Home » Strategi-bisnis » Cara Membangun Brand Identity Bisnis Ayam Geprek

Cara Membangun Brand Identity Bisnis Ayam Geprek

Cara Membangun Brand Identity Bisnis Ayam Geprek

Bayangkan kamu tengah berjalan di suatu pusat perbelanjaan, kemudian mendengar jingle yang dimainkan. Lantas, dalam pikiran teringat dan terucap, “Ah, ini kan lagunya merek A.” Hal serupa terjadi lagi ketika kamu ingin membeli makan. Di tengah kebingungan, kamu langsung tahu jika restoran A itu masakannya enak dan langsung pesan. Dua hal tersebut bisa terjadi karena adanya branding yang kuat dari perusahaan. Jadi, ketika ada sedikit saja trigger yang muncul, mereka akan langsung teringat. Branding tersebut dikenal sebagai identitas perusahaan atau biasa dikenal brand identity.

Nah, agar bisnis ayam geprek kamu pun bisa dikenal dan diingat, ikuti cara membangun brand identity yang kuat ini. 

Kenalan Dulu dengan Pengertian Brand Identity

Sebelum membahas cara-cara untuk membangun brand identity yang kuat, mari kenali dulu apa itu brand identity

Identitas merek atau brand identity adalah kumpulan dari semua elemen yang dibuat perusahaan untuk memberikan gambaran dari citra yang sesuai bagi target audiensnya. Brand identity ini berbeda dari “merek” dan “citra merek”. 

Identitas merek mengacu pada taktik dalam pemasaran yang secara agresif atau aktif dalam membentuk merek yang unik dan khas. Sebab, merek merupakan persepsi sebuah perusahaan atau produk di mata masyarakat umum. 

Ketahui Cara Membangun Brand Identity untuk Bisnis Ayam Geprek

Kini, mari pahami cara-cara dalam membangun brand identity yang kuat dalam bisnis ayam geprek agar mudah diingat. 

Tetapkan Kepribadian Merek 

Brand bagi perusahaan serupa dengan kepribadian bagi tiap orang. Sebab, kepribadian inilah yang akan mempengaruhi gaya maupun nada pesan yang akan disampaikan kepada konsumen. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu menetapkan seperti apa kepribadian dari brand yang akan dibangun nantinya. 

Lakukan Riset untuk Menentukan Target Audiens dan Pesaing

Lakukan riset siapa saja yang akan menjadi target audiens serta para pesaing yang sudah ada di bisnis ayam geprek. Target audiens penting diketahui agar dapat beresonansi dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan. Sedang pesaing, untuk menunjukkan keunikan dan kelebihan dari brand kamu. 

Ada banyak kompetitor di bidang bisnis ini, tetapi kamu bisa memilih 3 – 5 kompetitor utama yang dirasa memiliki konsep yang sama. Teliti bagaimana cara mereka membangun brand dan mengenalkan kepada pelanggan. Cari titik lembahnya dan ambil peluang untuk masuk dengan mengenalkan merek bisnis kamu. 

Desain Logo yang Hebat

Cara membangun brand identity selanjutnya berhubungan dengan logo. Meskipun logo hanyalah bagian dasar dari sebuah merek. Tetapi, dari sini konsumen akan langsung tahu jika ini produk A, produk B, atau produk C. 

Merek tidak akan dikenal tanpa adanya logo yang mudah diingat dan dilihat. Maka, penting untuk kamu membuat logo yang bagus dan menarik. 

Dalam pembuatan logo, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti: 

  • Bentuk yang dipilih harus memiliki makna dibaliknya. 
  • Font harus sesuai dengan kepribadian merek. 
  • Semua komponen dalam sebuah logo saling berkorelasi, sehingga terlihat menyatu. 

Pilih Palet Warna dengan Bijak

Bersamaan dengan pembuatan logo, kamu perlu memilih palet warna yang akan digunakan dengan bijak. Sebab, warna juga identitas dari merek yang dapat membangkitkan emosi pelanggan. Umumnya, warna ini dikaitkan dengan logo. 

Tiap warna memiliki arti masing-masing. Misal warna biru yang berarti loyalitas, kepercayaan, tanggung jawab, serta keamanan. Kemudian merah akan identik dengan keberanian, tekat yang kuat, energi berlebih, serta cinta. 

Maka, pastikan kamu memilih dengan bijak warna yang akan disematkan dalam pembuatan logo. Sesuaikan dengan kepribadian dan tujuan yang sudah ditetapkan.

Seberapa Penting Brand Identity dalam Bisnis?

Dalam bisnis ayam geprek, brand identity dapat meningkatkan rasa kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap merek bisnis kamu. Pelanggan pun akan langsung mengenali perusahaan hanya dari logo atau jingle lagu yang dimainkan ulang. Maka, identitas merek begitu penting untuk masa depan usaha kamu. 

Detailnya, berikut alasan dibalik brand identity begitu penting dalam bisnis: 

Wajah dari Perusahaan

Brand adalah wajah dari sebuah perusahaan, yang umumnya diwakili dengan logo dan nama. Maka, wajah tidak hanya harus nampak keren dan menarik, tetapi juga harus memikat sehingga calon konsumen akan bisa langsung mengenali dalam sekali lihat. 

Kredibilitas dan Kepercayaan

Mempunyai brand identity bukan hanya membuat produk yang diciptakan akan lebih mudah untuk diingat, tetapi juga membuat brand tampak lebih berwibawa sehingga kepercayaan konsumen untuk membeli pun akan meningkat. 

Kini, kamu sudah mengetahui cara membangun brand identity yang kuat untuk bisnis ayam geprek serta memahami seberapa pentingnya itu. Saatnya untuk mulai bergerak untuk menaikkan kredibilitas perusahaan di mata konsumen sehingga kepercayaan pun didapat dan mendatangkan keuntungan. Penjualan semakin meningkat, bisnis akan terus berkembang di masa depan.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan kamu pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membangun Brand Identity Bisnis Ayam Geprek

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​