Merencanakan Investasi Buat Si Buah Hati

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Buah hati akan meneruskan kehidupan di masa yang akan datang, bahkan ketika kita sudah tidak ada lagi. Bagaimana jika di masa depan mereka kesulitan untuk menjalani kehidupan? Inilah saatnya untuk berpikir ke depan untuk membuat perencanaan mengenai masa depan sang anak. Investasi, sebuah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan buah hati. Ini akan memberikan jaminan yang baik supaya tidak ada lagi masa sulit yang akan dilalui dengan atau tanpa kita. Karena anak adalah anugerah yang sangat berharga maka dari itu perencanaan dari masa sekarang sangat penting untuk masa depannya.

Hal yang wajib dilakukan untuk Anda yang memiliki keluarga adalah melakukan investasi guna mewujudkan masa depan yang cerah untuk buah hati. Mencerdaskan, memberikan fasilitas, media dan kasih sayang merupakan kewajiban orang tua. Pendidikan menjadi yang utama juga kesehatan mereka. Dengan melihat kenyaraan dewasa kini, pendidikan dan kesehatan memiliki nilai yang mahal. Terlebih di masa yang akan datang dimana anak anak akan bertumbuh dan berkembang, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit malah semakin tinggi dan semakin menjadi. Orangtua butuh persiapan untuk hal itu.

Tabungan investasi banyak dipilih karena dianggap sebagai satu cara yang logis untuk membuat perencanaan dana yang baik di dalam usaha mewujudkan cita cita buah hati. Investasi sendiri merupakan cara yang dilakukan banyak orang untuk menabung juga menyimpan dengan baik semua harta yang mereka miliki. Sehingga ketika sewaktu waktu ada kebutuhan mendesak maka investasi akan memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut dengan tidak perlu lagi merasa khawatir. Dalam memilih tabungan investasi diperlukan ketelitian juga kehati-hatian. Mengapa demikian? karena kini produk investasi terdiri dari bermacam macam variasi.

Produk investasi yang ada saat ini mulai dari investasi tanah dan rumah, investasi emas atau logam mulia, investasi reksadana, invetasi obligasi atau ada juga produk investasi asuransi yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam kategori yang bisa dipilih. Semua produk investasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Maka jika sudah memutuskan akan melakukan investasi, ada baiknya melakukan peninjauan terlebih dahulu mengenai produk investasi yang mana yang tepat untuk mewujudkan masa depan buah hati. Peninjauan bisa dilakukan dengan menanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan atau bisa kepada orang yang sedang melakukan investasi. Ketelitian perlu ada karena jika salah memilih akan terjadi kerugian yang tidak diinginkan.

Melakukan konsultasi dengan pakar investasi boleh jadi pilihan yang lain jika masih ragu untuk menjadi investor. Sebenarnya jangan membuat pusing diri sendiri dengan berbagai istilah invetasi yang ada karena pada esensinya investasi berarti menanamkan kekayaan atau harta yang dimiliki ke dalam suatu instrumen yang sudah dipastikan aman dan memberikan jaminan bahwa uang atau barang bernilai tersebut akan berkembang atau menghasilkan keuntungan yang bisa dirasakan di masa yang akan datang. Bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk oranglain, yaitu buah hati yang menjadi generasi penerus di dalam keluarga.

Rencana masa depan anak atau buah hati perlu juga didiskusikan bersama dengan pasangan mengenai kemungkinan anak memiliki kecenderungan untuk menjadi apa dan bagaimana pendidikannya dari jenjang ke jenjang. Memperhitungkan budget pendidikan pun perlu dilakukan karena perkiraan yang detail memberikan keleluasaan dalam melakukan investasi. Begitu juga dengan anggaran kesehatan yang akan diperlukan di masa yang akan datang perlu diperhitungkan dengan jelas dan terarah supaya tidak ada satu pun yang terlewat untuk yang tersayang.

Jika semua sudah direncanakan, maka hari tua pun tidak akan disibukkan dengan berbagai macam kebutuhan buah hati. Semuanya sudah dipenuhi oleh investasi masa lalu. Buah hati pun bisa mengembangkan dengan optimal semua talenta dan bakatnya menjadi manusia yang lebih baik, meraih mimpi dan cita cita untuk membanggakan orang tua. Sebuah kebanggaan jika bisa mengantarkan buah hati kepada jalan takdirnya menuju kebahagiaan. Dan hal itu bisa dimulai dari sekarang lewat aneka jenis investasi yang bisa dilakukan dengan mudah, aman, dan menguntungkan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.