Kredit Mikro adalah pinjaman dalam jumlah kecil yang biasanya ditujukan untuk masyarakat dengan ekonomi kelas bawah yang tidak memiliki jaminan, pekerjaan tetap, riwayat kredit yang terpercaya, serta tidak mampu untuk memperoleh kredit biasa. Kredit mikro bertujuan untuk membatu mereka dalam berwirausaha dan mendapatkan penghasilan yang bermanfaat bagi kehidupan mereka. Kredit jenis ini bukanlah jenis kredit dengan prosedur yang baru, melainkan sudah diterapkan sejak lama dalam ilmu ekonomi. Konsep kredit ini diawali oleh Professor Muhammad Yunus yang merintis Grameen Bank pada tahun 1970an. Bank tersebut memberikan pinjaman kecil kepada masyarakat paling miskin di Bangladesh yang umumnya merupakan kalangan wanita yang tidak memiliki penghasilan tetap dan tidak mampu mengajukan pinjaman dengan kredit konvensional kepada pihak Bank atau lembaga keuangan lainnya karena keterbatasan ekonomi yang mereka miliki.

Kredit ini pada dasarnya merupakan bentuk solidaritas terhadap sesama manusia yang membutuhkan. Sehingga masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi dan pendidikan rendah tetap bisa mengembangkan kemampuan dan keterampilannya dan mendapatkan  kesejehtaeraan hidup yang lebih baik. Banyak sekali peluang pengembangan sumber daya manusia yang bisa digali dengan menerapkan sistem kredit ini.  Orang-orang yang memiliki keterbatasan biaya dan tidak mampu meminjam uang dengan sistem kredit konvensional berkesempatan untuk memulai usaha sendiri sesuai dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Mereka bisa membangun sebuah usaha yang layak dan memiliki penghasilan tanpa dihantui rasa ketakutan akibat jeratan hutang.

Kredit jenis ini termasuk ke dalam kredit atau pinjaman yang tidak memerlukan persyaratan-persyaratan yang berat seperti jenis kredit lainnya. Pihak Bank yang menyediakan jenis kredit mikro biasanya akan menentukan batas nominal pinjaman ini hingga 50 juta rupiah saja. Pihak Bank akan memastikan peminjam kredit ini memiliki usaha yang sedang dijalankan. Jadi sebelum Anda mengajukan kredit mikro, Anda harus terlebih dahulu memiliki usaha yang bisa dijadikan sebagai bukti, selain itu kredit jenis ini juga harus memperoleh dukungan jaminan dan obyek untuk pembiayaan kredit. Jika kedua syarat utama tersebut telah terpenuhi maka kredit ini pun bisa diproses sesuai dengan kebijakan dari pihak Bank. Peminjam kredit ini biasanya merupakan pengusaha kecil dengan berbagai macam jenis usaha rumahan, seperti pedagang kecil, petani, dan peternak.

Kredit mikro memiiki manfaat bagi para pengusaha kecil tersebut. Dengan mengajukan kredit ini, Anda dapat melunasinya dengan cara dingasur setiap bulannya. Jangka waktu pelunasan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pihak Bank dengan peminjam. Setiap bulannya Anda akan mencicil uang pokok pinjaman beserta suku bunga pinjaman yang telah ditentukan oleh Bank. Suku bunga pinjaman pada jenis kredit mikro tidak sebesar suku bunga pinjaman pada jenis kredit lainnya, pihak Bank akan memberikan keringanan besaran bunga pinjaman untuk para peminjamnya. Dengan begitu para pengusuaha kecil yang mengajukan pinjaman ini bisa melunasi pinjaman mereka tanpa terbebani dengan besaran bunga pinjaman.

Sebagai kredit yang ditujukan kepada para pengusaha kecil, pinjaman jenis ini juga memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu hingga 2 tahun. Jika Anda mencicil pinjaman secara rutin dan melunasinya dengan tepat waktu maka pihak Bank akan kembali mempercayai Anda jika suatu saat Anda kembali mengajukan kredit ini. Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda menngalami masalah sehingga terlambat membayar pinjaman ini, pihak Bank tidak akan menetapkan denda untuk Anda. Kredit mikro memberikan banyak kemudahan bagi para pengusaha kecil untu mengembangkan usaha hingga mencapai kesuksesan yang diinginkan. Dengan adanya kredit ini para pengusaha kecil tidak lagi meminjam uang kepada perorangan atau rentenir yang biasanya membebankan bunga yang cukup besar serta menambah bunga pinjaman jika Anda telat dalam membayar hutang Anda.

Kredit mikro merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk memiliki penghidupan yang lebih layak dan terjamin. Dalam prosesnya, jenis kredit ini juga ikut berperan dalam memajukan ekonomi dengan membina para pengusaha kecil lewat usaha yang mereka jalankan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengembangkan usaha kecil Anda menjadi usaha yang lebih sukses Anda bisa segera mengajukan kredit jenis ini ke Bank atau lembaga keuangan terpercaya lainnya yang menyediakan kredit mikro untuk para pengusaha kecil.



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?