Home » Strategi Bisnis » Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Ayam Geprek

Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Ayam Geprek

Bisnis ayam geprek sepertinya tidak akan runtuh dan akan selalu muncul kompetitor baru. Untuk bersaing tentunya produk kamu harus mempunyai keunikan tersendiri. Karena itu, coba untuk mengikuti beberapa cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor di bawah ini.

Cara agar Kamu dapat Berinovasi dalam Membuat Produk

Untuk membuat ayam geprek kamu berbeda dari kompetitor tentunya kamu harus bisa berinovasi. Bisnis ayam geprek sudah banyak ditemui sehingga kamu perlu membuat hal yang baru agar bisnismu tidak ketinggalan. Untuk itu, tips di bawah ini mungkin akan berguna untukmu.

Mengambil Ide dari Apa yang Dilihat

Tanpa direncanakan, ide dapat muncul secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu. Untuk itu, coba untuk melangkahkan kaki ke luar rumah dan perhatikan sekitar kamu. Siapa tahu kamu melihat sesuatu yang dapat mendorong pikiran untuk membuat ayam geprek yang berbeda.

Amati Ulasan dan Feedback dari Pelanggan Setia Kamu

Pebisnis menjual makanannya kepada konsumen yang berarti ayam geprek kamu harus diusahakan agar memenuhi kriteria mereka. Itulah kenapa feedback dan ulasan mereka akan sangat berguna dalam perkembangan bisnis kamu.

Dari sana juga ide bisa mendadak muncul. Misalnya ada konsumen yang merasa bosan dengan sambal geprek yang biasa kamu gunakan. Mungkin dari sana kamu bisa mulai uji coba untuk menyediakan menu dengan jenis sambal lain misalnya “sambal terasi” atau “sambal mata”.

Mengikuti Perkembangan Dunia Bisnis

Untuk memperdalam pengetahuan tentang dunia bisnis tentunya kamu harus selalu mengikuti berita-berita terbaru tentang dunia bisnis. Informasi terbaru yang kamu dapatkan tentunya dapat membantu kamu berinovasi termasuk juga dalam bisnis ayam geprek.

Sesekali kamu harus melirik kompetitor karena bisa jadi kamu mendapatkan ide dari mereka. Kamu mungkin bisa menggunakan konsep ATM (amati-tiru-modifikasi) saat mencari informasi dari kompetitor.

Hilangkan Rasa Takut dalam Melakukan Perubahan

Ayam geprek biasanya memiliki sambal dengan rasa yang ciri khas dan hal tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas. Namun, untuk berinovasi jangan takut untuk mengubah cita rasa yang sudah ada. Siapa tahu banyak orang yang menyukai resep kamu dan ayam geprek kamu memiliki ciri khas tersendiri.

Lakukan Tindakan yang Bisa Mengasah Kreatifitas

Inovasi memang bisa datang secara mendadak namun kamu bisa mengasah hal tersebut dengan melakukan beberapa tindakan, misalnya:

  • Jadwalkan bangun tidur lebih awal. Di pagi hari, kamu akan cenderung lebih mudah berkonsentrasi karena didukung oleh udara yang masih segar. 
  • Jangan berhenti mencari pengalaman baru. Kamu bisa lakukan kegiatan yang belum pernah kamu lakukan,
  • Selalu bersosialisasi. Bentuk hubungan pertemanan dengan orang lain sehingga kamu berkesempatan untuk saling bertukar pendapat dan cerita.
  • Selalu tangkap ide yang muncul di dalam buku catatan.

Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor 

Maraknya bisnis ayam geprek membuat kamu harus mengasah otak untuk memberikan produk yang inovatif dan berbeda dari kompetitor. Untuk itu, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buat Produk yang Susah Dicontoh oleh Kompetitor

Untuk merebut hati para pecinta ayam geprek, kamu harus bisa membuat produk yang unik dan hanya kamu yang memilikinya. Pastikan ayam geprek kamu sulit untuk ditiru oleh kompetitor lain sehingga konsumen tidak akan berpindah langganan.

Tunjukkan Keunggulan Ayam Geprek Kamu

Ayam geprek yang kamu buat tidak hanya berbeda dengan yang lain tapi diiringi juga dengan kelebihan yang kompetitor lainnya tidak punya. Jadi, ketika kamu mempromosikan ayam geprek, pastikan untuk menampilkan kelebihan tadi.

Buat Ayam Geprek yang Mengutamakan Selera Target Pasar Kamu

Cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor yang selanjutnya, yaitu kamu harus membuat ayam geprek dengan mementingkan konsumen. Misalnya, target pasar kamu adalah orang-orang yang mementingkan harga dalam membeli makanan. Tentunya kamu harus membuat ayam geprek dengan harga yang terjangkau.

Walaupun mengutamakan kelebihan ayam geprek adalah penting untuk dilakukan, namun jangan sampai kelebihan tersebut menutupi keinginan target pasar kamu.

Lakukan Pelayanan Konsumen Secara Optimal

Faktor yang membuat ayam geprek kamu berbeda tidak hanya datang dari produk itu sendiri. Pelayanan konsumen yang baik seperti cepat dalam hal pengiriman ayam geprek atau upaya membuat konsumen percaya dapat membuat bisnis kamu berbeda dan memiliki nilai plus di mata konsumen.

Latih Karyawan dengan Baik

Karyawan adalah elemen penting yang dapat membuat ayam geprek kamu berbeda dengan lainnya. Karyawan termasuk orang yang akan memasak ayam geprek sehingga keahlian memasak dari mereka tentunya dibutuhkan. 

Untuk itu, upayakan agar mereka selalu meningkatkan keahlian yang mereka miliki. Selanjutnya, arahkan karyawan kamu untuk selalu bersikap ramah kepada konsumen agar mereka nyaman saat membeli ayam geprek kamu.

Bangun Merek yang Mudah Diingat

Merek adalah identitas bisnis kamu sehingga berperan dalam pembeda ayam geprek yang akan dijual. Kamu harus membuat merek ayam geprek kamu terdengar unik tapi mudah diingat dan logo yang dapat mendeskripsikan ayam geprek kamu dengan tepat. 

Cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor telah kamu ketahui melalui artikel ini. Teruslah berinovasi dan lakukan strategi yang oke agar bisnis ayam geprek kamu laris manis.


Bank digital hadir untuk pelaku UMKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​