4 Strategi Analisis Peluang Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Strategi Analisis Peluang Pasar

Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah strategi analisis peluang pasar, bukan?

Ya, strategi ini biasanya digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi bisnis.

Analisis peluang pasar adalah kegiatan yang dilakukan berupa riset oleh seorang pelaku usaha.

Biasanya, riset tersebut mereka lakukan pada lingkungan eksternal yang mempengaruhi kegiatan bisnis.

Analisis ini mencakup di mana dan bagaimana kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Adapun tujuan dari riset peluang pasar ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor luar yang mempengaruhi bisnis kamu.

Hasil dari analisis tersebut bisa membantu kamu dalam mengetahui, apakah produk yang akan dipasarkan bisa diterima dengan baik atau tidak.

Selain itu, hasil analisis membuat kamu dapat memprioritaskan ide bisnis baru berdasarkan potensi keuntungan dan resikonya.

Lebih lanjut, analisis peluang pasar berperan penting dalam mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan produk yang akan kamu tawarkan.


Strategi Analisis Peluang Pasar

Dalam proses analisis, terdapat 4 strategi yang harus kamu lakukan sebagai cara untuk mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi kegiatan usaha, antara lain:

Identifikasi Kebutuhan Konsumen

Strategi analisis peluang pasar yang pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen.

Hal ini berguna untuk mengetahui peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha.

Dengan memahami apa yang konsumen butuhkan, maka bisnis dapat berkembang dengan menerapkan strategi yang tepat.

Baca Juga: Karakter Konsumen dan Cara Memahaminya

Misalnya, kamu akan memulai bisnis makanan sehat. Kemudian, kamu harus melakukan riset pasar terkait hal tersebut. Setelah itu, kamu menemukan bahwa ada kenaikan terhadap kesadaran konsumen akan pentingnya pola makan sehat. 

Kamu juga menemukan bahwa banyak konsumen kesusahan untuk menemukan makanan sehat.

Ada beberapa metode untuk mengetahui kebutuhan konsumen.

Misalnya melakukan survey dan bertanya kepada konsumen. Kamu juga bisa mengobservasi followers di media sosial dengan menyebarkan kuesioner.

Lakukan juga riset pasar untuk memahami tren terkini dalam industri terkait dengan bisnis yang kamu jalankan.

Tinjau data-data yang kamu dapatkan untuk mendapat gambaran mengenai kebutuhan konsumen yang sedang berkembang.

Pahami Konsumen

Pada setiap kesempatan yang kamu miliki, pelanggan akan memberi feedback tentang produk kamu.

Misalnya, apakah produk tersebut memenuhi kebutuhan mereka, apa mereka memiliki daya beli untuk itu, dan bagaimana mereka membuat keputusan pembelian.

Untuk itu, buatlah survei untuk memahami konsumen.

Sederhananya, strategi analisis peluang pasar ini adalah mencoba memahami kebutuhan dan perilaku konsumen. Sebab, dengan memahami mereka, kamu akan menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik.

Selain itu, jika kamu memahami sepenuhnya kebutuhan konsumen, maka akan mendukung mereka akan jauh lebih sederhana dan lebih cepat.

Menurut IPSOS, sebagian besar konsumen menelusuri secara online menggunakan perangkat seluler untuk mencari inspirasi berbelanja.

Metode word of mouth dan rekomendasi di media sosial dari pelanggan memiliki pengaruh yang sama dengan iklan. Untuk itu, gunakan media sosial seperti Facebook untuk mempromosikan barang.

Selain itu, jika kamu bisa memahami konsumen, review yang mereka berikan terhadap bisnis bisa saja positif dan hal tersebut baik untuk kamu.

Sebab, menurut Bright Local, 98% konsumen membaca ulasan online ketika mencari bisnis lokal (sebelum melakukan aksi lebih lanjut).

Baca Juga: Strategi Menarik Konsumen Baru Agar Menjadi Pelanggan Setia

Menentukan Target Pasar

Setelah melakukan analisa terhadap konsumen dari segi perilaku dan kebutuhan, strategi analisis peluang pasar selanjutnya adalah menetapkan target pasar dari bisnis kamu.

Sebab, hal ini mempermudah dalam menentukan jenis produk yang akan kamu tawarkan dan lebih memikat para calon konsumen.

Contohnya, Apple memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan menargetkan konsumen yang paham akan teknologi.

Jadi, dengan berfokus pada inovasi, desain, dan pengalaman pengguna, mereka bisa merebut pangsa pasar di berbagai produk, seperti smartphone, tablet, dan komputer.

Apple sendiri membentuk basis pelanggan setia dan ekosistem Apple itu sendiri. Alhasil, pendapatan Apple di tahun 2021 mencapai USD365.700.000.000.

Hal tersebut menunjukan keberhasilan Apple dalam pemasaran yang tertarget. Selain itu, menentukan target market bisa memudahkan kamu untuk memikirkan ide tentang strategi pemasaran agar sesuai, jelas, dan terarah.

Contohnya Nike. Dengan menentukan target pasarnya, mereka dapat menyelaraskan kampanye pemasaran, sponsorship, dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan olahragawan/atlet di seluruh dunia. Terbukti, pendapatan Nike tumbuh secara konsisten, yakni mencapai USD44.500.000.000 pada tahun fiscal 2021.

Riset Kompetitor

Strategi analisis peluang pasar  terakhir adalah riset terhadap kompetitor, bukan hanya konsumen.

Untuk itu, perlu wawasan yang mendalam tentang pesaing, supaya mendapatkan pemahaman tentang pasar yang kamu ingin geluti. Lebih lanjut, cobalah analisa nilai produk yang kamu tawarkan dan bandingkan dengan penawaran dari kompetitor.

Menurut GWI, konsumen melakukan riset untuk memutuskan apa yang akan mereka beli.

Sebagian besar, mereka memeriksa kualitas dengan membaca ulasan pelanggan lain dan banyak menonton video.

Mereka juga membandingkan harga dan memeriksa ketersediaan di beberapa brand dengan secara online dan offline.

Dari data tersebut, bisa disimpulkan bahwa riset terhadap kompetitor cukup penting, karena kamu dapat membuat produk kamu lebih baik dari kompetitor.

Sebab, kamu dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk mereka. Kamu juga dapat mengetahui kelemahan produk dan mengetahui brand positioning kamu.

Itulah penjelasan tentang analisa peluang pasar mulai dari pengertian dan strateginya.

Setelah melakukan cara-cara di atas, kamu bisa memperoleh laporan analisis peluang pasar. Kemudian, laporan tersebut dapat menjadi panduan kamu dalam mengelola bisnis.

Pinjaman Modal Usaha

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.