Home » Strategi-bisnis » 5 Tantangan dan Solusinya untuk Bisnis Wisata Indonesia

5 Tantangan dan Solusinya untuk Bisnis Wisata Indonesia

5 Tantangan dan Solusinya untuk Bisnis Wisata Indonesia

Tren industri wisata sudah bergeser sejak pertumbuhan teknologi dan dunia digital. Jika dulu kamu mengunjungi agen perjalanan secara langsung, sekarang pelanggan mulai mencari informasi wisata secara online melalui mesin pencari atau media sosial. Sehingga, memberikan tantangan sendiri bagi para pemilik bisnis wisata.

5 Tantangan dan Solusinya untuk Bisnis Wisata

Jangan takut dalam menghadapi tantangan umum di dalam industri wisata! Berikut ini penjabaran tentang 5 tantangan beserta solusi untuk mempertahankan bisnis wisata kamu:

Website Bisnis untuk Membangun Kredibilitas

Beberapa tahun belakang ini, banyak pelanggan yang menjadi korban penipuan travel agency. Hal ini lah yang membuat audiens sulit untuk mempercayai travel agency baru dan lebih memilih untuk memesan paket wisata di perusahaan ternama.

Salah satu siasat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membangun website bisnis yang responsif. Di website itu, kamu bisa memasukkan paket-paket wisata, harga wisata, promo, frequently ask and question (FAQ), review, dan lain sebagainya.

Tips optimasi website bisnis:

  • Bangun website bisnis responsif dengan tampilan user friendly.
  • Investasi di SEO dan content marketing.
  • Fokus menampilkan nilai dan layanan wisata.
  • Dongkrak traffic website dengan Google Ads.

Harga membangun website juga terbilang cukup murah. Hanya dengan modal Rp 600 ribu kamu sudah bisa mendapatkan hosting unlimited+domain untuk 1 tahun di Niagahoster. Menariknya, Niagahoster juga menyediakan layanan pembuatan website siap pakai. 

Kembangkan Pelayanan Wisata

Salah satu cara untuk mencuri perhatian dan hati pelanggan di bisnis wisata adalah dengan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Ingat, tidak semua pelanggan yang mengikuti travel kamu pernah berwisata ke luar negeri atau ke luar kota. Banyak dari mereka yang tidak paham bagaimana prosedur menaiki pesawat, berbelanja, dan lain sebagainya.

Solusi untuk tantangan bisnis wisata ini, yaitu:

  • Pekerjakan tour guide berpengalaman dan latih cara berkomunikasi dan layanan mereka sesuai dengan SOP perusahaan kamu.
  • Pelajari perilaku konsumen. Ingat, tidak semua pelanggan memiliki pengalaman wisata.
  • Cari informasi penting dan menarik di destinasi tujuan. Umumnya, wisatawan akan mengandalkan kamu sebagai penyelenggara untuk menanyakan banyak hal, mulai dari tempat belanja, penukaran uang, tempat foto menarik, dan lain sebagainya.

Buat Paket Wisata Lebih Menarik

Seperti yang kamu tahu, saat ini sudah ada banyak sekali bisnis travel yang bisa ditemukan di media sosial. Kebanyakan dari mereka adalah memberikan paket wisata group dengan destinasi wisata yang hampir sama dengan travel agency lainnya.

Umumnya, travel agency yang kamu temukan menawarkan paket wisata murah. Memang target pasar ini cukup besar dan memberikan keuntungan yang banyak. Tapi, kenapa mereka harus menggunakan layanan kamu daripada kompetitor?

Apakah mereka melihat dari harga, destinasi wisata, layanan, atau hal lainnya? Jika kamu mengincar pasar ini, setidaknya kamu harus memberikan layanan yang unik.

Contoh:

Travel A menawarkan paket wisata ke Singapore, Malaysia, Thailand seharga Rp 8 juta untuk 6 hari. Paket sudah termasuk tiket pesawat, hotel bintang, tour guide, dan driver.

