5 Cara Investasi Saham ala Warren Buffett, Yuk Jadi Investor yang Andal! – Warren Buffett merupakan seorang investor yang sangat handal dan mampu menjadi salah satu orang terkaya di muka bumi karena kemampuannya berinvestasi di banyak perusahaan.

Secara garis besar, Warren Buffett biasanya akan berinvestasi pada perusahaan yang tidak terlalu diperhitungkan orang lain.

Ia termasuk investor yang sangat teliti dan memiliki pertimbangan sangat baik dalam menentukan jenis investasi yang akan dilakukannya.

Baca juga: Strategi Investasi dari Warren Buffet

Hal lain yang bisa Anda pelajari dari sosok Warren Buffett adalah saat berinvestasi di sebuah perusahaan, maka jadilah seorang pemilik.

Anda perlu berhemat dan menginvestasikan uang sedikit demi sedikit dalam jangka panjang di sebuah perusahaan.

Jangan pernah berpikir bisa menjadi orang kaya dalam waktu singkat dengan berinvestasi di pasar modal. Butuh kesabaran dan dedikasi untuk konsisten berinvestasi agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Apa yang Dilakukan Warren Buffett?

Warren Buffett bukanlah tipe investor yang membeli dan selanjutnya menahan saham yang sudah ia dapatkan. Saat menerapkan prinsip ini, maka apapun kabar yang didapatkan akan tetap membuat Anda memegang saham yang dimiliki.

Warren Buffett adalah tipe investor yang membeli dengan alasan tertentu, jadi saat tidak ada alasan untuk menahan saham, maka ia akan menjual kepemilikannya.

Buffett akan mencari saham yang bagus, memiliki keunggulan kompetitif, dan memiliki manajemen yang baik.

Baca juga: 7 Nasehat Keuangan Warren Buffett

Buffett tidak membeli saham dan menahan saham dalam waktu yang lama. Hal ini dibuktikan dari 20 perusahaan pertama yang ia beli, satu-satunya saham yang masih dimilikinya sampai saat ini adalah Berkshire Hathaway.

Itu artinya 19 saham perusahaan yang ia miliki telah dijual dan Warren Buffett tidak lagi memiliki saham di perusahaan tersebut.

5 Cara Investasi Saham ala Warren Buffett

1Buatlah Daftar Kriteria Saat Akan Membeli Saham

milenial-cepat-kaya-investasi

Inilah cara berinvestasi dari Warren Buffett yang pertama,  buatlah daftar kriteria saat Anda hendak membeli saham.

Misalnya saja, Anda berusaha membeli saham pada industri tertentu yang memiliki rasio yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal yang perlu diingat di sini adalah jangan pernah menjadikan harga saham sebagai kriteria tunggal saat akan membeli saham.

Ada banyak sekali kriteria yang bisa Anda masukkan untuk mendapatkan saham terbaik sesuai dengan keinginan.


2Berinvestasilah Pada Perusahaan atau Industri yang Anda Kenal

mencari-teliti-masalah-melihat-Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat Anda berinvestasi pada industri atau perusahaan yang dikenal, maka hal ini akan memudahkan Anda untuk memahami dan mengikuti tren yang sedang terjadi dalam industri tersebut.

Jangan pernah berinvestasi dengan menggunakan tips saham yang dilakukan orang lain, karena semua orang memiliki pengetahuan yang berbeda dalam berinvestasi.

Saat Anda tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan yang tidak dikenal, maka pelajari dengan baik tentang perusahaan tersebut dan teliti berbagai hal dengan baik.


3Jangan Berinvestasi Saat Tidak Yakin

menciptakan portofolio investasi

Apbila Anda tidak yakin di kala ingin berinvestasi,jangan lakukan. Ini adalah cara berinvestasi dari Warren Buffett yang bisa Anda terapkan jika ingin menjadi investor yang andal.

Jika tidak ada perusahaan yang sesuai dengan keinginan atau kriteria yang sesuai, maka jangan terburu-buru untuk berinvestasi.

Simpanlah uang yang Anda miliki dan jangan buru-buru mengambil keputusan untuk berinvestasi.


4Ikuti Perusahaan yang Anda Investasikan

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis investasi jangka panjang

Anda tidak perlu mengikuti perusahaan setiap hari, sebab Anda hanya perlu mengikuti perusahaan tersebut setiap bulannya.


5Jual Saham di Saat yang Tepat

bermain saham - investasi saham untuk PNS - jenis-jenis reksa dana

Menjual saham di saat yang tepat artinya Anda melepas kepemilikan saham dengan alasan yang benar-benar bisa diterima.

Misalnya saja, Anda memutuskan untuk menjual saham karena harganya jatuh di bawah harga yang sudah Anda perkirakan sebelumnya.

Agar bisa menjual saham di saat yang tepat, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti berita dan informasi berkaitan dengan saham tersebut.

Baca juga: 3 Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

Dengan demikian, saat sebuah perusahaan tidak lagi sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan, inilah saatnya menjual dan melepaskan kepemilikan.

Bagaimana jika Anda belum berani membeli saham?

Pertanyaan di atas menjadi pertimbangan yang banyak sekali dipikirkan oleh para investor pemula yang akan berinvestasi di pasar saham.

Hal ini bisa terjadi karena saham termasuk dalam jenis investasi yang membutuhkan modal yang cukup besar ditambah dengan resiko yang sangat tinggi.

Jika Anda masih pemula dan belum berani untuk masuk dan berinvestasi ke pasar modal, maka kami akan memberikan alternatif investasi yang bisa dilakukan.

Anda bisa berinvestasi di KoinWorks, platform investasi peer-to-peer lending yang bisa Anda coba sebagai investor pemula. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yakni, mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Hal yang paling penting adalah KoinWorks termasuk jenis investasi yang memiliki resiko rendah sampai menengah.

Sebagai tahap awal, Anda bisa memilih jenis investasi yang beresiko rendah terlebih dahulu untuk belajar dan memahami dengan baik sistem yang ada di dalam KoinWorks.

Ayo berinvestasi dari sekarang!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.