5 Tips Sukses Jalani Bisnis Bersama Teman

mitigasi risiko - bisnis-sukses-tips-bersama temann-

5 Tips Sukses Jalani Bisnis Bersama Teman – Menjalani bisnis bersama teman dianggap lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan menjalinnya bersama orang yang baru dikenal.

Pemahaman karakter satu sama lain bisa menjadi modal awal untuk memperkuat kerja sama tersebut. Sayangnya, ada juga beberapa orang yang malah berakhir dengan permusuhan, lantaran ada selisih paham pada satu dan lain hal.

Baca Juga: 3 Ilmu Penting yang Perlu Diketahui untuk Para Calon Pebisnis

Jika Anda tidak bisa memisahkan hubungan pribadi dengan pekerjaan, ini bisa menjadi masalah untuk Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih teman sebagai mitra Anda bekerja.

Berikut adalah 5 tips yang harus kamu lakukan jika ingin memulai bisnis Anda bersama teman.


5 Tips Sukses Jalani Bisnis Bersama Teman

Buat Perjanjian Kerja Secara Jelas

perjanjian kerja-sukses-bisnis-teman

Satu hal yang harus selalu diingat adalah bedakan urusan pertemanan Anda dengan urusan pekerjaan. Anda harus terlebih dahulu menyusun perjanjian kerja sama ‘hitam di atas putih’ sebelum memulai bisnis tersebut.

Banyak kasus bisnis yang gagal dan berujung sengketa karena tidak adanya kesepakatan dalam berbagai hal, seperti mengatur pembagian keuntungan, jabatan, juga keputusan apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga.


Samakan Visi dan Misi
teman-bisnis-visi-misi

Visi dan Misi dalam sebuah bisnis dapat mengantarkan Anda ke arah tujuan usaha Anda dan teman Anda, jadi jangan pernah sepelekan tentang visi dan misi.

Menyamakan visi dan misi ini juga tentu dapat memabantu Anda bersama teman Anda agar lebih kompak dan mempermudah dalam hal pengambilan keputusan .


Transparan dan Percayakan pada Teman Anda

bisnis-teman-percaya-transparan

Jangan sampai krisis kepercayaan menimpa Anda dan teman Anda, karena ini dapat menjadi risiko yang paling besar.

Transparansi dalam segala hal sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah kepercayaan di antara kalian agar nantinya kedua belah pihak bisa berlaku adil.

Terutama masalah laporan operasional mingguan, keungan, dan bayak hal lainnya.


Buang Ego Masing-Masing

tips-bisnis-tidak egois-brainstorming

Menyatukan dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda tentunya akan terasa sulit. Untuk itu, buanglah ego Anda terlebih dahulu agar bisnis tersebut dapat baik sesuai dengan rencana.

Baca Juga: 7 Tips Untuk Menjadi Pebisnis yang Produktif dan Terhindar dari Stres

Utamakan kepentingan bersama demi tercapainya tujuan bisnis Anda. Jika ide Anda dirasa memang kurang baik untuk jalannya bisnis, maka turunkanlah ego Anda dan pakailah ide yang terbaik untuk kemajuan bisnis tersebut.


Siap Menerima Risiko

teman-bisnis-berani-ambil risiko-resiko

Jangan takut untuk mengambil dan menerima risiko. Bersiaplah untuk bertindak berani dalam menerima segala kemungkinan yang bisa terjadi pada bisnis Anda.

Pelajari dulu segala konsekuensi yang dapat ditimbulkan dari kebijakan Anda dan teman Anda dan tanggunglah hal itu secara bersama-sama, agar tidak berakhir menjadi perselisihan di kemudian hari.

Berikut adalah 5 tips sukses yang bisa Anda ikuti untuk membuat kerja sama bisnis Anda dan teman Anda mampu berkembang ke arah yang semestisnya.

Baca Juga: 7 Risiko Investasi Yang Perlu Diketahui

Namun perlu diingat, bisnis yang berkembang tentu perlu modal yang tidak sedikit juga bukan?

Nah, jika Anda dan teman Anda membutuhkan modal usaha segeralah ajukan pinjaman ke KoinWorks, platform P2P Lending yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Dapatkan pinjaman mulai dar Rp 10 juta hingga Rp 2 Miliar dengan bunga mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Tunggu apalagi, ayo ajukan sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.