Tidak Mendapatkan Kesempatan Untuk Bekerja di Perusahaan Impian? 4 Hal Ini Bisa Menjadi Alasannya – Mencari pekerjaan merupakan sebuah kompetisi, itu artinya hanya kandidiat terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk bersaing dan mendapatkan posisi yang diinginkan.

Jika Anda tidak mendapatkan kesempatan dalam proses perekrutan, itu artinya ada yang keliru dan harus segera diperbaiki.

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 4 alasan utama yang membuat banyak orang tidak berkesempatan untuk bekerja di perusahaan impian.

Selamat membaca!

Tidak Mendapatkan Kesempatan Untuk Bekerja di Perusahaan Impian? 4 Hal Ini Bisa Menjadi Alasannya

1Ada Kandidat yang Lebih Baik

kandidat lain perusahaan impian

Proses wawancara kerja merupakan tahapan perusahaan untuk mengenal kandidat dengan lebih baik. Saat Anda gagal dalam proses ini, itu artinya pemberi kerja merasa ada kandidat yang lebih baik dan cocok ditempatkan di dalam pekerjaan tersebut.

2Anda Tidak Memposisikan Diri Dengan Baik

Tidak memposisikan diri dengan baik perusahaan impian

Wawancara kerja sama seperti promosi penjualan, itu artinya Anda harus bisa meyakinkan perusahaan mengapa Anda termasuk kandidat yang tepat dan terbaik.

Banyak kandidiat yang gagal dalam proses wawancara karena mereka tidak mampu meyakinkan dan membuktikan kepada pemberi kerja bahwa mereka adalah yang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Anda Tidak Mendapatkan Kenaikan Gaji, Lakukan Perbaikan Segera!

Hal yang paling penting dari proses wawancara adalah promosi diri, itu artinya Anda harus bisa meyakinkan manajer mengapa Anda termasuk ke dalam kandidat yang tepat.

Anda harus bangga dengan apa yang telah dilakukan dan prestasi yang pernah Anda raih. Jangan menjadi rendah hati dan mengecilkan prestasi yang pernah diraih.

3Anda Tidak Memenuhi Persyaratan

syarat-Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

Faktor yang satu ini merupakan salah satu alasan utama mengapa Anda tidak mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan impian. Tidak memenuhi persyaratan bisa berarti ada salah satu persyaratan yang tidak terpenuhi atau Anda tidak memiliki keahlian yang tepat atau bisa juga tidak memiliki pengalaman yang cukup.

Oleh karena itu, saat akan melamar pekerjaan pastikan Anda telah memenuhi persyaratan dan kualifikasi untuk bisa diterima bekerja. Jangan mengajukan lamaran yang membutuhkan syarat minimal pengalaman kerja, jika Anda baru lulus dari perguruan tinggi atau sekolah.

Baca Juga: Cegah Sebelum Terlambat: Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang

Sebenarnya masalah di atas bisa diatasi dengan mudah dan sederhana. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memenuhi syarat kualifikasi yang diperlukan untuk bisa bekerja di posisi yang dilamar.

Caranya bisa dengan mengikuti pelatihan, pendidikan non-formal untuk menambah keterampilan kerja, atau mengikuti sebuah workshop.

Aktivitas untuk meningkatkan keterampilan yang dicontohkan di atas membutuhkan biaya yang harus Anda persiapkan dengan baik. Kendala akan muncul saat Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah di atas. Anda bisa menggunakan fasilitas pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar. KoinPintar merupakan sebuah produk pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Cara kerjanya sangat sederhana, saat pengajuan pinjaman Anda disetujui, KoinPintar akan membayarkan dana pendidikan secara langsung ke lembaga pendidikan yang akan diikuti.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar pinjaman tersebut dengan cara mencicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Hal ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Tidak perlu khawatir dengan beban bunga yang memberatkan, sebab KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau hanya sekitar 9% per tahun. Tingkat suku bunga ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, setiap beban bunga dan biaya diinformasikan secara transaparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan cicilan yang tiba-tiba berubah atau beban pinjaman yang bertambah.

Kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu semua masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan berkualitas.

4Surat Lamaran dan CV yang Tidak Menjual

Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan - cv

Surat lamaran kerja dan CV harus menjelaskan dengan baik kekuatan dan kelebihan yang Anda miliki, sehingga pantas untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Buat CV menjadi menarik dengan menampilkan data statistik tentang kelebihan dan deskripsi kelebihan tersebut.

Jangan lupa menggunakan surat lamaran kerja untuk memposisikan Anda sebagai kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut.

5Belajar dari Kesalahan yang Dilakukan

Kesalahan perusahaan impian

Jangan kecewa saat Anda tidak mendapatkan tawaran pekerjaan di perusahaan impian. Jadikan kesalahan tersebut menjadi peluang untuk terus belajar dan memperbaiki diri sendiri.

Baca Juga: 8 Manfaat Kuliah Sampai ke Perguruan Tinggi

Anda bisa meminta umpan balik kepada pemberi kerja mengapa Anda tidak dipilih untuk bekerja disana. Sebab, ada banyak manajer HRD yang bersedia untuk memberikan kritik membangun setelah wawancara.

Umpan balik yang mereka berikan bisa menjadi nasihat yang sangat berharga dan penting untuk perjalanan karir Anda. Umpan balik tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki diri dan menjadi kandidat yang lebih baik dalam proses perekrutan yang selanjutnya.

Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.