6 Usaha Jangka Panjang di Desa untuk Siapkan Masa Pensiunmu

Usaha Jangka Panjang di Desa

Usaha jangka panjang di desa sering menjadi topik perbincangan hangat di tengah masyarakat.

Hal ini tentunya berkaitan dengan keinginan warga kota besar yang ingin mendapatkan kualitas hidup lebih baik dikemudian hari.

Tinggal di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadi impian bagi sebagian masyarakat yang mendambakan ketengangan. 

Oleh karena itu, menikmati masa pensiun sambil mengelola bisnis di desa sepertinya menjadi ide yang cukup menarik.

Berikut pilihannya:


Usaha Toko Sembako

Bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di pedesaan, akses ke pusat perbelanjaan yang lebih besar atau supermarket lebih terbatas daripada masyarakat perkotaan. 

Jadi, dengan mendirikan toko sembako di desa, masyarakat setempat memiliki akses yang lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, tanpa harus bepergian jauh. 

Agar bisa menjadi bisnis yang tahan lama dan awet, kamu bisa pertimbangkan untuk melakukan diversifikasi produk.

Maksudnya, tidak hanya sekedar menjual kebutuhan pokok saja saja, kamu juga bisa menjual berbagai barang kebutuhan sekunder lainnya.

Misalnya alat-alat kebersihan, makanan ringan, minuman, sabun, deterjen, dll.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah, senantiasa menjaga kepercayaan pelanggan, prioritaskan hubungan personal dengan pelanggan supaya lebih akrab.

Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha di desa, yakni agar toko sembako kamu memiliki reputasi baik dan bertahan lama.


Membuka SPBU Mini

Meskipun di desa, hampir setiap rumah penduduknya memiliki minimal satu kendaraan berbasis sepeda motor.

Melihat hal tersebut, tentu ini jadi kesempatan bagus buat kamu untuk memulai bisnis pom bensin mini yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Terutama kalau rumah kamu di desa memiliki akses jalan yang cukup lebar (untuk dilewati truk tangki bensin) dan lahan yang cukup luas (sekitar 200 meter).

Pasalnya, kini Pertamina membuka peluang kerjasama dengan menawarkan program franchise bisnis Pertashop

Modal awal yang harus kamu keluarkan memang cukup besar, yakni mulai dari Rp250.000.000,00-an, tapi estimasi pendapatannya per hari cukup menjanjikan.

Bayangkan saja, jika kamu berhasil menjual antara 1–1000 liter per hari, maka keuntungan yang kamu peroleh adalah sebesar Rp850,00/liter. 

Dan estimasi pendapatan per harinya adalah minimal 400 liter.

Jadi, setiap harinya, kamu berpotensi memperoleh keuntungan minimal Rp340.000,00/hari atau sekitar Rp10.200.000,00/bulan. Lumayan, kan?

Agen Gas LPG

Selain bensin, gas LPG juga menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat pedesaan.

Tak heran jika bisnis ini selalu laku keras dan bisa jadi usaha jangka panjang di desa.

Ada beberapa keunggulan yang patut kamu pertimbangkan jika berniat menjalankan usaha agen gas elpiji di desa.

Pertama, banyak dibutuhkan orang, baik itu untuk keperluan rutin rumah tangga maupun bisnis kuliner.

Hal tersebut selaras dengan data dari Badan Pusat Statistik yang menunjukkan kenaikan rasio penggunaan gas rumah tangga setiap tahunnya, yakni pada tahun 2020 sebesar 81,98% dan tahun 2022 meningkat ke 87,12%.

Kedua, harganya relatif stabil. Meskipun ada lonjakan harga yang tiba-tiba, keuntungan pun akan ikut bertambah. 

Terlebih lagi jika terjadi kelangkaan gas elpiji akibat kurangnya suplai dari Pertamina, harganya bisa melambung dan menjadi potensi keuntungan yang besar.

Bertani Hidroponik

Pertanian hidroponik adalah metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam utama, melainkan menggunakan air yang dicampur dengan berbagai jenis nutrisi.

Jenis bisnis ini bisa menjadi peluang usaha jangka panjang di desa, terutama jika kamu memiliki lahan terbatas. 

Selain menjual hasil panennya, kamu juga bisa memanfaatkan platform seperti YouTube dan membuat konten yang berkaitan dengan budidaya tanaman hidroponik.

Dengan mendaftarkan channel tersebut ke Google Adsense, kamu bisa mendapatkan passive income dari iklan atau adsense YouTube.

Apalagi, menurut data dari laman Forbes 3 Desember 2018, jika kamu berhasil mendapatkan 1 juta akun yang menonton konten video kamu di YouTube, maka kamu berpeluang menghasilkan 500 dollar AS lebih atau sekitar Rp7.200.000,00 per bulan.

Membuka Usaha Jasa MUA di Desa

Bagi kamu yang tinggal di desa dan punya skill makeup, coba buka jasa MUA.

Apalagi tingkat persaingan usaha ini masih tergolong minim di wilayah desa, sehingga bisa jadi peluang usaha jangka panjang yang menjanjikan. 

Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasa MUA sederhana, seperti merias anak-anak, pertunangan, atau wisuda.

Seiring berjalannya waktu dan skill MUA kamu semakin dikenal, kamu berpotensi merias untuk acara-acara besar seperti pernikahan, pastinya dengan bayaran yang semakin menggiurkan.

Bisnis Homestay

Jangan salah, bisnis penginapan atau homestay tidak hanya laku di wilayah perkotaan saja, loh. Usaha homestay di desa juga punya potensi keuntungan jangka panjang.

Lantaran kecenderungan masyarakat yang saat ini lebih suka menikmati objek wisata yang eksotis dan alami di pedesaan daripada ke mall atau taman hiburan.

Masalahnya, sebagian besar obyek wisata ada di pedesaan, tapi justru kebanyakan tempat menginap ada di kota-kota besar.

Kesempatan inilah yang bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis penginapan, terutama jika kamu tinggal di desa dengan potensi wisata yang bagus.

Modal yang diperlukan juga tidak sebesar yang kamu bayangkan, kok.

Kamu tidak perlu membangun bangunan dengan spesifikasi hotel. 

Cukup siapkan rumah sederhana dengan beberapa kamar yang bersih, memiliki sirkulasi cahaya dan udara yang baik, serta mudah dijangkau.

Menggunakan rumah kamu sendiri, kemudian menyewakan kamar yang terpakai juga tak masalah, kok.


Itulah beberapa rekomendasi usaha di desa yang keuntungannya bisa untuk meningkatkan taraf hidup jangka panjang, seperti masa pensiun.

Selain mendatangkan keuntungan pribadi, kamu juga berkesempatan untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat desa sekitar, loh.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.