Tips Investasi Emas atau Berinvestasi Pada Dinar – Investasi pada emas sudah sangat akrab di telinga kita. Emas merupakan logam mulia dimana harganya akan selalu naik mengikuti dengan perkembangan ekonomi dunia.

Namun, saat ekonomi dunia turun, harga emas justru semakin meningkat lagi. Maka, investasi emas tidak akan rugi.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini: Rabu, 11 Desember 2019

Wajar jika emas juga merupakan salah satu jenis investasi di Indonesia yang paling diminati utamanya jika untuk investasi jangka panjang. Investasi emas bisa berupa emas batangan, emas perhiasan dan emas dinar.

Jika Anda bermaksud investasi pada dinar, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Tips Investasi Emas atau Berinvestasi Pada Dinar

1. Tentukan Tujuan Investasi

Anda harus menentukan tujuan Anda berinvestasi pada dinar. Tujuan inilah yang akan menjadi impian serta motivasi untuk tetap berinvestasi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menganalisa Factsheet Pinjaman di KoinWorks?

Maka, Anda bisa menentukan tujuan investasi dengan dinar seperti untuk pendidikan anak, untuk menikah dan lain sebagainya. Tujuan ini akan selalu mengingatkan Anda untuk tetap berinvestasi pada dinar.

2. Tak Perlu Khawatir dengan Fluktuasi Harga Dinar

Dinar, layaknya emas batangan, bisa saja memiliki nilai harga yang rendah. Jika Anda melihat fluktuasi harga dinar yang menurun, Anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga: 2 Aturan Penting Soal Uang yang Harus Anda Pahami dan Terapkan

Hal ini karena harga dinar akan meningkat dan memang jenis investasi ini adalah untuk jangka panjang bukan jangka pendek.

Maka, jika target Anda berinvestasi hanya beberapa bulan, maka Anda belum bisa melihat keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi dinar. Terus perhatikan pergerakan harga dinar dan tunggu beberapa tahun.

3. Perhatikan Investasi Dinar Bukan Jangka Pendek

Seperti disinggung di poin sebelumnya bahwa dinar bukanlah jenis investasi untuk jangka pendek. Jika Anda berharap mendapat keuntungan dari investasi dinar di jangka pendek, maka lupakan saja.

Baca Juga: Mau Jalan-jalan Gratis? Coba 5 Pekerjaan untuk Penggemar Traveling Ini

Sesuai dengan nilai dinar, maka 1 tahun adalah waktu yang cukup untuk bisa melihat keuntungannya. Kenaikan harga dinar sendiri biasanya sekitar 25% per tahun.

Oleh sebab itu, jika 1 koin dinar saat ini dihargai 2,2 juta maka dalam waktu satu tahun ke depan, harganya bisa berkisar 2,7 juta. Ini baru satu keping, bagaimana jika lebih?

4. Gunakan Uang yang Benar-Benar Tidak Terpakai

Benar, seperti pada poin sebelumnya bahwa dinar merupakan instrumen investasi untuk jangka panjang. Maka gunakan uang Anda yang benar-benar menganggur.

Baca Juga: Baru Mulai Investasi? Ini Tips Bagi Pemula

Jika Anda terlalu bersemangat sehingga membelanjakan semua uang Anda pada dinar, Tentu Anda akan merasa kesulitan jika Anda membutuhkan uang tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk memahami hal ini.

5. Ikuti Komunitas-Komunitas Pengguna Dinar

Layaknya dalam investasi di sektor lain. Ketika berinvestasi pada dinar, Anda bisa mengikuti komunitas investor dinar untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan, wawasan dan hal lain yang berkaitan dengan dinar.

Baca Juga: Di mana Orang Kaya Menginvestasikan Uangnya?

Anda juga akan diberikan berbagai tips bermanfaat untuk investasi dinar dengan hasil yang lebih maksimal.

Namun, tetap diperhatikan bahwa jarak atau gap antara jual dan beli dinar adalah 4%. Hal ini dilakukan untuk menghindari spekulasi dimana hal itu bisa berujung pada aktivitas riba.

6. Pastikan Dinar Memiliki Sertifikat

Sertifikat dinar sangat penting layaknya sertifikat emas batangan atau emas perhiasan. Hal ini karena sertifikat asli akan menunjukkan kepada siapa saja tentang kondisi sebenarnya.

Baca Juga: Cek Dulu, Ini 5 Tanda Anda adalah Wanita yang Mandiri Secara Finansial

Sertifikat merupakan penguat serta menjadi bukti otentik tentang keberadaan dinar itu sendiri. Artinya, dinar dapat dinilai asli atau tidak dari sertifikat yang tertera saat Anda membeli dinar.

Sertifikat hanya bisa dikeluarkan oleh perusahaan yang dipercaya. ANTAM salah satu perusahaan yang paling dipercaya.

7. Bayar Zakatnya

Jika Anda memiliki dinar mencapai 20 keping, maka sudah waktunya Anda untuk mengeluarkan zakat. Biasanya dari 20 keping dinar, maka zakat yang dikeluarkan adalah 0,5.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana di KoinWorks

Tentu, Anda sudah semestinya paham bahwa di setiap harta yang Anda kumpulkan, ada sebagian kecil yang merupakan bagian atau milik mereka yang membutuhkan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membayar zakatnya.

Lebih baik jika Anda menerapkan semua tips di atas sehingga dinar yang Anda investasikan bisa memberikan tanda positif atau keuntungan.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Perlu Diingat Sebelum Memulai Investasi

Jika demikian, tentu semuanya harus diperhatikan sehingga dinar yang sudah diinvestasikan akan terus beranak pinak atau memberikan keuntungan yang berlipat. Inilah dimana seorang investor akan dipilih secara baik dan dalam memutarkan uang.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.