Bisnis bisa dilakukan siapa saja termasuk bagi karyawan. Bisnis tidak hanya diperuntukan bagi mereka yang menyandang status bos atau yang memiliki banyak uang untuk berinvestasi. Dari berbagai manfaat investasi, maka Anda yang seorang karyawan atau freelancer pun bisa membuka usaha sampingan tanpa harus meninggalkan pekerjaan saat ini. Ada beberapa produk yang bisa menginspirasi Anda untuk berjualan atau menjalankan bisnis sampingan sehingga pekerjaan Anda juga tidak akan terganggu. Perhatikan beberapa point berikut.

Produk handmade barang bekas

Ada banyak produk handmade yang bisa dijadikan produk untuk bisnis sampingan. Bahkan, tidak jarang produk handmade ini terbuat dari barang bekas tak terpakai atau dengan cara recycle. Sebagai contoh, banyak kalangan atau komunitas kreatif yang menjadikan limbah sampah plastik sebagai tas, dompet dan aksesoris lain. Tentunya, dengan keuletan serta kerja keras dipadu dengan sistem manajamen dan marketing yang bagus, maka usaha sampingan ini bahkan bisa membawa banyak peluang.

Ingat, produk handmade ini bisa bermacam-macam tergantung dari kreatifitas Anda. Tak perlu yang terlalu sulit untuk dikerjakan. Anda cukup mengandalkan apa yang Anda bisa. Jika mau, belajar dari sesorang yang sudah menjalankan bisnis sampingan dengan produk handmade yang terbuat dari barang bekas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ilmu. Tentunya, Anda tidak boleh menyerah.

Produk kuliner

Bisnis kuliner itu tidak akan pernah mati karena semua orang membutuhkan makan dan snack atau jajanan. Bisnis kuliner disini bisa dalam bentuk berbagai produk dimulai dari makanan kecil, jajanan pasar, gorengan dan lain sebagainya. Ada banyak produk kuliner dari mulai kelas pinggir jalan sampai kelas kafe yang bisa Anda jalankan. Tetap optimis dan tentunya, Anda harus membagi waktu antara pekerjaan Anda dan bisnis sampingan Anda. Anda juga bisa merekrut pegawai jika usaha ini akan memakan waktu lama dalam sehari.

Produk fashion

Saat ini, online shop merupakan hal yang sudah sangat biasa. Hampir setiap orang bisa berjualan dengan membuat toko online. Bahkan, toko online bisa menjual produk apapun. Namun, yang paling banyak adalah produk fashion seperti tas, sepatu, baju dan topi. Online shop sendiri bukanlah tipe bisnis yang akan menghabiskan waktu Anda. Anda bisa menjalankannya kapan saja dan dimana saja termasuk saat jam istirahat kantor atau saat jam istirahat di rumah. Anda mungkin perlu mempelajari tentang teknik berjualan online.

Produk kerajinan

Jika produk handmade lebih fokus pada penggunaan barang bekas yang disulap jadi barang layak pakai, maka produk kerajinan ini lebih pada membuat kerajinan tangan yang unik bahkan bisa saja memiliki nilai kekhasan sendiri berdasarkan daerah dimana kerajinan ini dibuat. Tentunya, produk ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri tergantung jenis kerajinan apa. Tentu, dengan pemasaran yang bagus, maka produk ini juga bisa dengan mudah dikenal oleh masyarakat bahkan bisa saja sampai pasar mancanegara karena tingkat keunikannya.

Produk aksesoris

Ya, aksesoris masih menjadi produk yang layak dijadikan bisnis sampingan baik Anda menjualnya lewat pasar offline atau online. Anda bisa menjual aksesoris di toko, membuka lapak di tempat ramai seperti alun-alun atau membuka lapak saat ada event. Produk aksesoris ini bermacam-macam dimulai dari yang kecil sampai yang besar ukurannya. Buatlah produk aksesoris yang unik yang disukai semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa.

Produk buku

Buku bacaan, komik, buku pelajaran dan lain sebagainya ternyata masih diminati banyak kalangan. Ada orang tua yang ingin mencari buku berkualitas bagi dirinya sendiri atau bagi anak-anak. Anda juga bisa menjualnya secara online maupun offline. Bisnis ini, jika dijalankan dengan baik, tidak akan pernah mati selama ada orang yang masih bisa membaca. Percayalah.

Masih banyak produk lain yang bisa dijadikan bisnis sampingan seperti boneka yang dijual secara online atau dengan cara membuka lapak. Tentunya, bisnis apapun dengan manfaat investasi bagaimanapun, jika dikerjakan secara ulet dan dengan kerja keras, maka Anda akan bisa melihat hasilnya. Untung yang sedikit, jika terus menerus maka bisa menjadi besar. Selama bisnis ini tidak akan membuat Anda meninggalkan pekerjaan utama, kenapa tidak untuk dijalankan?


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.