Apa itu Socially Responsible Investment (SRI)?

Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Apa itu Socially Responsible Investment (SRI)? – Ketika kamu memutuskan untuk mulai mendanai, apa saja faktor yang membuat kamu memilih suatu instrumen atau platform investasi tersebut? bunga, kemanan atau tujuan pendanaannya?

Maksud dari tujuan pendanaan adalah bagiamana platform investasi tersebut melakukan perputaran uangnya hingga para investor bisa mendapatkan keuntungan.

Jika kamu ingin berinvestasi dan memiliki minat untuk melakukan kegiatan sosial, kamu bisa mendapatkan keduanya melalui kegiatan Socially Responsible Investment (SRI).

Socialy Responsible Investment (SRI) adalah opsi tepat yang bisa kamu pilih bagi yang ingin meningkatkan aset sembari berbuat suatu kebaikan.

SRI telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Bisa dibilang, SRI menawarkan cara yang bagus untuk meningkatkan aset kamu sambil membuat perbedaan.


Apa itu Socially Responsible Investment (SRI)?

Penjelasan Socially Responsible Investing

Mulai Investasi Jangka Panjang-Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan - investasi minim risiko-SBR-menabung (1)Mulai Menabung dan Investasi-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?

SRI bisa diartikan sebagai berinvestasi dengan menghindari industri yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan sumber daya manusia.

Hal yang dihindari oleh SRI adalah berinvestasi pada platform atau perusahaan yang memproduksi alkohol, tembakau,  senjata dan lainnya yang berpotensi memberikan dampak buruk.

Sebagai gantinya, SRI melibatkan investasi di platform yang terlibat dalam tema etis dan sosial, seperti kelestarian lingkungan, keadilan dan kesejahteraan sosial.

Beberapa investor juga menganggap SRI dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Terlepas dari hal itu semua, SRl hadir untuk memberikan perubahan positif sekaligus memberikan keuntungan finansial.


Cara Kerja Socially Responsible Investment

Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia-ide bisnis online - pelajaran bisnis dari bernard arnault-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?
img source: unsplash.com/photos/EMPZ7yRZoGw

Sama dengan platform investasi lainnya, SRI bekerja dengan cara yang sama. Tetapi SRI menambahkan etika dan tanggung jawab sosial ke dalamnya, bukan hanya memasukkan aset ke dalam sekuritas untuk menumbuhkannya.

Sebelum abad ke-21, SRI cenderung mengikuti tren politik dan sosial. Hal Ini membuat SRI didedikasikan untuk hak-hak perempuan, sipil dan upaya anti perang.

Sekarang, fokus SRI sendiri telah bergeser ke permasalahan yang sedang di hadapi oleh abad ke-21, yaitu perubahan iklim dan praktik bisnis yang etis.


Bagaimana cara memulai Socially Responsible Investment?

Investasi Dengan "Robo Advisor"-Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia-ide bisnis online - pelajaran bisnis dari bernard arnault-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?

Sebagai permulaan, kamu dapat mencari investasi yang menganut prinsip tanggung jawab sosial, baik individu atau melalui reksa dana yang diperdagangkan di bursa dan dana indeks.

Selain itu, kamu harus tetap mencari imbal hasil yang kompetitif ketika akan berinvestasi melalui SRI. Karena, meskipun aset kamu akan memberikan hasil yang baik kepada lingkungan sekitar, tetapi SRI tetap disertai risiko.

Terdapat opsi platform yang bisa kamu jadikan langkah tepat untuk mencoba socially responsible investment, yaitu melalui pendanaan serba otomatis di KoinRobo persembahan dari KoinWorks.

KoinRobo adalah salah satu bentuk socially responsible lending yang bisa kamu jadikan pilihan untuk meningkatkan aset sembari menyalurkan dampak sosial melalui fitur-fiturnya.

Berbeda dengan investasi lain, KoinRobo bisa membantu kamu dalam membuat portofolio yang cerdas karena pendanaan kamu akan terdiversifikasi secara otomatis ke produk pendaan terbaik untuk mendapatkan imbal hasil optimal.

Di KoinRobo, kamu bisa memilih 4 aspek sosial mana yang akan kamu danai, yaitu:

Female-Led : Membantu para wanita di Indonesia mengembangkan bisnis yang mereka bangun sendiri.

Made in Indonesia : Mendukung dan mendorong bisnis karya anak bangsa untuk membangun perekonomian dalam negeri.

Top Up Loan : Memberikan dukungan kepada mereka yang sedang berusaha untuk terus mengembangkan usahanya.

Best Performing : Memberikan apresiasi kepada mereka yang turut memaksimalkan pendanaanmu.

Di KoinRobo kamu juga akan mendapatkan imbal hasil yang sudah terprediksi berdasarkan data historis aktivitas kamu dari waktu ke waktu sehingga keuntungan yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal.


Berikut tadi adalah penjelasan mengenai Socially Responsible Investment. Perlu diingat, bahwa ketika ingin berinvestasi, ada baiknya jika kamu menyelaraskan portofoliomu dengan ideologi pribadi kamu.

Supaya kegiatan berinvestasi yang kamu lakukan tidak hanya memberikan dampak positif kepada sekitarmu tetapi juga untuk diri kamu sendiri.

Selamat mencoba.

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.