Cara Mengurus Izin Lokasi dan Lingkungan untuk Tempat Usaha Kamu

·
4 menit

Sedang berencana membangun bisnis? Jika ya ada beberapa hal penting untuk diperhatikan sebelumnya. Salah satunya adalah mengenai izin lokasi usaha.

Untuk mengurus izin lokasi usaha, ada informasi penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu. Ini dia ulasan lengkap mengenai cara mengurus izin lokasi untuk usaha kamu.


Perkembangan jumlah pelaku bisnis di Indonesia

Tidak melulu ingin menjadi pegawai, pekerjaan sebagai wiraswasta saat ini juga sudah cukup banyak diminati.

Pekerjaan sebagai pebisnis banyak mendapatkan perhatian karena tidak sedikit pebisnis sukses dan mendapatkan hidup nyaman.

Bukan hanya itu, dukungan teknologi dan juga kemudahan mencari modal juga menjadi salah satu pendorong perilaku bisnis di masyarakat Indonesia. Hal ini membuat siapa saja bisa membuka bisnis mereka.

Akan tetapi menjadi pebisnis sukses tentu tidak semudah membangun bisnis dari awal. Hal ini disebabkan karena pekerjaan sebagai pebisnis akan mengharuskan kamu untuk mengurus beberapa hal berkaitan dengan bisnis kamu.

Salah satunya adalah izin usaha dan juga izin lokasi untuk usaha. Selain kedua izin ini, masih banyak lagi jenis dokumen bisnis untuk kamu perhatikan.

Pengurusan izin ini penting karena beberapa jenis izin akan membuat kamu mendapatkan sanksi jika tidak mengurusnya.


Peraturan mengenai pengurusan izin lokasi untuk usaha

Jika kamu memiliki usaha terlebih usaha offline dengan membuka warung dan toko, kamu wajib memiliki izin lokasi dan izin usaha.

Hal ini ditetapkan juga dalam tata cara negara mengenai izin lokasi untuk bisnis kamu.

Dahulu peraturan mengenai izin lokasi untuk usaha diatur dalam undang-undang peraturan menteri Agraria dan tata Ruang 14/2018.

Akan tetapi undang-undang ini kemudian di ubah dengan menggunakan peraturan menteri baru yaitu permen No. 17 tahun 2019 tentang izin lokasi.

Dalam peraturan menteri tersebut, dijelaskan bahwa, kamu para pemilik usaha harus memiliki izin lokasi usaha.

Dalam peraturan ini, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai pengertian dari izin lokasi usaha dan juga tata cara serta ketentuan untuk bisa mendapatkannya.

Nah, dalam ulasan selanjutnya kamu akan mempelajari mengenai cara mengurus izin lokasi untuk usaha serta mencari tahu mengapa izin lokasi sangat penting. Apa saja ulasannya? Langsung saja simak beberapa hal di bawah ini.


Akibat tidak memiliki izin lokasi

Dalam undang-undang tata cara izin lokasi, kamu bisa tahu banyak informasi mengenai pengurusan izin lokasi untuk usaha. Akan tetapi kamu tidak akan melihat apa saksi jika kamu tidak memiliki izin lokasi ini.

Ya, jika kamu tidak memiliki izin lokasi, memang tidak ada aturan tertulis mengenai sanksinya. Artinya tidak ada hukum pidana atau perdata untuk bisnis kamu jika kamu tidak membuat izin lokasi ini.

Hanya saja jika kamu tidak mengurus izin lokasi usaha ini, ada hambatan-hambatan untuk bisnis kamu di masa depan.

Jika kamu tidak memiliki izin lokasi usaha ini, kamu tidak bisa mengajukan hak guna usaha dan juga beberapa jenis hak lainnya untuk lahan usaha kamu.

Hal ini bisa sangat merugikan. Oleh karena itu, jika kamu memang ingin usaha kamu lancar sebaiknya kamu mengurus izin lokasi usaha ini.


Cara mengurus Izin lokasi untuk usaha

Nah jika kamu ingin mengurus izin lokasi untuk usaha ini, kamu bisa melakukannya dengan 2 cara yaitu dengan pengurusan dengan pemenuhan komitmen dan juga pengurusan tanpa pemenuhan komitmen.

