Cara Memastikan SOP Berjalan dengan Sesuai dalam Bisnis Minuman-mu

cara memasikan sop berjalan dengan sesuai dalam bisnis minuman kekinian kamu

SOP atau Standard Operating Procedure merupakan sebuah prosedur yang berguna untuk mengatur jalannya proses operasional suatu pekerjaan yang telah terstandarisasi.

Sebuah bisnis apapun itu harus memiliki SOP agar kinerja bisnis tersebut bisa teratur dan sesuai dengan harapan. Sebagai pemilik bisnis minuman kekinian, tentunya kamu harus mengetahui bagaimana cara memastikan SOP berjalan dengan sesuai pada bisnis minuman milik kamu.

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana cara yang bisa kamu lakukan?

Nah, bagi kamu yang masih belum mengetahui bagaimana cara memastikannya, berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai hal tersebut. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak caranya berikut ini!


Cara Memastikan SOP Berjalan Sesuai dalam Bisnis Minuman Kamu

1. Mempekerjakan Seorang Store Manager

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan SOP berjalan dengan sesuai pada bisnis minuman kamu adalah dengan mempekerjakan seorang store manager.

Apa itu store manager? Bagaimana pengaruhnya terhadap berjalannya SOP pada bisnis minuman kamu?

Nah, berikut akan kamu ketahui keterkaitan store manager ini dengan jalannya SOP pada bisnis minuman kamu.

Seorang store manager memiliki tanggung jawab untuk bertanggung jawab terhadap toko yang ia pimpin. Seorang store manager harus bisa mengelola dan menjamin bahwa toko benar-benar bisa berjalan sesuai harapan tanpa ada yang melenceng.

Untuk memastikan hal tersebut, seorang store manager akan menggunakan SOP sebagai patokannya dalam mengelola toko yang ia pimpin.

Penggunaan SOP ini, berguna untuk mempermudah seorang store manager dalam mengatur dan mengarahkan bagaimana jalannya proses yang ada di toko.

Karena menggunakan SOP sebagai patokannya, maka seorang store manager akan berusaha untuk memastikan toko yang ia kelola benar-benar sesuai dengan SOP. Hal inilah yang membuat kamu bisa memastikan bagaimana SOP berjalan di bisnis milik kamu.

2. Menggunakan Buyer Suruhan Kamu

Selain itu kamu juga bisa memastikan SOP berjalan dengan sesuai pada bisnis minuman kekinian milik kamu dengan menggunakan buyer atau pelanggan suruhan kamu.

Hal seperti ini memang terkesan unik, padahal hasilnya sangat efektif. Dengan memanfaatkan buyer atau pelanggan seperti ini, kamu bisa mengetahui bagaimana perlakuan karyawan penjaga booth bisnis minuman milik kamu dalam melayani pelanggan

Sebelum menggunakan cara ini, kamu harus memastikan bahwa buyer atau pelanggan yang kamu suruh, tidak karyawan kamu kenali. Pastikan juga penampilan yang buyer tersebut gunakan tidak terlalu mencolok maupun tertutup.

Usahakan untuk senatural mungkin hingga karyawanmu pun tidak bisa membedakannya dengan pelanggan biasa.

Ketika kamu bisa menemukan orang yang tepat untuk melakukan hal ini, hasil yang kamu dapatkan akan sangat efektif. Kamu bisa mengetahui kualitas pelayanan dari karyawan mu itu.

Sehingga, kamu juga bisa mengetahui dan memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan mu. Ini sangat penting untuk strategi pengembangan bisnis milik kamu kedepannya termasuk keputusan yang akan kamu ambil terkait pengadaan SDM baru.

3. Memanfaatkan CCTV

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memastikan SOP berjalan dengan sesuai pada bisnis minuman kamu adalah dengan memanfaatkan teknologi berupa CCTV.

Penggunaan CCTV untuk memantau kinerja karyawan pada bisnis minuman milik kamu sebenarnya kurang efektif. Apalagi, ketika karyawan kamu mengetahui posisi dari CCTV yang kamu pasang.

Namun, cara yang satu ini terbukti ampuh untuk memberikan efek jera terhadap karyawan kamu yang sering melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan SOP.

Kamu bisa mengetahuinya dari rekaman video pada CCTV baik secara real-time maupun melalui fitur replay. Video tersimpan juga bisa kamu jeda untuk melihat lebih detail.

Selain bisa mengetahuinya, kamu juga bisa memiliki bukti rekaman yang menunjukkan bahwa karyawan kamu benar-benar bekerja tidak sesuai dengan SOP yang ada.

Ini akan menjadi bukti yang kuat ketika karyawan kamu selalu saja menyangkal terkait perkataanmu yang menyatakan bahwa karyawan tersebut tidak bekerja sesuai SOP.

Tunjukkanlah video bukti pelanggaran SOP tersebut kepada karyawan terkait. Dengan begitu karyawan yang terlibat dengan pelanggaran tersebut tidak akan bisa menyangkalnya kembali.

Kemudian, video semacam ini juga bisa kamu gunakan sebagai bukti di pengadilan. Bukti ini dapat kamu sertakan apabila ada karyawan kamu yang merasa tidak terima terhadap keputusan yang kamu ambil terkait pelanggaran SOP yang terjadi.


Itulah Beberapa Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memastikan SOP Berjalan dengan Sesuai

Sebagai pemilik bisnis minuman kekinian, pastikan kamu bisa menerapkan salah satu cara di atas untuk memastikan berjalannya SOP pada bisnis minuman kamu.

Pilihlah salah satu dari ketiga cara yang ada. Pastikan memilih cara yang paling efektif menurut kamu.

Cara pertama efektif bagi kamu yang memiliki seorang store manager yang kamu percaya. Karena tanpa store manager yang kamu percaya, cara pertama akan sulit kamu lakukan.

Sedangkan untuk cara kedua, cocok bagi kamu yang berani bertindak tegas terhadap karyawan kamu. Kamu bisa semakin yakin ketika ingin memberikan teguran kepada karyawan yang melakukan pelanggaran SOP.

Lalu untuk cara ketiga sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari aman ketika tiba-tiba permasalahan terkait, dibawa ke jalur hukum.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Friska

Friska

Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.