Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Meningkatkan Profit Dengan Program Reseller, Agen Dan Distributor Bisnis Skincare

Meningkatkan Profit Dengan Program Reseller, Agen Dan Distributor Bisnis Skincare

·
4 menit
Bisnis Skincare

Jika bisnismu bertujuan untuk memproduksi barang atau produk maka kamu akan disebut sebagai supplier.

Untuk menjual produk kepada konsumen, kamu punya tiga cara yaitu menjualnya sendiri pada konsumen, menggunakan agen distributor, dan yang ketiga adalah dengan menggunakan agen reseller. 

Penjualan dengan distributor maupun dengan reseller kamu akan mendapatkan keuntungan dan kelebihan.

Berikut ini adalah ulasan mengenai keuntungan dan kelebihan penggunaan kedua produk ini agar kamu bisa memilih mana yang terbaik.


Menggunakan jasa distributor

Ketika menggunakan jasa distributor untuk memasarkan produk, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan.

Akan tetapi ada juga beberapa kekurangan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jasa agen distributor dalam pemasaran produk kamu.

Untuk tahu apa saja kekurangan dan kelebihannya berikut ini adalah alasan yang bisa kami berikan.

Baca juga: Faktor dan Fungsi Strategi Distribusi


Kelebihan menggunakan jasa distributor

Ketika kamu menggunakan jasa distributor, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Keuntungan menggunakan jasa distributor ini antara lain adalah:

Menjaga nama baik brand di depan konsumen

Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan jasa distributor untuk memasarkan produk kamu adalah dengan menjaga nama baik brand skin care kamu di depan konsumen. 

Jasa distributor memang sangat baik untuk menjaga hubungan dengan konsumen.

Hal ini disebabkan karena merekalah yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Hal ini membuat mereka lebih mudah mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen , akan lebih mudah bagi kamu untuk menarik perhatian dan menjaga hubungan baik antara bisnis kamu dengan konsumen.

Hal ini membuat kamu sebagai supplier menjadi lebih banyak diuntungkan dan lebih hemat dana serta tenaga guna menjaga hubungan baik dengan konsumen.


Memperluas pemasaran produk

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dan menarik dari penggunaan perusahaan distributor untuk pemasaran produk adalah luasnya jaringan pemasaran yang bisa kamu capai untuk produk kamu.

Sebuah perusahaan distributor bekerja dengan banyak konsumen.

Konsumen ini bisa dalam bentuk konsumen akhir atau bisa juga dalam bentuk retailer.

Karena sebuah distributor bisa berhubungan dengan banyak jenis konsumen, maka pemasaran produk kamu bisa mencakup pasar yang sangat luas.

Makin luas pemasaran, makin banyak juga penjualan produk kamu bukan?

Apalagi dengan kemampuan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen yang dimilikinya membuat penggunaan jasa distributor untuk memasarkan produk menjadi lebih menguntungkan.


Lebih mudah memperkenalkan produk baru

Dengan keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan jasa distributor seperti telah disebutkan sebelumnya, kamu akan mendapatkan keuntungan lebih besar jika menggunakan jasa distributor.

Keuntungan lain yang paling menarik saat kamu menggunakan jasa distributor adalah kemudahan dalam memperkenalkan produk baru kamu.

Bagi seorang supplier, memperkenalkan produk baru memang bukan hal yang mudah?

Hal ini disebabkan karena ada banyak sekali faktor penting yang perlu diperhatikan saat membuat dan memperkenalkan produk baru.

Hal ini disebabkan dengan jaringan luas yang dimiliki oleh agen distributor.


Kekurangan menggunakan jasa distributor

Menggunakan jasa distributor memang sangat menguntungkan.

Apalagi Jika kamu memiliki modal besar untuk menyewa jasa distributor dan memproduksi barang dalam jumlah yang besar.

Akan tetapi jika bisnis kamu adalah bisnis pemula dan masih kecil, menggunakan jasa distributor bisa dianggap terlalu berlebihan untuk bisnis kamu.

Hal ini disebabkan karena selain perlu memproduksi skin care dalam jumlah yang besar, kamu juga harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk penggunaan jasa distributor ini.


Menggunakan jasa reseller

Berbeda dengan distributor, reseller merupakan jasa yang merupakan jasa pemasaran yang bisa disebut memiliki skala yang lebih kecil.