Meski dengan atau tanpa menggunakan komitmen izin lokasi tetap bisa diberikan pada sebuah usaha. Akan tetapi dengan atau tanpa komitmen, untuk mengurus izin lokasi usaha tetap harus memenuhi beberapa persyaratan wajib dalam pengurusan izin lokasi usaha.

Dokumen penting untuk mengurus izin lokasi usaha

Untuk mengurus izin lokasi usaha ini kamu akan membutuhkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Dokumen ini antara lain adalah :

  • Nomor Induk Berusaha atau NIB
  • Permohonan untuk pemenuhan komitmen jika akan mengurus Izin lokasi dengan komitmen
  • Peta, sketsa, koordinat lokasi untuk usaha
  • Proposal rencana usaha
  • Surat pernyataan berhubungan dengan luas tanah yang dimiliki oleh pelaku usaha.

Mengurus izin lokasi untuk usaha di OSS

Jika kamu sudah melengkapi dokumen untuk mengajukan izin usaha seperti di atas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengurus izin lokasi untuk usaha kamu. Guna mengurus izin usaha ini, kamu bisa melakukannya di OSS.

Apa itu OSS? OSS adalah singkatan dari Online Single Submission. OSS adalah sebuah aplikasi untuk mengurus perizinan usaha.

Aplikasi ini dirilis oleh lembaga OSS dengan persetujuan petinggi daerah, instansi dan juga kementerian.

Sistem ini adalah sebuah sistem terintegrasi sehingga kamu pemilik usaha bisa mengurus surat usaha dengan lebih murah dan lebih cepat.

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk usaha kecil hingga besar. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu kamu mengurus izin lokasi untuk bisnis kamu.

Selain itu, masih ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan sistem online ini untuk mengurus perizinan bisnis kamu.

Syarat mengurus izin lokasi usaha dengan OSS

Untuk mengurus surat izin lokasi melalui OSS ini, kamu perlu memiliki beberapa persyaratan terlebih dahulu untuk mendaftar. Persyaratan ini antara lain adalah :

  • NIK
  • Memiliki bisnis dengan bentuk badan usaha dan memiliki legalitas serta sudah disahkan
  • Memiliki bisnis dengan bentuk perum dan bahan hukum lainnya yang sudah dilegalkan oleh pemerintah.

Cara membuat izin lokasi usaha dengan OSS

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa membuat akun OSS dahulu. Pembuatan akun OSS ini dilakukan dengan :

Membuat user ID di https://app.oss.go.id/app/

Melakukan login ke sistem OSS dengan user ID yang sudah dibuat

Mengisi formulir

Hasilnya kamu akan mendapatkan NIB. NIB inilah yang nantinya kamu gunakan untuk mengurus izin lokasi untuk usaha kamu.

Manfaat NIB 

NIB hasil dari pendaftaran di sistem OSS ini nantinya tidak hanya berguna untuk mengurus izin lokasi usaha saja. Akan tetapi NIB juga digunakan dan dapat mengganti :

TDP atau Tanda Daftar perusahaan,

API atau Angka Pengenal Import

Dan juga Akses Pabean.

Api dan Akses Pabean ini adalah sebuah dokumen yang dibutuhkan jika bisnis kamu akan melakukan kegiatan ekspor impor.

Saat ini untuk mengurus izin lokasi usaha memang bukan hal yang sulit. Karena semua sistem sudah terintegrasi.

Jika kamu, mengurus izin lokasi usaha, kamu juga bisa langsung mengurus semua dokumen keperluan bisnis kamu secara langsung pada aplikasi ini. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa ribet.

Masalahnya mungkin hanya ada pada error yang umum terjadi. Untuk mengatasi eror ini kamu bisa menghubungi helpdesk dari aplikasi OSS.

Atau jika tidak saat ini sudah ada banyak jasa untuk mengurus izin lokasi usaha, jadi jika kamu merasa bingung dengan penggunaan OSS dan tidak keberatan untuk membayar, kamu bisa langsung hubungi jasa pengurusan izin lokasi usaha untuk membantu kamu.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih