell

Seperti yang dijelaskan diatas, penggunaan strategi upsell ini sangat berdampak positif bagi para pebisnis. Apa saja manfaat dari strategi upsell? 

Meningkatnya CLV

CLV atau Customer Lifetime Value adalah nilai yang didapatkan dari para konsumen. Selama berbisnis, kita akan mendapatkan berbagai macam jenis pelanggan. Ada yang menguntungkan, ada pula yang tidak menguntungkan.

Dengan strategi upsell, kamu bisa mengubah konsumen tidak menguntungkan menjadi menguntungkan. Untuk bisnis makanan dan minuman, strategi upsell biasanya digunakan kepada konsumen tetap untuk diberikan beberapa keuntungan. Secara teknis, teknik ini bisa menguntungkan konsumen dan pebisnis.

Kepuasan Konsumen Tetap

Konsumen tetap atau biasa kita sebut pelanggan setia merupakan konsumen penting dalam bisnis. Dengan keberadaan mereka, bisnis kamu bisa lebih meningkat.

Untuk mendapatkan kepuasan konsumen ini, kamu bisa memanfaatkan upselling. Kamu bisa memberikan promo menarik yang pastinya bisa menguntungkan bisnismu serta menguntungkan konsumen. 

Mendapatkan Kepuasan Konsumen

Terkadang, saat akan memilih menu minuman banyak pelanggan akan bingung. Dengan up selling produk, pelanggan mungkin akan puas dengan pelayanan. 

Meningkatkan Hubungan Baik dengan Konsumen

Seperti yang dikatakan di atas, dengan mengajukan penawaran-penawaran menarik kamu akan membuat konsumen produk kamu merasa puas. Dengan ini, hubungan antara bisnis dan konsumen akan berjalan dengan baik. 

Strategi Upsell dalam Bisnis Thai Tea

Seperti yang sudah dijelaskan, menggunakan strategi upsell merupakan cara cerdas untuk mendapatkan keuntungan, baik untuk kamu sebagai pebisnis ataupun konsumen produk kamu. 

Untuk kamu yang mempunyai bisnis Thai Tea, kamu bisa menggunakan strategi ini agar bisnis kamu dapat meningkat. Bagaimana menerapkan strategi upsell dalam bisnis  Thai Tea? Berikut uraiannya!

Sebelum Menjual Produk

Saat yang tepat untuk menerapkan strategi upselling adalah saat konsumen belum menentukan pilihan menu yang akan dibeli. 

Saat mereka sedang memilih menu apa yang pas untuk dikonsumsi, sebaiknya tawarkan beberapa menu kepada konsumen. Kamu bisa mulai dengan merekomendasikan menu andalan Thai Tea di kedai kamu, lalu bisa lanjut dengan menu promo atau menu baru.

Ketika Menjual Produk

Selain saat konsumen memilih menu, kamu pun bisa upselling ketika mereka selesai memesan menu. Kamu bisa menawarkan beberapa topping tambahan, atau merekomendasikan menu dessert untuk dikonsumsi. 

Sesudah Transaksi Penjualan

Strategi terakhir, kamu bisa menggunakan strategi ini saat transaksi penjualan usai. Strategi ini bisa digunakan melalui sosial media ataupun layanan online seperti Go Food atau Grab Food.

Kamu bisa mempromosikan menu upselling kamu kepada pelanggan lewat media online tadi. Misalkan bertambahanya menu baru atau diskon untuk beberapa menu. Dijamin, konsumen akan mencoba membeli menu tersebut saat kembali ke kedai Thai Tea kamu.

Menerapkan Strategi Upsell untuk Bisnis Thai Tea

Untuk menerapkan strategi ini, kamu harus mengetahui beberapa hal. Apa saja itu?

Pahamilah Kebutuhan Konsumen

Memahami kebutuhan konsumen sangat perlu dalam menjalankan bisnis. Untuk bisnis Thai Tea ini pun, kamu harus tahu apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen.

Seperti yang dicontohkan diatas, ketika konsumen sedang bingung memilih menu, kamu harus paham dan merekomendasikan menu apa yang cocok untuk mereka konsumsi. Dengan ini, konsumen akan puas dengan pelayanan yang disediakan oleh kedai Thai Tea kamu. 

Menawarkan Produk Promosi

Penerapan selanjutnya, kamu bisa menawarkan beberapa menu Thai Tea kamu yang sedang mempunyai harga spesial. Penawaran ini akan membuat konsumen menjadi tahu ada produk yang sedang promo di kedai Thai Tea kamu. 

Misalkan saat mereka memesan Thai Tea original, kamu bisa merekomendasikan tambahan menu lain dengan harga tertentu. Atau, kamu bisa menawarkan menu lain yang sedang promo saat itu. 

Pahami Budget Konsumen

Saat sedang memesan menu, kamu akan tahu berapa budget yang akan dikeluarkan oleh konsumen. Nah, pada saat inilah waktu yang tepat untuk kamu menerapkan strategi upselling ini! 

Kamu bisa menawarkan menu yang lebih mahal kepada konsumen. Namun, pastikan menu ini memiliki kualitas yang lebih bagus dari menu awal yang dipesan konsumen. 

Menawarkan Produk yang Lebih Besar

Penerapan strategi upsell yang terakhir adalah menawrkan produk dengan ukuran lebih besar kepada konsumen.

Misalkan konsumen memesan minuman Thai Tea dengan ukuran sedang, kamu bisa menawarkan ukuran minuman yang Tall dengan harga khusus.

Siap Untung dengan Strategi Upsell?

Sekarang kamu paham kan dengan strategi upsell? Strategi ini memang menguntungkan untuk pelaku bisnis makanan dan minuman. Kamu bisa menerapkan strategi upsell dalam bisnis Thai Tea milik kamu. Semoga berhasil!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​