Sesungguhnya jasa reseller dan jasa distributor memiliki banyak persamaan. 

Persamaannya adalah mengenai layanan kedua jasa yang menjual produk kamu sebagai supplier ke konsumen secara langsung.

Hanya saja, jasa reseller biasanya tidak memiliki warehousing atau tempat penyimpanan sendiri. Hal inilah yang menyebabkan mereka hanya beroperasi dengan skala kecil. 

Ketika kamu menggunakan jasa reseller ini, kamu juga akan mendapatkan kelebihan dan keuntungan. Kelebihan dan keuntungan ini antara lain adalah :

Kelebihan menggunakan jasa reseller dalam pemasaran produk kamu

Dengan sifat reseller yang memiliki skala bisnis yang lebih kecil, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan ini antara lain adalah : 

Biaya penggunaan jasa lebih kecil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan jasa distributor akan menyebabkan kamu mengeluarkan lebih banyak biaya.

Hal ini disebabkan karena distributor tidak hanya akan membantu kamu dalam hal distribusi barang tetapi juga dalam penyimpanannya.

Hal inilah yang menyebabkan jasa distributor membutuhkan banyak biaya operasional.

Ketika kamu menggunakan jasa reseller, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah biaya penggunaan jasa ini.

Hal ini disebabkan karena jasa reseller tidak menyimpan barang dalam jumlah yang besar sehingga biaya penggunaan jasa menjadi lebih minimal.


Tidak ada kontrak pembatasan kerjasama

Pernahkah kamu melihat bagian belakang dari sebuah produk?

Biasanya di bagian belakang sebuah produk ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam membangun produk serta mengenai siapa perusahaan yang dipercaya sebagai dalam distribusi barang.

Nah, biasanya sebuah produk hanya akan didistribusikan oleh satu perusahaan saja. Hal ini akan membuat kamu merasa bingung jika jasa distribusi yang akan kamu gunakan tidak handal. Jika jasa distribusi ini tidak handal maka kamu yang akan mengalami kerugian. 

Nah jika kamu bekerja sama dengan jasa reseller, kamu tidak hanya boleh bekerja dengan satu agen reseller saja.

Kamu bisa bekerja dengan banyak agen reseller berapapun jumlahnya tanpa adanya batasan kontrak.

Artinya ketika salah satu reseller yang kamu miliki sistem pemasarannya tidak efektif, kamu masih bisa memiliki reseller lain yang dapat membantu kamu meningkatkan penjualan dengan cara yang lebih efektif.


Sangat cocok untuk produk yang sudah memiliki nama baik

Selanjutnya saat akan menggunakan jasa reseller, akan lebih menguntungkan ketika kamu sudah memiliki produk skin care yang terkenal.

Ketika produk kamu sudah banyak dikenal oleh masyarakat, sistem ini akan lebih menguntungkan.

Download Riset Ebook Premium Gratis Untuk Majukan Bisnis Skincare Kamu

Kekurangan menggunakan agen reseller

Kekurangan utama yang akan kamu alami jika menggunakan agen reseller adalah hal yang berhubungan dengan masalah inventory atau penyimpanan produk.

Ketika kamu menggunakan jasa reseller, kamu harus menyimpan produk kamu sendiri. 

Hal ini disebabkan karena jasa reseller hanya melakukan penjualan dalam skala kecil sehingga masalah penyimpanan dipusatkan pada pihak supplier.

Jika kamu tidak memiliki sistem pergudangan yang baik, kamu akan dirugikan karena produk-produk kamu bisa expired sebelum terjual.

Lalu mana yang terbaik? Apakah agen reseller atau distributor? Jawabannya tergantung dengan kebutuhan kamu.

Ketika kamu mengeluarkan produk baru dan memiliki modal yang besar, jasa distributor akan jadi pilihan yang lebih cocok.

Akan tetapi jika bisnis kamu masih dalam skala kecil dan kamu tidak memproduksi banyak produk skin care, lebih baik jika menggunakan agen reseller sehingga lebih hemat biaya.


Dapatkan tambahan modal usaha untuk mengembangkan bisnismu dari KoinBisnis.

Ajukan KoinBisnis Sekarang!

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​