Home » Strategi Bisnis » Cara Efektif Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Ayam Geprek

Cara Efektif Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Ayam Geprek

Media sosial menjadi salah satu alat penting dalam memasarkan suatu produk. Tak terkecuali dalam bisnis kuliner seperti bisnis ayam geprek.

Dari beberapa pilihan media sosial, Instagram menjadi salah satu media pemasaran terbaik karena mengedepankan aspek visual di dalam platform-nya.

Dengan daya tarik visual ini, pembeli akan merasa lebih tergugah dengan penawaran produk kamu.

Tapi, untuk meningkatkan jumlah followers dan engagement di akun bisnis Instagram apakah sulit? Jawabannya, ya dan tidak. Jika dilakukan dengan tepat, maka itu tidak sulit. Jika dilakukan secara sembarangan, ya hasilnya akan jadi tidak maksimal. Malah mungkin banyak yang melakukan unfollow terhadap akun Instagram kamu.

Nah kita langsung bahas saja yuk, cara-cara yang efektif meningkatkan followers Instagram untuk bisnis ayam geprek kamu!

8 Cara Efektif Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Ayam Geprek

Cara-caranya sebagai berikut:

1. Tentukan tema dan identitas bisnis ayam geprek kamu

Identitas dan tema bisnis perlu disesuaikan dengan karakter target audience yang ingin kamu tuju, serta selera kamu sendiri sebagai pemilik bisnis.

Secara garis besar, identitas dan tema bisnis ini bisa ditentukan melalui dua aspek di profil Instagram:

  • Tone warna
    Mengingat ayam geprek adalah bisnis makanan, pilihlah tone warna yang hangat seperti merah, jingga, dan kuning. Selain mirip dengan warna makanannya, tone warna hangat ini juga bisa meningkatkan selera makan dan cukup atraktif untuk membuat user mengunjungi & mengikuti profil Instagram bisnis ayam geprek kamu.
  • Logo
    Sebaiknya kamu menggunakan jasa seorang illustrator atau graphic designer untuk membuat logo yang sesuai dengan tema dan identitas bisnis ayam geprek kamu. Logo yang unik bisa menjadi pembeda brand kamu, dan menarik perhatian users lain.

2. Lakukan riset online

Kamu bisa mulai melihat-lihat akun bisnis Instagram kompetitor, untuk mencari referensi, atau bahkan inspirasi.

Ini bertujuan untuk mencari tahu konten apa yang mereka sering unggah, konten apa yang menarik banyak engagement, promosi apa yang sering digunakan, dan lain sebagainya.

Perlu diingat untuk jangan menyalin tagar (hashtag) atau konten Instagram kompetitor mentah-mentah. Jika ada konsep ide yang menarik, kamu bisa coba buat sendiri, dan sesuaikan dengan gaya bisnis kamu agar orisinal serta terhindar dari kesan menjiplak.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Trends atau Google Keyword Planner, untuk mengetahui topik seputar ayam geprek apa yang tengah hangat dicari & dibicarakan orang di internet.

3. Rencanakan pembuatan konten secara berkala

Pastikan Instagram kamu tetap aktif dengan membuat konten setiap harinya, bisa dalam bentuk unggahan foto/gambar di feed, unggahan story, atau reels.

Akun bisnis Instagram yang aktif melakukan unggahan akan lebih cepat diprioritaskan serta dipromosikan oleh Instagram melalui algoritma mereka.

Beberapa ide untuk konten kamu contohnya adalah pengenalan produk, daftar menu, promo, trivia mengenai ayam geprek, thematic greetings untuk hari libur atau hari perayaan, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa meningkatkan interaksi dengan followers kamu melalui fitur Story pada Instagram, dengan menggunakan berbagai tools seru seperti quizzes, polls, hingga question box.

Untuk fitur reels, kamu bisa menggunakan musik dan transisi yang sedang populer, atau kamu juga bisa membuat audio reels sendiri.

Jangan lupa untuk menggunakan tagar yang sesuai di setiap konten yang kamu unggah. Gunakan setidaknya 5 tagar informatif, 5 tagar transaksi, dan 1 tagar tagline.

4. Akuisisi followers dari akun bisnis Instagram kompetitor

Perhatikan daftar followers dari akun kompetitor kamu. Dari sana, kamu bisa pilih sekitar 10 real account untuk kamu follow setiap harinya.

Lihat story yang mereka buat, dan berikan setidaknya 1 like di unggahan foto/gambar mereka. Tindakan seperti ini lumayan efektif untuk meningkatkan interaksi kamu dengan users yang berpotensi menjadi followers kamu nantinya.

Tapi jangan terlalu sering melakukannya ya, bisa-bisa akun Instagram bisnis ayam geprek kamu malah di-suspend oleh Instagram karena dianggap mengganggu.

5. Melibatkan followers dalam program promosi

Kamu juga bisa coba melibatkan existing followers dalam program promosi.

Misalnya, melakukan repost dari akun yang me-mention akun Instagram kamu, membagikan voucer gratis kepada followers yang bersedia berinteraksi di kolom komentar, atau meminta mereka untuk menjawab pertanyaan.

6. Berkolaborasi dengan akun publik figur atau influencer

Sebenarnya pilihan metode ini termasuk dalam promosi berbayar.

Kamu bisa mencoba bekerja sama dengan influencer atau content creator untuk mempromosikan akun bisnis ayam geprek kamu. Sebelumnya, pastikan influencer yang kamu ajak kolaborasi juga memiliki audience yang sesuai dengan target pasar yang kamu tuju.

Jauh lebih baik jika kamu bisa memastikan kredibilitas influencer atau public figure tersebut, sebelum memulai berkolaborasi. Hindari bekerja sama dengan influencer atau public figure yang memiliki kesan tidak baik atau tidak selaras dengan tema bisnis ayam geprek kamu.

7. Memanfaatkan Instagram Ads

Ini juga merupakan salah satu pilihan yang menggunakan promosi berbayar.

Instagram Ads membantu menyebarkan iklan bisnis ayam geprek kamu ke users Instagram yang relevan.

Cara ini lebih efisien sebenarnya, karena akun Instagram bisnis kamu lebih cepat dikenal dan jika dilakukan dengan tepat, bisa segera menambah followers sekaligus meningkatkan penjualan.

8. Lakukan evaluasi dan review strategi media sosial kamu secara berkala

Catat dan analisa perubahan jumlah followers di akun Instagram bisnis ayam geprek kamu setiap minggu.

Dengan review berkala ini, kamu bisa mengetahui mana unggahan atau tagar yang menarik banyak users untuk mengunjungi dan mem-follow akun Instagram bisnis ayam geprek kamu.

Review ini juga bisa memberikan jawaban apakah kolaborasi dengan influencer atau public figure cukup bermanfaat, dan bisa menambah jumlah followers? Apakah penggunaan Instagram Ads kamu sudah cukup berhasil, atau ada yang perlu diperbaiki?

Kamu bisa melanjutkan perencanaan promosi melalui media sosial kamu berikutnya berdasarkan hasil evaluasi ini.

. . .

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan followers di Instagram bisnis ayam geprek kamu.

Cara-cara tersebut bisa kamu sesuaikan lagi dengan kebutuhan kamu ke depannya.

Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​