Kamu bisa menawarkan paket wisata 4 negara, Singapore, Malaysia, Kamboja, dan Thailand seharga Rp 9 juta untuk 7 hari. Paket tersebut sudah termasuk tiket pesawat, hotel bintang, tour guide, dan driver.

Tentu pelanggan akan lebih memilih layanan paket yang kamu tawarkan, karena dengan menambah Rp 1 juta saja, mereka bisa berkunjung ke 4 negara dalam 7 hari.

Selain itu, pastikan destinasi wisata ke Thailand di paket wisata kamu menuju Bangkok. Karena beberapa travel agency menawarkan paket wisata 3 negara termasuk Thailand, namun tidak mengunjungi Bangkok melainkan Hatyai.

Tingkatkan Layanan Pelanggan

Pelanggan sangat senang sekali saat diberikan pelayanan yang baik. Apalagi, layanan perjalanan wisata mereka sesuai dengan harapan dan keinginan mereka. Tentu mereka akan merasa sangat diperhatikan dan istimewa.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan layanan pelanggan sesuai dengan preferensi mereka:

  • Dengarkan dan analisa ulasan atau umpan balik dari pelanggan. Kumpulkan semua feedback dari mereka supaya kamu tahu hal apa saja yang harus diperbaiki dan layanan apa saja yang bisa kamu kembangkan.
  • Raih pelanggan dengan memberikan fasilitas yang memudahkan mereka untuk melakukan pembayaran, memesan secara online, dan pilihan destinasi wisata yang menarik.

Maksimalkan Media Sosial untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

Industri ini akan membuat kamu terus berkomunikasi dengan pelanggan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui tren, kebutuhan, dan harapan mereka saat ingin berwisata. Salah satu cara untuk mengenal pelanggan adalah dengan menggunakan media sosial, seperti berikut ini: 

  • Manfaatkan media sosial sebagai platform untuk membuat konten inspirasi, edukasi, saran, tips, dan sebagainya. Dari sini, kamu dapat mengetahui minat pelanggan dengan baik.
  • Buatlah daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan beserta jawabannya. Umumnya, pertanyaan ini menunjukkan kekhawatiran saat memilih travel agency yang tepat untuk perjalanan mereka.
  • Mintalah saran, tanggapan, dan keluhan di media sosial. Hal ini sangat penting supaya kamu mengetahui hal apa saja yang harus kamu perbaiki di sistem layanan bisnis kamu.

Salah satu perusahaan yang sering mengandalkan media sosial untuk berkomunikasi dan kampanye mereka adalah Traveloka.

Pada bulan Juni kemarin, Traveloka mengadakan giveaway berhadiah untuk para pengguna aplikasi Traveloka. Mereka mengajak penggunanya untuk membuat kreasi video traveling mereka dan mengunggahnya di media sosial mereka dengan mencantumkan hashtag #LihatDuniaLagi.

Untuk contoh brand yang sering melempar konten untuk berkomunikasi dengan pelanggannya, kamu bisa contek nih caranya heymale.id.

Di konten video ini, mereka ingin tahu kebiasaan para pelanggan mereka saat belanja pakaian. Apakah mereka sering belanja secara offline atau online. Tentu konten ini akan membuat para pelanggan mereka sukarela memberi jawaban masing-masing di kolom komentar.

Selain menambah engagement, heymale.id juga tahu perilaku konsumen dan proses konsumen untuk membeli sebuah produk atau barang.

Yuk, Ubah Tantangan Menjadi Peluang Bisnis Wisata!

Setiap bisnis wisata pasti memiliki beberapa tantangan yang harus mereka lewati. Mari ubah pola pikir kamu untuk mengubah tantangan menjadi peluang yang besar demi mempertahankan bisnis!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis wisata kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Tantangan dan Solusinya untuk Bisnis Wisata Indonesia

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​