Apa Itu Bunga Deposito? Definisi, Kelebihan, & Kekurangannya

apa itu bunga deposito

Demi menyelamatkan uang dari inflasi dan mempersiapkan masa depan, banyak orang yang memilih untuk berinvestasi. Salah satu cara yang cukup populer adalah menggunakan produk deposito di bank untuk mendapatkan bunga. Apa itu bunga deposito? Inilah yang akan kita kupas tuntas dalam artikel ini. Penasaran?

Apa Itu Bunga Deposito?

Deposito sendiri berarti simpanan yang tidak dapat cair sewaktu-waktu. Supaya bisa mencairkannya, kita perlu menunggu hingga jangka waktu yang sudah disepakati antara pihak bank dan nasabah. Selain itu, nasabah juga wajib memenuhi beberapa syarat tertentu untuk melakukan pencairan dana tersebut.

Lalu, di dalam deposito terdapat suku bunga. Apa itu suku bunga deposito? Pengertian singkatnya adalah nilai yang nasabah dapatkan dari bank sebagai imbalan atas simpanan dana nasabah. Bunga tersebut akan diberikan pada kemudian hari.

Suku bunga deposito mirip dengan suku bunga pada jenis simpanan lain. Besarnya tergantung pada beberapa faktor yang saling terkait. Tingkat suku bunga ini bisa bervariasi, umumnya antara 3% hingga 6%, tergantung pada berapa lama Anda menyimpan uang di deposito. 

Selain itu, kebijakan bank juga turut memengaruhi besaran suku bunga deposito. Jadi, ketika memilih deposito, perhatikan baik-baik tingkat suku bunga dan kebijakan bank untuk memastikan keputusan investasi Anda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial.

Meskipun deposito tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu, beberapa bank menyediakan opsi untuk mengambil bunga deposito pada interval waktu tertentu, mirip dengan mendapatkan pendapatan rutin seperti gaji. 

Time deposit, yang umumnya diterapkan di perbankan Indonesia adalah jenis deposito berjangka dengan berbagai bentuk. Di dalam time deposit, bank berkewajiban membayar bunga sesuai dengan tingkat yang disepakati selama jangka waktu yang telah ditentukan oleh nasabah. Semua ini memungkinkan nasabah mendapatkan keuntungan finansial melalui deposito mereka.

Baca juga: Apa itu Deposito Berjangka? Ketahui Keuntungan dan Karakteristiknya

Jenis-jenis Bunga Deposito

Terdapat beberapa jenis bunga deposito yang dapat dipilih oleh nasabah, antara lain:

Bunga Deposito Flat

Bunga deposito flat adalah jenis bunga deposito yang tetap sepanjang masa berlakunya deposito. Hal ini berarti nasabah akan menerima jumlah bunga yang sama setiap bulannya tanpa adanya perubahan.

Bunga Deposito Berjangka

Bunga deposito berjangka adalah bunga deposito yang tetap dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara bank dan nasabah. Jangka waktu deposito bisa bervariasi mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Bunga Deposito Escalating

Bunga deposito escalating adalah jenis bunga deposito yang meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini membuat nasabah mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika mereka memilih untuk menempatkan dana dalam deposito untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Tenor Deposito adalah: Pengertian, Tips Memilih, dan Daftarnya

Perbedaan Bunga Deposito dan Bunga Tabungan

Bunga deposito dan bunga tabungan adalah dua hal yang berbeda meskipun keduanya berkaitan dengan penghasilan dari simpanan dana. Bunga tabungan umumnya lebih rendah dibandingkan dengan bunga deposito, namun tabungan lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Tak hanya memahami apa itu bunga deposito, penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perhitungannya sebelum memutuskan investasi pada instrumen ini.

Cara menghitung bunga deposito dapat dijelaskan dengan menggunakan rumus berikut.

Misalnya, untuk setoran awal Rp100.000.000,00 dengan tenor tiga bulan, suku bunga tahunan 3%, serta pajak bunga deposito 20%. Maka, rumus yang dapat Anda gunakan adalah:

Suku Bunga Tahunan × Setoran Deposito x Jumlah Hari Dalam 1 Bulan x Imbal Hasil Setelah Dikurangi Pajak / Hari Dalam Setahun

Dengan nilai yang telah diberikan, hasilnya dapat dijabarkan sebagai berikut:

3%×100.000.000,00×30×80%/365 = Rp200.000,00 per bulan

Ini adalah contoh perkiraan keuntungan bulanan dari deposito dengan parameter-parameter yang telah disebutkan. Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar jika memiliki setoran awal lebih besar.

Baca juga: 8 Cara Menabung dengan Cepat Supaya Finansial Aman

Kelebihan Investasi pada Deposito

Deposito memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi nilai tambah bagi nasabahnya.  Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Menabung dengan Cepat: Deposit membantu nasabah menabung dengan cepat, karena dana tidak dapat ditarik sebelum jangka waktu deposito berakhir.
  2. Bunga Lebih Besar: Deposit menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, memberikan potensi keuntungan lebih besar.
  3. Bunga Deposito Tetap: Sistem bunga tetap, dengan jangka waktu yang pasti, mencegah nasabah dari fluktuasi risiko.
  4. Minim Risiko: Deposit minim risiko, karena tidak terpengaruh oleh naik turunnya kondisi pasar, dengan jaminan keamanan dari Lembaga Penjamin Simpanan.

Kekurangan Investasi Deposito

Namun, deposito juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  1. Keuntungan Lebih Kecil Dibanding Investasi Lain: Potensi keuntungan lebih kecil dibandingkan dengan investasi yang berisiko tinggi.
  2. Terpengaruh Inflasi dan Biaya Pajak: Deposit dapat terpengaruh oleh inflasi dan dikenai biaya pajak, sehingga mengurangi nilai uang yang diinvestasikan.
  3. Tidak Dapat Dicairkan Kapan Saja: Deposit memiliki jangka waktu tertentu, sehingga tidak dapat dicairkan sebelum jangka waktu berakhir, dengan konsekuensi denda apabila mencairkannya sebelum tanggal jatuh tempo..
  4. Tidak Memperoleh Keuntungan Meski Bunga Bank Tinggi: Sistem bunga tetap membuat nasabah tidak bisa memperoleh keuntungan lebih, saat suku bunga bank sedang tinggi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Deposito Mudharabah, Keuntungan dan Syarat

Kesimpulan

Bunga deposito adalah bunga yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas simpanan dana dalam jangka waktu tertentu. Meskipun dianggap sebagai investasi yang relatif aman, namun nasabah perlu memahami risiko dan keuntungan dari investasi deposito sebelum memutuskan untuk menempatkan dana mereka. Dengan memilih produk deposito yang tepat dan mengelola dana secara bijak, nasabah dapat memaksimalkan potensi pendapatan dari bunga deposito.

Kamu bisa mencoba produk investasi deposito dari KoinWorks Bank dengan bunga hingga 6,75% per tahun yang telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) keamanannya. Buka deposito sekarang dan langsung dapatkan hadiah hingga 12 juta.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.