2 Aturan Penting Soal Uang yang Harus Anda Pahami dan Terapkan – Banyak orang menunda-nunda kesempatan untuk berinvestasi karena tidak siap kehilangan uang yang diinvestasikan, atau dengan kata lain boleh dibilang, tidak siap apabila tidak bisa lagi menggunakan uang tersebut dalam waktu dekat.

Ketika hendak berinvestasi, memang sebaiknya setiap investor menentukan seberapa besar uang yang perlu diinvestasikan dan berapa lama jangka waktu yang ditetapkan atas uang tersebut.

Baca Juga: Cara Mengelola Uang Anda Mirip Superhero yang Mana? Yuk, Cari Tahu!

Pertimbangan pentingnya di sini adalah, berapa lama waktunya hingga Anda membutuhkan dana tersebut agar bisa digunakan untuk keperluan lain di kemudian hari?

Dalam artikel ini, ada dua aturan penting soal uang yang harus Anda pahami dan terapkan dari sekarang, yang erat kaitannya dengan investasi.

Dua aturan penting soal uang ini diharapkan bisa membantu Anda untuk menentukan tempat terbaik, teraman dan menguntungkan untuk menyimpan uang Anda.

2 Aturan Penting Soal Uang

I. “Simpanlah uang tunai bila Anda membutuhkannya dalam setahun ke depan.”

menabung - tips hemat ala perencana keuangan

Bila Anda membutuhkan uang untuk memenuhi beragam kebutuhan dalam waktu dekat, sebaiknya simpan uang tersebut dalam bentuk kas, boleh dalam bentuk tabungan.

Baca Juga: Keren, 5 Artis K-Pop Pilih Investasi Ketimbang Buang-buang Uang!

Alasannya, bila Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang tersebut ke pasar saham dan secara umum bursa saham bisa sangat berfluktuasi, sehingga nilai saham Anda bisa-bisa malah turun.

Contohnya, bila Anda ingin membeli rumah impian dan membutuhkan uang tunai untuk membayar DP-nya, tentu tidak menyenangkan apabila valuasi saham Anda turun 50%, bukan?

Selain itu, bila Anda membutuhkan uang tunai untuk beragam kebutuhan seperti belanja bulanan, membeli mobil atau pun merencanakan pernikahan dalam setahun ke depan, Anda harus menyimpan uang tunai tersebut dan sebisa mungkin jangan dialokasikan untuk memenuhi keperluan lain.


II. “Uang yang tidak terlalu dibutuhkan dalam setahun ke depan sebaiknya diinvestasikan”

investasi perkembangan perekonomian indonesia

Aturan penting soal uang yang kedua adalah kebalikan dari yang pertama, yakni menginvestasikan uang tunai yang tidak terpakai dalam setahun ke depan. Di sinilah bagian terpenting dalam perencanaan keuangan Anda.

Baca Juga: Apa itu Bitcoin? Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Bitcoin!

Setiap nilai uang yang tidak terlalu Anda butuhkan dalam setahun ke depan sebaiknya diinvestasikan ketimbang disimpan begitu saja dalam tabungan.

Dengan menginvestasikannya, besar kemungkinan bahwa uang tersebut terus-menerus menghasilkan uang setiap harinya untuk Anda. Biarlah investasi yang bekerja menghasilkan uang untuk Anda setiap harinya.

Dan perlu diingat, semakin berisiko investasi Anda, semakin besar juga potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan kelak (high risk, high return).

Ketika Anda menginvestasikan uang yang tidak Anda perlukan dalam waktu dekat, itu bisa berarti bahwa Anda melindungi diri Anda sendiri dalam fluktuasi jangka pendek dalam pasar saham, misalnya.

Baca Juga: Mobil vs Rumah vs Investasi P2P Lending, Pilih yang Mana?

Dalam jangka pendek, Anda mungkin akan melihat bahwa nilai uang Anda menurun akibat adanya fluktuasi. Namun dalam jangka panjang, nilai uang yang Anda investasikan akan cenderung meningkat dan tentunya lebih menguntungkan Anda.

Belum lagi dengan adanya efek compounding, dan memanfaatkan efek compounding itu sendiri akan membuat bunga dari pengembalian yang Anda dapatkan kembali menghasilkan bunga, begitu seterusnya terutama bila Anda rutin berinvestasi. Coba hitung sendiri dengan kalkulator simulasi berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Itulah mengapa sebaiknya Anda berinvestasi dalam jangka panjang. Berinvestasi dalam jangka panjang juga membantu Anda menghindari kerugian dikarenakan Anda menarik uang Anda di kala valuasi saham menurun sehingga investasi Anda merugi.

Investasi saham sendiri menjadi favorit investor. Di sisi lain, investasi saham membuat masyarakat umum cenderung takut dengan bayang-bayang ‘rugi’ yang menghantuinya.

Berinvestasi saham sebenarnya sangat menyenangkan dan menguntungkan terutama bila seluruh analisis fundamental dan teknikal diterapkan dengan baik.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Sebelum mulai berinvestasi di bursa saham, sebaiknya Anda mempelajari seluk-beluk investasi itu sendiri secara fundamental dan mulai dari yang kecil. Anda bisa memulainya di KoinWorks.

Bermodalkan jempol dan Rp100.000, Anda sudah bisa berinvestasi sekaligus mempelajari seluk-beluk fundamental investasi dan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka lewat investasi yang Anda salurkan.

Nah sekarang, cobalah mulai berinvestasi di KoinWorks.

Investasi Sekarang


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.