5 Cara Ini Bisa Tingkatkan Keuntungan Bisnis saat Libur Natal dan Tahun Baru!

tingkatkan keuntungan bisnis - featured

5 Cara Ini Bisa Tingkatkan Keuntungan Bisnis saat Libur Natal dan Tahun Baru! – Natal dan Tahun baru adalah salah satu momen penting yang tak bisa dilewatkan oleh banyak orang, tak terkecuali kamu, para pemilik bisnis.

Kamu yang memiliki sebuah bisnis tentunya melihat momen liburan natal dan tahun baru sebagai peluang untuk meningkatkan omzet penjualan.

Tentu saja hal ini adalah hal baik untuk dilakukan, namun jangan sampai kamu hanya fokus pada peningkatan penjualan saja hingga mengesampingkan keuntungan.

Banyak lho, pebisnis yang melakukan promosi besar tetapi hanya meraih sedikit keuntungan.

Nah, supaya keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. Berikut cara-cara memanfaatkan momen libur natal dan tahun baru untuk bisnismu. Simak yuk!


5 Cara Ini Bisa Tingkatkan Keuntungan Bisnis saat Libur Natal dan Tahun Baru!

Promosi dengan Pendekatan Emosional

tingkatkan penjualan bisnis

Kamu bisa tingkatkan keuntungan bisnis dengan menggunakan cara pertama ini yaitu memasukan pendekatan emosional saat melakukan promosi.

Hal ini merupakan jenis promosi yang paling efektif lho, bahkan menurut riset dari Institute Practitioners in Advertising, dengan cara ini bisnis kamu bisa mendapatkan keuntungan dua kali lebih banyak daripada saat menggunakan promosi biasa.

Ketika melakukan promosi iklan dengan pendekatan emosional yang menyentuh hati, kamu mampu menaikan keuntungan 31% dibanding dengan cara rasional yang hanya 16%.

Terapkan cara promosi ini saat musim libur tahun baru, misalnya kamu membuat marketing campaign di mana keuntungan dari penjualan didonasikan untuk mengurangi sampah atau lain sebagainya.


Sediakan Promo Kombo

 

Produk atau jasa apapun yang bisnismu tawarkan, cobalah untuk membuat bundel selama masa liburan berlangsung.

Kamu bisa menggabungkan beberapa produk atau jasa menjadi satu dan membuat harga yang spesial untuk hal tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan strategi pemasaran “Buy 1 Get 1” untuk produk-produk tertentu. Pastikan kamu melakukan promo dengan produk-produk yang tidak menganggu margin keuntungan bisnismu.

Cara tingkatkan keuntungan bisnis yang lain, lakukan cuci gudang atau diskon besar-besaran saat malam tahun baru. Bila perlu kamu bisa bekerja sama dengan beberapa e-commerce karena biasanya mereka akan mengadakan promo seperti flash sale atau giveaway yang bisa dimanfaatkan.

Tetapi, jika kamu memerlukan modal bisnis tambahan untuk melakukan hal ini, bisa lho untuk mengajukan pinjaman di KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks, Super Financial App adalah suatu platform yang memungkinkan kamu mengakses finansial seperti mendanai dan meminjam dana di satu aplikasi.

Kamu bisa memanfaatkan produk KoinBisnis dari KoinWorks untuk mendapatkan tambahan modal bisnis hingga Rp2 miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Tenang saja, pinjaman ini aman dan bukanlah abal-abal karena KoinWorks sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Berikan Hadiah ke Pelanggan Loyal

hadiah kado - mengelola bonus perusahaan

Diperlakukan dengan spesial, siapa yang tidak menyukainya? Maka dari itu, untuk tingkatkan keuntungan bisnis, kamu bisa mengirimkan hadiah ke beberapa pelanggan loyal, brand ambassador atau partner bisnis.

Hadiah yang dikirimkan bisa bermacam-macam, mulai dari merchandise milik perusahaan seperti kaos, stiker atau hampers.

Dengan melakukan hal ini, bisa menunjukan bahwa perusahan kamu sangat mengapresiasi mereka. Selain itu, taktik ini tidak hanya akan meningkatkan cuan tetapi juga menjadi hubungan baik antara bisnismu dan pelanggan untuk waktu yang panjang.


Gunakan Tema Liburan di Email Marketing

email newsletter

Email marketing juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa tingkatkan keuntungan bisnis, lho apalagi di musim libur seperi sekarang.

Cobalah untuk membuat design dengan tema liburan, bisa melalui copywriting, gambar atau juga penawaran spesial.

Baca Juga:

Dengan perkembangan e-commerce yang bisa dengan mudah diakses pada ponsel, tentunya banyak orang yang menunggu saat-saat adanya diskon selama liburan.

Nah, manfaatkan hal ini dengan melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Kirimkan reminder kepada pembeli yang sudah memasukan produk ke keranjang namun tidak melakukan check out. Hal ini bisa membuat memicu mereka untuk segerala menyelesaikan pembelian.
  • Pertimbangkan untuk memberikan diskon kepada pembeli yang belum menyelesaikan pembayaran dalam jangka waktu tertentu.
  • Kirim email ucapan selamat tahun baru dan buat rekapitulasi tentang kegiatan pembelian mereka selama satu tahun. Percaya atau tidak, hal ini adalah sesuatu yang menarik dan bisa mempererat hubungan kamu dan pelanggan.
  • Berikan penawaran spesial kepada pelanggan loyal berupa kode voucher dari produk yang mereka suka.

Buat “End Year Review” atau “Best of the Best Blog” 

Ini Dia 8 Cara Kreatif yang Bisa Hasilkan Uang Instan!

Ada dua tipe postingan blog yang bisa dibuat untuk tingkatkan penjualan bisnis, menambah traffic masuk ke website milikmu dan sekaligus mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Satu, “End of Year review” dan yang kedua adalah “Best of the Best” rekapitulasi.

Dari kedua postingan blog ini, “Best of the Best” adalah yang paling mudah dibuat. Kamu hanya perlu membuat daftar apa saja produk atau jasa yang populer di kalangan pembeli. Lebih bagus lagi kalau kamu membuat ranking dan analisis kenapa produk atau jasa tersebut bisa laku di pasaran.

Nah, untuk “End of Year” review kamu bisa membagikan milestone dari bisnis kamu, seperti tujuan-tujuan yang sudah tercapai, dan lainnya.

Itulah cara tingkatkan penjualan bisnis selama musim liburan ini yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoaba dan semoga sukses, ya!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.